BLANTERVIO103

Manfaat Mengkudu untuk Kecantikan

Manfaat Mengkudu untuk Kecantikan
10 Oktober 2021
Buah Mengkudu

Mengkudu atau buah pace memiliki nama latin Morinda citrifolia L. merupakan salah satu tanaman obat atau herbal yang sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Buah ini merupakan tanaman tropis dan liar, dapat tumbuh di pinggiran pantai hingga ketinggian 1500 mdpl, baik itu di tanah yang subur maupun yang marginal.

Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir ini, buah mengkudu menarik perhatian banyak orang karena beredarnya fakta empiris serta bukti-bukti penelitian ilmiah yang menyebutkan bahwa buah mengkudu memiliki khasiat untuk mengobati serangkaian penyakit-penyakit degeneratif seperti kanker, tumor, dan diabetes.

Tidak hanya sampai di situ saja, manfaat buah mengkudu juga semakin dikenal untuk terapi kecantikan mulai dari wajah hingga perawatan seluruh kulit tubuh. Hal ini menjadikan munculnya produksi-produksi olahan buah mengkudu secara luas dan memiliki klaim bisa mengobati berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi, radang ginjal, radang empedu, disentri, liver, diabetes, cacingan, artritis, sakit perut, atherosklerosis dan masuk angin. Untuk aspek kecantikan diklaim bisa menjada sel kulit, mengatasi keriput, mencegah berbagai jenis penyakit kulit, hingga mengatasi jerawat. Cukup fantastis kan ya?

Asal-Usul Buah Mengkudu

Penyebaran tanaman ini cukup luas lho, mulai dari kepulauan Pasifik Selatan, Indonesia, Taiwan, Malaysia,Filipina, Vietnam, India, Afrika hingga ke Hindia Barat. Tanaman mengkudu termasuk tanaman tahunan, berbatang kecil, dan berdaun yang lebar. Bagian tanaman mengkudu terdiri dari akar, batang, daun, buah, dan biji. Secara ilmiah tanaman ini dapat mencapai tinggi kira-kira 6 meter.

Pada saat masih muda, buah mengkudu berwarna hijau, semakin tua semakin menjadi kuning atau putih. Setelah matang buahnya menjadi warna kecoklatan lembek dan berbau. Biji mengkudu mengisi hampir 50% dari total volume buah. Bijinya berbentuk oval, berukuran kecil, padat, berwarna coklat kehitaman. Buah mengkudu ada yang menghadilkan biji dan ada yang tidak berbiji. Mengkudu yang berkhasiat obat adalah mengkudu yang berbiji.

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kecantikan

Memang buah mengkudu memiliki aroma yang tidak sedap, bahkan disebut membuat ingin muntah. Tidak heran buah mengkudu juga dijuluki sebagai vomit fruit yang berarti buah yang bikin mual dan ingin muntah. Selain itu, buah mengkudu juga memiliki tekstur kulit yang kasar dan tampak banyak bentol-bentol. Ini semakin membuat orang-orang yang melihatnya merasa terganggu. Namun, di balik rasa dan penampilan yang tidak menarik, mengkudu ternyata menyimpan berbagai nutrisi dan khasiat untuk kesehatan, khususnya untuk kulit wajah lho.

Beberapa kandungan nutrisi yang dimiliki oleh buah mengkudu adalah Karbohidrat, Protein, Gula, Vitamin C, Vitamin E, Biotin, Folat, Magnesium, Kalium, Kalsium, Niasin, Tiamin, Riboflavin. Selain itu, Buah mengkudu juga kaya akan antioksidan, seperti flavonoid dan saponin, serta berbagai zat yang bersifat antiradang dan antibakteri. Mengukudu juga memiliki mineral seperti zat besi, kalsium, natrium, dan kalium. Beberapa senyawa fitokimia juga terdapat di dalam buah mengkudu seperti terpen, acubin, lasperuloside, alizarin, zat-zat antrakuinon, asam askorbat, asam kaproat, asam kaprilat, zat-zat skopoletin, damnakantal, dan alkanoid. Berbagai hasil penelitian juga membuktikan bahwa mengkudu mengandung senyawa metabolit sekunder yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Buah mengkudu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, diantaranya adalah untuk mengurangi nyeri sendi. Buah mengkudu sudah cukup lama dimanfaatkan secara tradisional untuk menghilangkan nyeri dan meredam peradangan dalam tubuh. Selin itu, buah mengkudu dikenal mampu untuk membantu memperkuat daya tahan tubuh atau sistem kekebalan tubuh (imunitas). Tubuh yang memiliki sistem imunitas kuat pastinya lebih kuat dalam melawan bakteri dan virus penyakit donk, sehingga Kamu tidak akan mudah sakit.

Selain itu, buah mengkudu mampu membantu untuk mencegah dan memperbaiki sel-sel yang rusak akibat radikal bebas. Radikal bebas ini bisa berasal dari banyak sumber, misalnya asap rokok, polusi, racun, hingga paparan sinar matahari berlebihan. Semakin banyak terkena radikal bebas, maka sel-sel tubuh akan semakin cepat rusak, ini menjadi salah satu pangkal dari berbagai penyakit seperti jantung, diabetes, hingga kanker.

Buah Mengkudu

Buah mengkudu juga memiliki manfaat untuk menurunkan kadar gula darah dan menjaganya tetap dalam takaran stabil. Efek ini tercapai karena kerjanya yang mampu meningkatkan efektivitas hormon insulin dalam mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Tidak hanya  sampai disana, buah mengkudu juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida, sehingga sangat baik untuk mencegah terjadinya penumpukan kolesterol di dalam pembuluh darah yang dapat mengakibatkan berbagai penyakit kardiovaskular, seperti jantung dan stroke. Efek ini didapat karena kandungan zat antioksidan dan antiradang yang terbilang cukup tinggi dalam buah mengkudu.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Konsumsi Buah Mengkudu

Sejatinya, buah-buahan seperti mengkudu cenderung aman untuk dikonsumsi, namun pada suplemen herba yang mengandung ekstrak buah mengkudu, tetap ada resiko kecil efek samping (meski jarang terjadi) seperti sakit perut, diare, pusing dan sakit kepala. Sebaiknya hati-hati dalam konsumsi suplemen herbal terutama jika Kamu memiliki berbagai kondisi seperti sedang hamil atau menyusui, kadar kalium yang tinggi dalam darah, berpenyakit ginjal, memiliki gangguan pada organ hati.

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kecantikan

Bukan hanya dari segi kesehatan, buah mengkudu ternyata memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, beberapa diantaranya adalah untuk mencegah keriput, efek ini didapat dari antrakuinon. Senyawa ini dapat memicu pembentukan kolagen yang sangat diperlukan untuk merawat dan menjaga elastisitas kulit.

Selan itu, buah mengkudu dapat membantu menjaga kesehatan sel kulit, efek ini didapat dari asam lemak esensial dan zat perixironine yang mampu untuk melindungi dan memperbaiki sel yang rusak. Vitamin C dan antioksidan dalam mengkudu juga turut mebantu dalam mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Buah mengkudu juga mampu membantu kulit untuk menangkis datangnya berbagai penyakit kulit, hal ini didapat dari efek antiradang dan antibakteri, tidak hanya mencegah, buah mengkudu juga mebantu untuk mengobati penyakit kulit seperti eksem, luka bakar derajat ringan, ruam kemerahan karena alergi, dan infeksi jamur.

Mengkudu juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat, hal ini didapat dari antiinflamasi, antibakteri, antivirus serta vitamin C. 

Cara Pemakaian Buah Mengkudu Untuk Perawatan Kulit

Untuk perawatan kulit, biasanya dibedakan menjadi perawatan dari "luar" dan dari "dalam". Untuk perawatan "luar" biasanya buah mengkudu bisa dijadikan masker atau scrub, sedangkan untuk perawatan "dalam" biasanya buah mengkudu dijadikan jus segar.

Untuk masker, bisa potong-potong buah mengkudu, atau haluskan, lalu bisa ditempel di kulit wajah selama 15 hingga 20 menit, l alu bilas dengan air bersih. Untuk scrub, haluskan buah mengkudu, lalu oleskan ke bagian kulit tubuh yang Kamu inginkan, lalu gosok perlahan dengan menggunakan kain bersih, kemudian diamkan selama 10 hingga 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Untuk perawatan dari "dalam", Kamu bisa menjadikan buah mengkudu sebagai jus, namun ingat, kontrol penambahan gula agar khasiat buah mengkudu tetap maksimal.
Share This Article :
Zefy Arlinda

Yuk membaca, semoga bisa memberikan nilai positif untuk semua orang.

TAMBAHKAN KOMENTAR

8803000654652570868