BLANTERVIO103

Manfaat Buah Semangka Untuk Kecantikan

Manfaat Buah Semangka Untuk Kecantikan
23 Agustus 2021

Buah Semangka

Buah ini selalu identik dengan musim panas atau tropis, kerap kali dikaitkan sebagai buah pelepas dahaga. Apalagi di saat cuaca panas terik, minum jus semangka atau makan potongan buah semangka, pasti enak banget. Bukan hanya dijadikan jus, tapi semangka juga bisa dijadikan es krim, puding, cake hingga salad buah. Makanya dari anak kecil hingga dewasa pasti familiar banget dengan buah satu ini.

Tapi ternyata buah semangka ini bukan hanya baik untuk menghidrasi dan menghilangkan dahaga saja lho, tetapi juga ada manfaatnya untuk kecantikan. Yuk disimak uraian dibawah ini.

Asal Usul Buah Semangka

Tanaman semangka memiliki nama ilmiah Citullus Vulgaris, tapi sekarang lebih dikenal dengan Citrullus Lanatus. Menurut penelitian tanaman ini berasal dari wilayah kering Afrika Utara, hingga sekarang dibudidayakan dengan luas hampir di seluruh belahan dunia dan menjadi komoditi yang memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Bahkan di beberapa negara terdapat buah semangka dengan level "Premium" yang memiliki harga dan kualitas fantastis.

Seperti halnya tanaman labu, timun, blewah, pare, tanaman semangka juga termasuk ke dalam famili Cucurbitaceae, famili ini memiliki 90 genus dan sekitar 700an spesies. David Livingstone pada tahun 1850 menerangkan bahwa daerah Afrika sebagai daerah asal tanaman semangka. David menemukan areal perkebunan semangka yang sangat luas di Gurun Kalahari dan wilayah subtropis Afrika.

Pusat keanekaragaman semangka terdapat di daerah Afrika Selatan, meskipun beberapa kerabat liar tanaman ini ditemukan di sekitar Afrika Barat. Cina adalah negara selanjutnya tempat pusat keanekaragaman tanaman semangka. Negara ini lah yang menjadi produsen terbesar di dunia dengan jumlah 75% lebih produksi semangka dunia berasal dari Asia.

Tanaman semangka yang biasa kita temui memiliki ciri daun hijau yang lebar, berbentuk bulat datar, segitiga sampai oval dan memiliki 3 hingga 5 jari daun dengan lekuk yang dalam dan terkadang hanya dijumpai lekukan yang sederhana. Bunga tanaman semangka pada umumnya bersfiat monoecious (berumah satu), meskipun pada kerabat liar lain dan varietas lama biasanya bersifat andromonoecious (memiliki 3 jenis bunga). 

Bunga berukuran kecil dengan warna yang kurang atraktif dibandingkan dengan bunga tanaman Cucurbiataceae lainnya. Buahnya memiliki bentuk yang bundar sampai lonjong. Buah normal semangka berukuran sedang sampai besar, dengan kulit buah yang tebal dan daging buah yang cukup padat dengan kandungan air yang tinggi. 

Daging buah semangka berwarna merah, kuning atau putih. Daging buahsemangka merupakan endokarp (plasenta) berbeda dengan daging buah melon
yang merupakan mesokarp. Berat buah bisa mencapai antara 3 sampai 17 kg (Menurut Guinnes World Record, semangka terbesar di dunia adalah seberat 159 kilogram), meskipun kultivar semangka dengan berat 1-4 kg lebih populer di Asia. Bentuk bijinya oval, tipis sampai lonjong dengan kulit biji berwarna putih atau cokelat.

Manfaat Buah Semangka Untuk Kecantikan

Buah semangka 92% nya adalah air, meskipun begitu buah ini mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A, vitamin B5, vitamin C, kalium, likopen, tembaga, serta asam amino citrulline. Manfaat umum buah semangka adalah menjaga kesehatan jantung, memenuhi kebutuhan cairan tubuh, mencegah pembentukan batu ginjal, membantu mengendalikan gula darah, mengatasi nyeri otot. 

Buah semangka juga membantu menghentikan perkembangan insulin dan mengurangi kolesterol jahat, memperkuat tulang sehingga terhindar dari tulang keropos, selain itu buah semangka membantu melindungi saluran udara bagi penderita asma. 

Bahkan untuk ibu hamil buah semangka ini juga baik lho, manfaatnya seperti mencegah preeklamasi, mengurangi resiko bayi lahir dengan berat rendah, melebarkan dan merelaksasi pembuluh darah, mengontrol tekanan darah, menjaga jantung tetap sehat, meningkatkan imunitas tubuh, mengatasi kram hingga membantu tumbuh kembang janin.

Untuk kecantikan buah semangka juga punya banyak manfaat, yang paling umum diketahui adalah untuk mencerahkan wajah dengan penggunaan berupa masker wajah. Manfaat lainnya dari buah semangka untuk kecantikan adalah sebagai Toner alami, mencegah penuaan dini, melembapkan kulit, mengurangi kelebihan minyak pada wajah, membantu meremajakan kulit, sebagai obat jerawat alami hingga membantu pertumbuhan rambut.

Buah semangka mampu merevitalisasi kulit yang terlihat kusam dan memberikan efek lebih cerah, vitamin A pada semangka sangat membantu untuk mengecilkan pori-pori dan mengurangi sekresi minyak pada kelenjar sebaceus kulit wajah. Semangka juga membantu kulit wajah lebih terhidrasi dengan baik dan menghindari kulit wajah kusam. Selain itu semangka mampu menangkis radikal bebas yang menjadi faktor utama penyebab keriput, bintik-bintik hitam dan gari-garis halus.

Selain dengan konsumsi teratur dan terkontrol baik, Kamu bisa menjadikan buah semangka sebagai masker dengan cara dihaluskan dan bisa juga dicampurkan dengan madu untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, bisa juga ditambah dengan jeruk atau yogurt. Aplikasikan di bagian yang diinginkan, lalu bisa dipijat perlahan lalu diamkan beberapa menit, sekitar 10 hingga 15 menit. Racikan masker buah semangak bisa kamu simpan di kulkas hingga 4-5 hari.
Share This Article :
Zefy Arlinda

Yuk membaca, semoga bisa memberikan nilai positif untuk semua orang.

TAMBAHKAN KOMENTAR

8803000654652570868