BLANTERVIO103

Cara mengatasi mual saat hamil muda

Cara mengatasi mual saat hamil muda
22 Agustus 2021

 

Hamil adalah hal yang menyenangkan dan menjadi impian wanita yang telah menikah, konon katanya hamil dan melahirkan menjadikan dia wanita seutuhnya. Tapi kalau sewaktu hamil mual terus sampai ga bisa makan kan kasihan si dedek yang ada dalam kandungan. Gizi si dedek gimana dong.

Ingat cerita ibuku, katanya dulu sewaktu hamil aku ga bisa makan apa-apa kecuali buah dan lotek. Alagi nasi, katanya kalau masak nasi dan kecium aroma nasi ibu bakalan langsung mual lanjut muntah. Tak peduli kapan waktunya lho, bisa pagi, siang, sore atau malam. Padahal kan  mual saat hamil  muda dikenal juga dengan istilah morning sickness alias mual di pagi hari.

Jadi gimana sih cara mengatasi mual saat hamil muda?

Ok ok, kita cerita berdasarkan pengalamanku dan ibuku ya. 

1. Hindari pemicu mual

Menghindari pemicu mual aku letakkan pada nomor satu, karena kalau tak terpicu kita bisa bilang bye bye dengan mual. 

Pertama kita perlu mengenali apa-apa saja yang bisanya membuat kita mual, misalnya bau nasi hangat, bau asap kendaraan, bau parfum, makanan atau minuman tertentu atau lainnya. Sedapat mungkin kita hindari dulu.

Contohnya dulu aku sangat anti dengan asap kendaraan, kalau pulang kerja dan mencium udara yang kotor  karena asap kendaraan aku bakalan mual parah. Jadi sebagai antisipasi aku pergi kerja pagi-pagi saat udara masih segar dan saat pulang aku memakai masker, sedapat mungkin aku juga melewati jalan yang tidak ramai.

2. Ngemil

Weh asik ga nih caraku menghilangkan mual hehehehe. Tapi bener lho ini sukses. Caranya pilih cemilan yang bergizi tapi ya. Cemilan yang aku maksud seperti buah segar, kacang rebus, rebus pisang dll. Aku ga tahu dengan para ibu di luar tapi suer cara ini sangat ampuh untukku. Ngemil juga membuat perut tidak kosong. Sehingga meski sibuk bekerja anak yang ada dalam kandungan tetap mendapatkan nutrisi dengan baik.

3. Minum

Kadang kalau mual minum itu males banget, ya gimana ya, perasaan kalau mual dan minum jadi pengen muntah. Tapi kita harus tetap minum ya bun. Kita bisa antisipasi dengan minum sedikit-sedikit dan airnya hangat, cobain deh.

4. Minum air jahe

Sesekali cobain deh minum air jahe. Aku dulu sewaktu hamil Ichi sesekali minum air jahe. Jahe yang dicuci bersih lalu digeprek dan dimasukkan ke gelas, baru kemudian kita siran air panas, diamkan sebentar dan minum selagi hangat. Aku juga suka minum air jahe gula merah. 

Cuma saranku kalau minum air jahe jangan banyak-banyak, soalnya kan jahe sifatnya panas talut apa-apa ntar.

Itu dia  cara mengatasi mual saat hamil muda berdasarkan pengalamanku. Semoga memberikan informasi lebih untuk para ibu hamil di luar sana.

Terimakasih sudah mampir, sehat-sehat ya.


Share This Article :
Zefy Arlinda

Yuk membaca, semoga bisa memberikan nilai positif untuk semua orang.

TAMBAHKAN KOMENTAR

8803000654652570868