BLANTERVIO103

Yuk Kemon Kenalan dengan Struktur Organisasi Mayora

Yuk Kemon Kenalan dengan Struktur Organisasi Mayora
17 Agustus 2021

Dibalik kesuksesan sebuah perusahaan pasti ada orang-orang keren di belakangnya. Setuju? Yup, setuju! Orang-orang keren yang tergabung dalam sebuah struktur organisasi perusahaan. Mereka lah yang nanti mengatur dan menetapkan tugas serta tanggung jawab perorangan, hal ini tentu diperlukan dalam mengontrol pekerjaan yang dilakukan. Sehingga perusahaan bisa terus bertahan dan bertumbuh.

Kali ini kita cerita-cerita tentang struktur organisasi Mayora yuk, sebuah perusahaan yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Coba siapa yang tidak kenal dengan biskuit roma, permen kiss, permen tamarin, kopiko, energen, astor dan banyak lagi lainnya. 

Berdiri pada tahun 1977 PT. Indah Mayora Tbk meneguhkan hati bergerak di bidang makanan dan minuman dan berkantor di Jakarta Barat, sedangkan pabrik berada di Tangerang. Moga nanti suatu saat dikasi kesempatan main ke sana, supaya bisa lihat poses produksi secara langsung. Kayaknya nyicipin produk-produk Mayora yang fresh from the oven enak kali ya.

Ok ok, kita balik ke topik. Berikut struktur organisasi PT Mayora Tbk (data Desember 2018).

1. RUPS

Sama seperti perusaan lainnya, kekuasaan tertinggi dipegang oleh Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang dilaksanakan setiap tahun oleh seluruh pemegang saham. Rapat membahas tentang kinerja perusahaan selama setahun belakang. Hasil RUPS nanti kaan menetukan kebijakan yang perlu diambil untuk perusahaan kedepannya.

2. Dewan Komisaris

Dewan komisaris dipegang oleh Hermawan Lesmana, Gunawan Atmadja, Suryanto Gunawan, dan Anton Hartono. Dewan komisaris inilah yang bertugas melakukan pengawasan dan memberikan nasehat kepada direktur perusahaan.

3. Audit Committee

Posisi audit committee diisi oleh Suryanto Gunawan, Budiono Djuandi dan Antonius Wirawan. Mereka membantu dewan komisaris memastikan evektivitas sistem pengendalian intern dan efektivitas pelaksanaan tugas auditor kantor akuntan publik dan satuan pengawasan internal.

4. Direktur Utama

Direktur utama Mayora diamanahkan pada Andre Sukendra Admadja. Beliau dibantu oleh direktur supply chain (Hendarta Atmadja), direktur operasional (Wardhana Atmadja), direktur keuangan (Hendrik Polisar), dan direktur pemasaran (Muljono Nurlimo).

5. Sekretaris Perusahaan

Mayora memiliki dua orang sekretaris perusahaan yaitu Andy Lauwrus dan Junih Gunawan.

6. Unit Audit Internal

Untuk posisi audit internal ditempati oleh Hendra Kurniawan.

7. Posisi lainnya

Kemudian ada beberapa posisi lain di struktur organisasi Mayora, yaitu:

Purchasing diisi oleh  Andrias E. Wahyono; Teknologi Informasi diisi oleh Rudy Handoyo Kosasih; Pemasaran diisi oleh Ricky Afrianto; Keuangan dan Akunting diisi oleh Roman Soetadjaya; HRD dan personalia diisi oleh Heri Soesanto; Legal diisi oleh Julie Susanto; Manufacturing diisi oleh Nurdin Lesmana.

Lengkap ya struktur organisasinya, jadi wajar kalau PT. Mayora Tbk dari dulu meraih banyak penghargaan. Diantaranya:

  1. Top Five Best Managed Compainies in Indonesia dari Asia Money
  2. Top 100 public list companies dari majalah Swa 
  3. Top 100 public list companies dari majalah Inverstor Indonesia
  4. Best manufacturer of halal produc dari Majelis Ulama Indonesia
  5. Best List company dari Berita Satu
  6. dan masih banyak lagi lainnya
Kalau aku menjadi salah satu bagian dari mereka kayaknya bakalan lebih kece tuh ya hehheee... Canda aja kok. Dulu memang pernah terbesit mau mendaftar dan bekerja di sana, belum rezeki tapi. Okeh, sekian cerita-cerita kita tentang struktur organisasi Mayora, semoga menjadi informasi yang bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih sudah mampir ke sini.

Share This Article :
Zefy Arlinda

Yuk membaca, semoga bisa memberikan nilai positif untuk semua orang.

TAMBAHKAN KOMENTAR

8803000654652570868