BLANTERVIO103

Ternyata serai bukan cuma sekedar bumbu dapur

Ternyata serai bukan cuma sekedar bumbu dapur
09 Juli 2021

Hai teman-teman, kali ini kita kenalan yuk dengan salah satu bahan dapur atau bisa juga disebut rempah sih ya. Kerap kali digunakan dalam berbagai kesempatan di keseharian keluarga Indonesia bahkan luar negeri. Rempah ini disebut dengan Serai. Dalam bahasa inggris, serai disebut dengan Lemongrass.

serai

Pada beberapa daerah di Indonesia, serai sering disebut dengan sebutan "sereh", padahal dalam dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, bentuk yang benar adalah "Serai". Definisi serai dalam KBBI adalah tanaman tahunan termasuk suku Gramineae, membentuk rumpun yang padat, batangnya kaku dan pendek, bentuk daunnya seperti pita yang meruncing ke ujung, menghasilkan minyak serai, bonggol batang yang muda digunakan sebagai penyedap berbagai masakan.

Lantas, serai asal muasal dari mana sih?. Terus penggunaannya selain untuk masakan seperti apa aja?. Yuk disimak.

Asal Usul Serai

Tanaman serai dipercaya berasal dari Asia Tenggara atau Sri Lanka. Tanaman ini tumbuh alami di Sri Lanka, tetapi dapat ditanam pada berbagai kondisi tanah di daerah-daerah tropis yang lembab, cukup sinar matahari dan memiliki curah hujan relatif tinggi. Faktanya serai bisa tumbuh hampir di setiap kondisi tanah, bisa disebut salah satu tanaman rempah yang sangat tahan banting.

Tanaman serai dikenal dengan nama berbeda di setiap daerah. Daerah Jawa mengenal serai dengan nama sereh atau sere. Daerah Sumatera dikenal dengan nama serai, sorai atau sanger-sange. Kalimantan mengenal nama serai dengan nama belangkak, senggalau atau salai. Nusa Tenggara mengenal serai dengan nama see, nau sina atau bu muke. Sulawesi mengenal nama serai dengan nama tonti atau sare sedangkan di Maluku dikenal dengan nama hisa atau isa.

Daun tanaman serai berwarna hijau tidak bertangkai. Daunnya kesat, panjang, runcing dan berbau khas. Daunnya memiliki tepi yang kasar dan tajam. Tulang daunnya tersusun sejajar. Panjang daunnya sekitar 50-100 cm sedangkan lebarnya kira-kira 2 cm. Daging daunnya tipis serta pada pemukaan dan di bagian bawah daun terdapat bulu-bulu halus.

Penggunaan Serai di Kehidupan Sehari-hari

Serai adalah tanaman yang tangguh. Serai tumbuh berumpun membentuk gelombang besar. Biasanya tanaman ini dibudidayakan di pekarangan, kebun, atau di sela-sela tanaman lain. Tanaman ini dibagi menjadi dua jenis, yang pertama yaitu serai lemon atau serai bumbu, dan yang kedua disebut dengan serai wangi atau serai sitronela. Waktu berbunganya sepanjang tahun, dari januari hingga desember.

Serai memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuh kesehatan seperti geraniol, methylpheptenone, eusganol, kadinol dan limonen. Selain itu, pada beberapa jenis serai bisa menghasilkan minyak atsiri. Dari segi manfaat, serai dikenal ampuh untuk mencegah datangnya diabetes, mengobati insomnia, mengobati bengkak dan luka memar, memperlancar menstruasi, mengurangi nyeri otot dan sendi hingga mengurangi sakit kepala.

Pada area Timur Tengah dan India, serai sering digunakan sebagai bahan dalam aromaterapi. Sedangkan di Indonesia serai biasanya digunakan untuk mengusir nyamuk, karena memang bau khasnya yang merupakan musuh dari nyamuk. Mirip dengan bunga lavender yang tidak disukai nyamuk. Untuk mengusir nyamuk, biasanya serai ditumbuh halus, lalu dibiarkan sejenak di dalam kamar sebelum tidur agar aromanya mampu menyebar hingga ke sudut ruangan.

Untuk penggunaan pada makanan dan minuman, sebetulnya serai bisa dikombinasikan ke banyak menu, mulai dari minuman hingga makanan ringan. Teman-teman bisa menggunakan serai yang dihaluskan untuk campuran dalam memasak gulai, rendang, atau goreng bumbu. Serai juga bisa kamu gunakan sebagai penambah aroma dan rasa pada tumisan, pindang hingga sambal. Selain itu serai bisa digeprek, lalu dimasukkan ke dalam air hangat atau wedang. Penggunaan serai geprek pada aneka minuman sudah semakin dikenal lho. Yuk kita manfaatkan serai dalam menu sehari-hari.

Share This Article :
Zefy Arlinda

Yuk membaca, semoga bisa memberikan nilai positif untuk semua orang.

TAMBAHKAN KOMENTAR

8803000654652570868