BLANTERVIO103

Makanan bergizi untuk ibu hamil

Makanan bergizi untuk ibu hamil
12 May 2021

Saat hamil banyak sekali yang harus diperhatikan oleh sang ibu. Mulai dari menjaga kebersihan, menjaga kesehatan, pola tidur, pikiran dan perasaan, dan salah satunya tentu saja makanan. Karena makanan turut menentukan baik tidaknya pertumbuhan janin di dalam kandungan.

Kekurangan gizi saat hamil bisa menyebabkan pertumbuhan bayi tidak maksimal atau bahkan bisa menyebabkan kecacatan. Ngeri juga ya. Lalu pertanyaannya apa saja sih makanan yang begizi yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil? Kita bahas sama-sama yuk.

1. Ikan salmon / ikan kembung

Mengapa ikan salmon baik untuk ibu hamil? Hal ini dikarnakan ikan salmon mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk perkembangan otak dan mata janin. Tapi sayangnya ikan salmon ini termasuk mahal. Ikan salmon dijual dengan harga Rp 250.000,-/kg - Rp 300.000,- /kg. Tidak semua ibu hamil bisa membeli ikan ini. Ingat waktu pergi ke mall dekat rumah, sepotong ikan salmon dibandrol dengan harga Rp 40.000,-. 

Jiwa berhemat mak-mak ini meronta dan bilang "sudah tahan dulu beli salmon, nanti-nanti saja". Walhasil aku ga jadi beli salmon.

Tapi gimana dong kalau kita butuh? Tenang, ternyata kandungan omega 3 yang ada di ikan kembung lebih banyak dari ikan salmon. Kalau di tempatku harga ikan kembung hanya Rp 25.000,- / kg.    

Dalam 100 gr ika n salmon mengandung 1.6 gr omega 3. Sedangkan dalam 100 gr ikan kmebung mengandung 2.4 gr omega 3. Wih..jauh lebih banyak kandungan omega 3 di ikan kembung ya? Lalu kok salmon lebih mahal? Ikan salmon adalah ikan impor yang tentu saja butuh ongkos kirim dan lainnya. Sedangkan ikan kembung ada banyak di laut Indonesia.

2. Sayuran

  • Bayam; Bayam mengandung asam folat yang baik untuk mecegah kelahiran prematur dan preeklamsia.
  • Brokoli; Brokoli mengandung kalsium, asam folat, lutein, vitamin C, zeaxnathin, karatenoid. Brkoli dapat mencegah bayi lahir dengan berat badan rendah.

3. Buah-buahan

  • Alpukat
  • Jeruk
  • Pisang
  • Mangga
Hemmmmm..kayaknya hampir semua buah baik untuk ibu hamil ya. Hanya saja aku lihat 4 buah di atas memang sering diutamakan di banyak artikel karena kandungan yang dimilikinya.

4. Ubi

Ubi kaya vitamin A yang penting untuk pertumbuhan sel dan jaringan janin.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan sumber asam folat, serat, protein, zat besi dan kalsium yang pentin guntuk ibu hamil. Nah kalau duu aku sewaktu hamil Ichi sering sekali diingatkan oleh ibu mertua untuk mengkonsumsi kacang-kacangan. Katanya ibu hamil yang sering makan kacang-kacangan anaknya nanti akan memiliki rambut yang lebat.

6. Telur

Telur mengandung kalori, protein, lemak, mineral, kolin dan vitamin.

Pastikan para bumil mendapatkan asupan gizi yang baik semasa kehamilan, agar bayi dan ibu selalu sehat hingga waktu persalinan tiba



Share This Article :
Zefy Arlinda

Yuk membaca, semoga bisa memberikan nilai positif untuk semua orang.

TAMBAHKAN KOMENTAR

8803000654652570868