BLANTERVIO103

Wisata Kota Tuo Bengkulu

Wisata Kota Tuo Bengkulu
23 November 2021

 Kalau ke Bengkulu jalan kemana ya?

Banyak banget lho tempat wisata di Kota Bengkulu yang bisa dikunjungi. Sebut saja rumah pengasingan Bung Karno, benteng  Marlborough, Pantai Panjang, Pantai Nala, Danau Dendam Tak Sudah, Tapak Paderi, Kampung Cina, Pantai Pasir Putih, Taman Pantai Berkas, dan sekarang ada Kota Tuo.

Kota Tuo ini berlokasi di muara sungai Bangkahulu kelurahan Pasar Bengkulu. Tempatnya persis di pinggir Jalan Bencoolen dan di bawang jembatan Kualo. Bisa dilihat di foto ya.

kota tuo bengkulu
Wih ingat dulu sebelum dibangun  kawasan ini penuh semak belukar kayak kehidupan yang ga keurus hahhaaa. Eh seriusan lho ini, ingat dulu tahun 2014 belajar nyetir dengan adik di lapangan depan tempat wisata, rumputnya di mana-mana, di bawah jembatan biasanya ada anak-anak nongkrong mencurigakan. Ya Allah maafkan hamba. Ya tapi gimana ga berpikiran jelek habisnya di bawah jembatan banyak sekali botol miras bekas dan kaleng lem aibon. 

Ok kalau berpikiran positif itu kaleng lem aibon bekas mereka berkarya, mungkin mereka baru selesai membuat rumah-rumahan dari stik es krim. Lha tapi botol miras?

Tapi itu dulu, kalau sekarang kawasan Kota Tuo cantik banget deh. Setiap hari ramai pengunjung. Wajar kalau ramai, wisata Kota Tuo menyajikan pemandangan sawah, sungai dan nuansa pantai dalam satu lokasi. Coba dimana bisa nemu tempat wisata seperti ini? Jarang we. Tempat parkirnya juga luas.

kota tuo bengkulu
Kawasan Kota Tuo
Sumber foto: KOTAKU Bengkulu

Kita juga tidak menemukan lagi sampah-sampah seperti yang aku sebutkan di atas. Alhamdulillah.

Kawasan ini terwujud karena adanya kolaborasi antar berbagai pihak diantaranya Pemerintah Pusat, Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPP) Bengkulu, Pemerintah Kota Bengkulu, dan tentu saja masyarakat Kelurahan Pasar Bengkulu.

Banyak yang suka dengan tempat ini karena tidak begitu banyak yang jualan. Tapi kok ya beda dengan aku. Aku justru suka kalau banyak yang jualan. Aku tipe pengunjung yang kalau nongkrong butuh cemilan dan air minum lalu pas pulang bawa oleh-oleh. Hemmm melihat latar belakang kawasan Kota Tuo aku yakin sebenarnya banyak yang mau dan bisa jualan di lokasi. Aku harap nanti masyarakat bisa berjualan di lokasi wisata tapi tempat wisatanya tetap cantik, intinya tertata rapi dan baik gitu. 

Terus kayaknya wisata Kota Tuo bakalan lebih seru kalau ada kapal-kapal yang bisa mengajak wisatawan keliling di sungai. Iya kan?

Kalau kalian main ke Kota Tuo Bengkulu jangan lupa buang sampah pada tempatnya ya :)

Share This Article :
Zefy Arlinda

Yuk membaca, semoga bisa memberikan nilai positif untuk semua orang.

TAMBAHKAN KOMENTAR

8803000654652570868