BLANTERVIO103

Hoala dan Koala Kemas Menarik Lagu Anak Indonesia

Hoala dan Koala Kemas Menarik Lagu Anak Indonesia
20 Agustus 2021

Beberapa hari yang lalu pada suatu sore anakku Ichi (3 tahun) datang mendekati ku, dia duduk di dekat kakiku dan menciumnya. Lha apa? Iya, dia mencium kakiku. Shock dong. Ada apa gerangan kok tiba-tiba datang-datang cium kaki bundanya. Bundanya kepo dan cari tahu penyebabnya, ternyata dia barusan menonton video seoarang anak yang mencium kaki bundanya.

Oalah, itu ternyata penyebabnya. Sungguh anak adalah peniru yang ulung.

Beberapa bulan yang lalu dia meniru adegan seorang ibu yang pulang dari pasar. Dia melepas sendalnya lalu mengetuk pintu, kemudian mengucapkan “Assalamulaikum, ayah….ayah, lho kok pada ga ada di rumah”. Ayahnya dan aku kaget. Itu anak belajar acting atau gimana tuh. Beberapa hari kemudian kami melihat dia sedang menonton video yang adegannya sama persis, itu ternyata yang dia tiru.

Kejadian-kejadian di atas mengingatkan kami sebagai orang tua untuk memilih tontonan yang baik untuk anak. Termasuk youtube lagu dan animasi anak.

Seorang teman cerita tentang Hoala dan Koala, katanya Hoala dan Koala menyanyikan beragam lagu anak Indonesia dan mereka berkarakter baik. Bagus banget tuh untuk jadi rujukan. Aku langsung buka channel youtube Hoala dan Koala, asli aku suka. Bukan hanya channel youtube, Hoala dan Koala juga ada di Spotify dan iTunes. 

Hoala dan Koala dikemas dalam animasi 3D dan karakternya seperti anak-anak zaman now yang tumbuh di era digital. Menurutku konsep ini bagus, karena anak akan mudah menerima karakter tersebut sebab sesuai dengan kehidupan nyata.

Karakter Hoala dan Koala:

Hoala Awandi

AnakHoala merupakan anak perempuan dari keluarga Awandi yang berusia 3 tahun. Hoala sangat gemar bernyanyi dan minum susu rasa cokelat dan stroberi. Meskipun masih kecil, Hoala tergolong anak yang sangat cerdas karena sudah mampu berbicara dengan lancar dan bernyanyi dengan merdu.

Koala

Sahabat HoalaKoala merupakan hewan yang bisa berbicara yang berasal dari negeri Mykonos, dunia yang berada dalam buku cerita favorit Hoala. Miss Jeruk mewujudkan keinginan Hoala untuk memiliki teman baik di rumah di saat pandemi.

Miss Jeruk

Peri Baik HatiMiss Jeruk merupakan sebuah peri baik hati berbentuk jeruk yang berasal dari negeri di atas awan. Miss Jeruk selalu setia mendampingi Hoala dan mewujudkan banyak keinginan Hoala serta senantiasa mendidiknya untuk tumbuh menjadi anak yang baik.

Amar Awandi

AyahAmar merupakan ayah dari Hoala yang sangat menyayanginya. Amar adalah seorang pengusaha dari sebuah perusahaan yang bergerak di bidang digital.

Nara Awandi

IbuNara adalah ibu dari Hoala yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga. Ibu selalu berusaha untuk menjadi yang terbaik dalam mendidik Hoala dan banyak menyampaikan nasihatnya dalam bentuk lagu.

Rubin

Rubah PemaluRubin pertama kali diperkenalkan dalam lagu "Rubah Ngintip". Rubin merupakan seekor rubah pemalu yang lebih sering mengintip dari kejauhan dan berbicara tanpa menatap lawan bicaranya.

Lincul

Ular PeriangLincul merupakan seekor ular yang dibesarkan oleh keluarga kelinci. Karena selalu merasa berbeda dari kelinci, Lincul memutuskan untuk selalu memakai bando kelinci di kepalanya agar dapat berbaur dengan keluarga kelinci. Lincul merupakan seekor ular betina yang sangat periang.

Burhan

Pesulap Burung HantuBurhan merupakan seekor burung hantu yang memiliki mata rabun di siang hari. Meskipun begitu, Burhan sangat menyukai segala sesuatu yang berhubungan dengan sulap. Namun karena padangannya sering terganggu di siang hari, trik sulap dari Burhan sering mengalami kegagalan.

Bu Aya

Guru TKBu Aya merupakan guru taman kanak-kanak yang mengajar Hoala dan teman-temannya. Sosok Bu Aya dikenal sebagai sosok yang bijaksana namun sering teledor. Di balik kekurangannya, Bu Aya merupakan sosok guru yang sangat sabar dan disayangi oleh murid-muridnya.

Srigili

Serigala yang SedihSerigili merupakan seekor serigala jantan yang baik hati namun sering ditakuti oleh orang lain karena perawakannya yang menyeramkan. Serigili sering merasa sedih akan hal ini, oleh karenanya ia memutuskan untuk memakai bulu domba berwarna merah muda agar terlihat tidak menyeramkan.

Om Pong

Macan PemaluOm Pong merupakan seekor macan jantan yang sangat pemalu karena ia memiliki gigi yang berbeda dari macan pada umumnya. Karena tak memiliki taring, Om Pong tak pernah percaya diri dan selalu ditertawakan oleh kawanan macan. Hal inilah yang membuatnya menjadi macan yang pemalu.

Om Bre

Singa K-PopOm Bre merupakan sosok singa jantan modern yang mewarnai rambutnya seperti layaknya orang Korea. Sebagai penggemar K-Pop, Om Bre juga sangat lihai dalam menari dan disenangi oleh orang lain karena sosoknya yang ramah dan mudah berteman.

Mereka semua pandai menyanyi dan anak-anak pasti suka.

Lagu pertama mereka diupload ke youtube pada tanggal 8 Januari 2021 dan terus aktif menghasilkan karya baru sampai sekarang. Kalau tak salah ingat Hoala dan Koala sudah memiliki 5 album dan lebih dari 45 lagu.

Oh iya, selain mencari karakter yang baik untuk jadi tontonan anak, aku dan suami memang pengen ngenalin anak dengan lagu-lagu yang full bahasa Indonesia. Kapok ngasi anak lagu campur-campur bahasa. Gara-gara nonton lagu yang bahasanya macam-macam anakku sekarang ngomongnya campur-campur. Separuh bahasa Indonesia, separuh Inggris, kadang China ama Jepang masuk juga. Belum lagi sesekali bahasa Arab, Thailand, Korea, pokoknya sesuai dengan tontonannya. Walhasil ngomongnya belum bagus, dia mengalami kebingungan bahasa.

Kami mau Ichi memahami bahasa ibunya dulu baru boleh belajar bahasa lain. Supaya cepat lancar ngomongnya.

Aku yakin anak-anak juga tidak bosan memonton Hoala dan Koala karena lagu-lagu yang disajikan kaya aliran musik, mereka menyajikan lagu bernuansa pop, jazz, big band, akustik dan lainnya. Begitu juga dengan alat musik, aku lihat sepertinya mereka menggunakan alat musik yang beragam.

Semoga hadirnya Hoala dan Koala bisa menjadi penawar rasa rindu dengan lagu-lagu anak yang bersahabat. 

Share This Article :
Zefy Arlinda

Yuk membaca, semoga bisa memberikan nilai positif untuk semua orang.

TAMBAHKAN KOMENTAR

8803000654652570868