BLANTERVIO103

Masak di pesta daripada ghibah enakan ngobrolin bisnis

Masak di pesta daripada ghibah enakan ngobrolin bisnis
07 May 2021

Apa satu hal yang kamu tidak suka saat kumpul dengan banyak orang?

Kalau aku sangat tidak suka kalau dijakin ghibah. 

Eneq sekali rasanya mendengarkan ocehan orang-orang yang isinya tak berguna itu. Mengapa harus ghibah? Mengapa harus membicarakan keburukan orang? Tidak bisakah topik pembicaraan diganti?

Eh. ternyata bisa lho kumpul tapi ga ghibah, fyuh.

Tim para lelaki

Ceritanya beberapa waktu lalu aku ikutan masak di rumah paman suamiku dalam rangka nikahan anaknya. Sebagai menantu yang baik pasti aku ikut masak-masak dong ya. Jadi beberapa hari sebelum pesta aku dan suami main ke sana untuk bantu-bantu.

Sampai ke sana kami salam-salam dulu, kemudian pak suami langsung menuju grup kerja para lelaki dan aku menuju tempat masak di halaman belakang. Aku pilih grup rendang daging, karena lokasinya nyaman di bawah pohon pepaya, sejuk. Sekalian aku kepengen belajar masak rendang yang baik dan benar. Aku dengar dari para ibu yang masak adalah orang Minang dan punya warung makan, pasti topcer kan rendangnya. 

Masak santan untuk rendang

Aku mendekat ke arena masak rendang, ternyata ya itu sedang terjadi perghobahan. Ya Allah aku sepertinya akan terlibat. Aku memillih sok sibuk dengan santan-santan yang akan dimasak sampai berminyak itu. 

Sambil sok sibuk dengan santan aku mendengar obrolan mereka. Ada satu hal yang aku tangkap bahwa mereka ini tidak punya topik pembicaraan. Yup betul, mereka tidak begitu membenci si A atau si B sehingga menjadikanny bahan ghibah tetapi mereka bingung mau cerita apa. Sedangkan watak wanita kalau ketemu itu pengennya cerita-cerita. 

Aku coba mencari celah untuk memasukkan sebuah topik, ya..aku sok kenal sok dekat aja dengan para ibu itu. Alhamdulillah berhasil, yeay!!!

Obrolan beralih ke bisnis kerang. Darimana para pedagang kerang di Bengkulu mendapatkan kerang. Jatuh bangun usaha olahan makanan dari kerang. Berapa banyak keuntungan dan lainnya. Dari obrolan aku tahu ternyata kerang-kerang yang dijual rumah makan di Bengkulu banyak berasal dari Jambi, untung yag mereka dapat sangat lumayan. Nah kan jadi pengen pelihara kerang.

Obrolan tentang usaha kerang ini jauh lebih seru dibanding ghibah lho.

Aku jadi tahu tips-tips masak kerang dan cara penyimpanan supaya awet dan olahan kerang seperti apa yang disenangi para pelanggan.

Ayam jantan yang nguping pembicaraan para ibu

So kalau kumpul yuk kita ngobrol yang berfaedah.
Share This Article :
Zefy Arlinda

Yuk membaca, semoga bisa memberikan nilai positif untuk semua orang.

TAMBAHKAN KOMENTAR

8803000654652570868