BLANTERVIO103

Ini dia tips memilih tabungan tanpa biaya admin

Ini dia tips memilih tabungan tanpa biaya admin
25 November 2021

 Pernah dengar kan kalimat "Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit"?

Itu adalah kalimat yang sudah terbukti kesahihahannya. Yaela pakai kata kesahihan pula ini, iya ya jadi mirip ngomongin agama. Ntar ntar itu sampai aku pakai kata sahih karena memang benar adanya. Segala sesuatu yang sedikit kalau dikumpulkan jadinya banyak, termasuk biaya tabungan.

Pernah ga kepikiran kalau saja biaya admin tabungan yang sedikit itu kita kumpulkan jadinya banyak? Misal nih ya biaya admin setiap bulan Rp 7.000,-. Kalau kita kalikan 1 tahun (12 bulan) maka uang yang terkumpul dari biaya admin sudah Rp 84.000,-. Kalau kali 3 tahun berarti sudah Rp 252.000,-, dah dapat jaket keren itu.

Itu baru kali-kalian 3 tahun. Bayangkan kalau kita kumpulkan selama bertahun-tahun. Janan-jangan nanti bisa untuk beli motor lagi. Hal inilah yang membuatku sangat suka dengan tabungan tanpa biaya admin. Kalau bisa berhemat kenapa pilih yang mahal. 

Ini dia tips memilih tabungan tanpa biaya admin 

1. Perhatikan kebutuhan kita

Setiap tabungan biasanya punya tujuan yang berbeda-beda. Sebagai nasabah kita harus cerdas memilih tabungan yang pas dengan kebutuhan. Tentukan dulu kita ingin menabung tanpa diganggu transaksi, atau menggunakannya untuk transaksi bisnis, atau mungkin kita ingin menggunakannya untuk transfer gaji, atau mungkin untuk tabungan pendidikan. 

Setelah kita sudah menidentifikasi kebutuhan kita bisa pilih tabungan yang sesuai dengan kebutuhan kita.

2. Perhatikan jumlah setoran awal

Biasanya setiap bank dan setiap jenis tabungan memiliki jumlah setoran awal yang berbeda-beda. Teringat dulu pas buka tabungan ada yang minta 500 ribu, ada yang minta 200 ribu. Pilih yang sesuai dengan budget kita.

3. Fasilitas layanan perbankan dan asuransi

Ini penting nih, sebelum membuka tabungan tanyakan dulu syarat ketentuan, baca betul berkas yang akan kita tanda sebagai nasabah. Kalau ada kata-kata fasilitas layanan dan asuransi tanyakan biayanya. Jangan sampai kayak aku dulu. 

Dulu sewaktu baru-baru kerja aku membantu seorang teman yang baru diterima sebuah bank. Dia bagian marketing dan tentu saj cari nasabah ni, aku pun kebian ditawari buka rekening. Karena ingin membantu teman akupun membuka rekening, ya sekalian aku ingin meyisihkan uang gaji sebagai tabungan. Aku izin kerja sebentar dan pergi ke bank tempat dia kerja.

Saking inginnya membantu aku tanda tangan tanpa baca-baca, karena kalau aku harus baca semua berkas ya aku bakal ninggalin kantor lama sedangkan aku sedang sibuk jadi tidak bisa keluar lama-lama.

Bulan berganti dan tiba-tiba ada telpon 

"kring kring kring"

Aku, "Ya, dengan siapa ini?"

Penelpon, "Betul ini saudari Zefy?"

Aku, "Ya betul dengan saya sendiri, ada apa ya?"

Penelpon, "Maaf mba, kami dari asuransi ...... yang ibu bayar dari bank ..... ingin mengingatkan kalau ibu sudah menunggak asuransi sebanyak Rp 500.000,-. Mohon segera menabung dan membayar asuransinya ya mba."

Aku kaget dong, kapan aku ikut asuransi coba. Aku pun ngomel dengan Mbak asuransi ... itu.

Penasaran sepulang kerja aku mampir ke ATM dan cek saldo, benar saja uangku ludes. Ya Allah ludes woy, niatnya mau nyisihin uang gaji untuk tabungan eh malah lenyap.

Besoknya aku ke bank buat ngobrol dengan Mbak CS Bank. Ternyata oh ternyata aku tergabung ke sebuah asuransi dengan biaya per bulannya Rp 500.000,-. Belum lagi ternyata biaya admin bulanan tabunganku besar. Mau untung malah buntung nih. Niatnya nolongin temen malah kita didorong temen ke jual, memang sial kalau ga teliti.

So ingat betul untuk perhatikan asuransi yang ditawarkan oleh Mba CS saat kita membuka rekening tabungan. Kalau pun mau join tanyakan biaya adminnya, jangan sampai terkejut-kejut kayak kejadianku ya.

Satu lagi yang sangat penting untuk memperhatikan layanan yang bisa didapatkan oleh nasabah. Seperti ketersediaan ATM, mobile banking dan lain sebagainya. Pokoknya hal-hal yang akan kita butuhkan. Kalau semuanya sudah ok baru deh buka rekening.

Selamat menabung :)


Share This Article :
Zefy Arlinda

Yuk membaca, semoga bisa memberikan nilai positif untuk semua orang.

TAMBAHKAN KOMENTAR

8803000654652570868