BLANTERVIO103

Manfaat Baik Seledri Untuk Kecantikan

Manfaat Baik Seledri Untuk Kecantikan
16 Agustus 2021
Seledri


Hai teman-teman, begitu melihat dari fotonya, Aku yakin teman-teman sudah enggak asing lagi sama tanaman yang satu ini. Iyap, nama tanaman ini adalah seledri, dia biasanya dipakai untuk berbagai masakan, mulai dari sop hingga bakwan. Bahkan, bisa dibilang kalau seledri adalah salah satu rempah yang penting di masakan Indonesia.

Tanaman yang sebagian besar dimanfaatkan bagian daun dan batangnya ini menyebar luas di Indonesia, Oke, untuk bagian masakan, seledri sangat terkenal, lantas seperti apa sih manfaat seledri untuk kecantikan?  Apakah ada manfaatnya? Yuk kita simak di bawah ini uraiannya.

Asal Usul Seledri

Seledri bisa digolongkan sebagai tanaman sayuran yang populer di dunia. Asal-usulnya diperkirakan sudah dikenal sejak 1000 tahun yang lalu. Seringkali disebut sebagai sejenis tanaman liar asli di dataran Asia.

Seledri merupakan tanaman setahun atau dua tahunan yang berbentuk semak atau rumput. Susunan tubuh tanaman seledri terdiri atas daun, tangkai daun, batang dan akar.

Kandungan Gizi Seledri

Daun seledri mengandung berbagai kandungan gizi yang sangat baik untuk kesehatan. Beberapa kandungannya adalah saponin, flavonoida dan polifenol. Selain itu, dalam 100 gram seledri tekandung 20 kalori, 1 gram protein, 0.1 gram lemak, 4.6 gram hidrat arang, 50 miligram kalsium, 40 miligram fosfor, 1 minilgram besi, 0.03 miligram vitamin B1, 11 miligram vitamin C. Selain itu seledri juga mengandung fitonutrien yang bersifat anti inflamasi atau anti peradangan.

Berkat beberapa kandungan di atas, seledri memiliki manfaat-manfaat untuk kesehatan seperti untuk membantu menurunkan tekanan darah, mencegah kanker, melancarkan pencernaan, meredakan nyeri haid, mengusir nyamuk, mengatasi sakit kepala, mengatasi tidak nafsu makan, kelelahan, menyuburkan rambut bayi dan melancarkan buang air besar.

Pada suatu penelitian dibuktikan bahwa ekstrak daun seledri berpotensi untuk membantu menghambat penyebaran dan pertumbuhan sel kanker yang berada di sekitar perut. Selain itu, seledri juga mencegah penyakit maag, melapisi lapisan lambung yang rusak. Dalam kasus mengusir nyamuk, gel pengusir nyamuk dengan kandungan seledri bisa bertahan lebih dari 4 jam sehingga bisa disimpulkan bahwa ini cukup efektif.

Manfaat Seledri Untuk Kecantikan

Dari sekian banyak kandungan di atas, maka sangat wajar jika banyak orang yang suka mengkonsumsi seledri. Tapi bukan hanya sebatas itu saja, seledri ternyata juga memiliki manfaat yang cukup penting untuk kulit.

Seledri ternyata aman dipakai untuk mendukung kecantikan kulit, penggunaannya yaitu berupa masker. Seledri bisa dihaluskan untuk masker wajah atau bagian kulit lainnya. Tingginya antioksidan dan sifat anti inflamasi bisa membantu mengurangi kemerahan atau meredakan peradangan di kulit.

Selan itu, manfaat lainnya dari seledri adalah untuk menjaga kulit tetap lembap dan tidak mudah kekeringan. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan dan air. Jadi penggunaan masker seledri cukup memberi manfaat yang baik untuk kulit.

Seledri juga memberi efek awet muda pada kulit. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin K yang dapat membantu menjaga kekencangan dan elastisitas kulit. Selain itu, adanya kandungan natrium alami, kalium, dan air membantu kulit untuk terhindar dari dehidrasi. Dehidrasi dapat meningkatkan resiko kulit kering, mengelupas, keriput, hingga bisa menimbulkan jerawat.

Wah luar biasa ya manfaat seledri untuk kecantikan. Bagaimana dengan kalian? Suka makan seledri?
Share This Article :
Zefy Arlinda

Yuk membaca, semoga bisa memberikan nilai positif untuk semua orang.

TAMBAHKAN KOMENTAR

8803000654652570868