BLANTERVIO103

Alasan mengapa perlu memilih bahan bakar yang pas untuk kendaraan

Alasan mengapa perlu memilih bahan bakar yang pas untuk kendaraan
25 Juli 2021

Sudah pernah belum memikirkan bahan bakar apa yang paling pas untuk kendaraan kamu? Kalau aku sih jujur baru banget yang namanya peduli dengan bahan bakar kendaraan. Memang biasanya cowok lebih peduli dengan hal ini dibanding cewek. Eh betul ga sih?

Okeh, balik lagi ke memilih bahan bakar. Aku baru ngeh untuk memilih bahan bakar setelah melihat apa yang terjadi dengan motorku dan motor ayahku. Kami membeli motor keluaran pabrik yang sama, hanya saja ayah membeli beberapa tahun lebih dulu dibanding aku. Tapi kok aku lihat motor ayah kinerjanya jauh lebih baik. Apa yang terjadi?

Ternyata banyak hal yang mempengaruhi hal ini mulai dari perawatan seperti ganti oli, isi angin ban, bersih-bersih motor, service rutin, dan pemilihan bahan bakar. Kadang kalau ayah sedang tidak sibuk beliau membawa motorku ke bengkel untuk diservice tapi kalau ayah sedang sibuk bye bye service.

Inilah yang membuat kinerja motorku berbeda dengan motor ayah. Satu lagi nih, ayah sangat memperhatikan bahan bakar motornya. Berbeda denganku yang isi bahan bakar seenaknya saja. Ya...pokoknya aku isi dengan apa yang aku temui hehe. Kadang ya pertamax, kadang premium, kadang pertalite. 

Suatu saat aku disarankan untuk menggunkan satu jenis bahan bakar saja untuk motorku. Tujuannya untuk mencegah kerusakan mesin. Karena kalau sering berganti bahan bakar maka akan menyebabkan kerak pada ruang bakar dan ujungnya performa mesin jadi jelek.

Jadi bahan bakar apa yang cocok untuk kendaraan kita?

Jawaban pertanyaan ini sudah ada di buku panduan kendaraan kita. Biasanya pihak pabrik sudah memberikan saran bahan bakar apa yang pas dengan rasio kompresi motor, bahan bakar dengan nilai oktan berapa yang paling pas. Penggunaan bensin yang nilai oktannya sesuai rekomendasi pabrikan  menjadikan pembakaran di ruang mesin sempurna.

Sedangkan kalau mau menggunakan bahan bakar terbaik, saat ini bahan bakar yang baik yang dimiliki Indonesia adalah Pertamax Turbo. Pertamax turbo memiliki nilai Research Octane Number (RON) sebesar 98, bahan bakar dengan nilai RON tertinggi sampai saat ini.

Berdasarkan pengalamanku saat mencoba pertamax turbo kemarin bahan bakar ini hemat. Jika menggunakan bahan bakar lain aku menghabiskan 4 liter dalam waktu seminggu. Saat menggunakan pertamax turbo aku menggunakan 4 liter dalam waktu hampir dua minggu. Sepertinya kadar oktan yang tinggi menyempurnakan sistem pembakaran bahan bakar dan berdampak terhadap efisiensi bahan bakar.

Harga Pertamax Turbo

Untuk harga pertamax turbo saat ini berada di kisaran Rp.9.850,- sampai Rp 10.050,- per liternya. Untuk harga tergantung provinsinya ya. Jangan kayak aku dulu yang pas mau beli bensin kaget, kok beda dengan harga di provinsi sebelah. Oh iya, karena tidak mendapatkan subsidi pemerintah harga pertamax turbo bisa berubah sesuai harga minyak dunia, harga bisa naik dan turun.

Sudah coba pertamax turbo?

Share This Article :
Zefy Arlinda

Yuk membaca, semoga bisa memberikan nilai positif untuk semua orang.

TAMBAHKAN KOMENTAR

8803000654652570868