BLANTERVIO103

Ternyata Smart Hafiz bukan untuk anak umur di bawah 3 tahun - Review

Ternyata Smart Hafiz bukan untuk anak umur di bawah 3 tahun - Review
11 April 2021

 Apa sih itu Smart Hafiz?


Smart adalah sebuah mainan edukasi anak yang berisikan konten islami dan umum yang digadang sebagai pengganti gadget untuk anak. Karena seperti kita ketahui bersama karena kesibukan orang tua anak-anak sekarang rentan sekali diberi gadget.

Smart hafiz sangat laris meski harganya mahal lho, kayaknya memang demi anak para orang tua mengucilkan soal harga. Termasuk aku yang rela ikut arisan demi smart hafiz untuk anakku Ichi. Kalau tak salah harga smart hafiz yang aku beli kemarin Rp 2.499.000,- 

Awalnya tidak mau beli karena mahal

Ya betul sekali, aku awalnya enggan membeli smart hafiz karena harganya lumayan bun. Semenjak aku lahiran banyak sekali yang menawiriku smart hafiz untuk anakku Ichi. Maklum saja orang di lingkaranku banyak yang menjadi resellernya. Mulai dari teman sekolah dulu, teman kuliah, keluarga, sampai ke masyarakat yang pernah aku dampingi ada yang jadi reseller smart hafiz.

Mereka menawarkan smart hafiz dengan alasan mainan ini sangat bagus untuk anak. Karena dengan smart hafiz anak bisa jauh dari gadget dan belajar banyak. Katanya smart hafiz juga bagus untuk sarana anak belajar agama islam. Iya sih, smart hafiz isinya banyak konten islami.

Tapi harganya 2 jutaan hehe..satu hal yang membuat jiwa berhemat mak-mak bergejolak. Aku bilang harganya mahal tetapi mereka menawarkan sistem arisan dan aku akhirnya mau.

Kelebihan

Yuk kita bahas kelebihan smart hafiz.

1. Media anak belajar Al Quran

Smart hafiz memiliki menu-menu untuk belajar mengaji. Mulai dari mengenal huruf sampai murotal ada di sini. Salagh satu hal yang membuatku mau membelinya.

2. Merangsang komunikasi

Menurut pengamatannku adanya mic dan gaya bicara yang pelan seperti membimbing merangsang anak untuk berkomunikasi. Hm...bukan bicara dengan smart hafiznya ya bun. Tapi maksudku di sini anak jadi ikut berbicara, bukan hanya menonton.

3. Anak terhindar dari tontonan tidak baik

Kadang aku suka pusing kalau pas sibuk kan ya dan terpaksa kasi Ichi tontonan. Banyak tontonan yang menurutku kurang baik. contohnya misal kita buka youtube, ada saja adegan mecahin barang, mobil melindas mainan dll. Ini kurang baik untuk anak.

Sedangkan di smrat hafiz kan semuanya sudah difilter dan berbau Islami. Jadi hati berasa tenang aja sih.

4. Mengingatkan anak dengan ibadah

Satu hal yang aku suka dengan smart hafiz adanya fitur azan. Jadi kita bisa menyesuaikan waktu azan dengna waktu azan di daerah kita. Saat waktu sholat tiba maka azan akan berkumandang dari smart hafiz. Anak-anak jadi ingat sholat dan berhenti nonton untuk sementara.

5. Bisa dibeli dengan cara arisan ataupun cash

Menurutku pihak Tigaraksa sangat paham dengan karakter warga Indonesia yang suka sekali arisan. Jadi selain membeli cash pembeli juga bisa memilih metode arisan.

Kekurangan

1. Tidak disertai kepala charger (hanya kabel charger)

Salah satu kekurangan yang menurutku agak fatal. Mengapa? Karena smart hafiz perlu dicas bun. Kalau baterainya habis kita harus cas ulang agar bisa dipakai lagi. Mungkin pihak smart hafiz saudaraan dengan iPhone kali ya yang jual produk tanpa kepala casan meski jelas-jelas produk mereka harus dicas.

2.  Kepala flash disk terlalu besar

Ini aku kasi foto flash disknya.

Kepala flash disk yang besar ini menghalangi kabel charger. Jadi kita tidak bisa ngecas kalau flash disk masih nyolok di tempatnya. Berdasarkan pengalaman kalau terlalu sering keluar masuk flash disk maka slot tempat memasukkan flash disk akan lebih cepat longgar dan akhirnya susah terkoneksi. 

Oh iya, pihak reseller juga mengunggulkan flash disk ini bisa dicolokkan ke mobil sehingga anak bisa menikmati smart hafiz di perjalanan. Tapi menurutku kalau bodinya besar begini bisa senggol-senggolan dengan properti yang lain. Hm...apa aku yang terlalu ribet ya, hanya saja jujur aku lebih suka dengan flash disk yang minimalis yang memudahkan penggunanya. Mungkin akan baik sekali jika pihak Tigaraksa memberikan pilihan model flash disk untuk para pelanggannya.

3. Mahal

Silahkan cek harga semua versi smart hafiz. Kalau tak salah hampir semua di atas 2 juta rupiah.

4. Para reseller tidak menceritakan kalau smart hafiz bukan untuk anak umur di bawah 3 tahun

Harus dicatat ya bun kalau ternyata smart hafiz bukan untuk anak dengan umur di bawah 3 tahun. Aku sangat kaget sekali sewaktu membuka paket smart hafiz di rumah. Baca kotaknya eh...ternyata bukan untuk anak di bawah 3 tahun.

Kok bisa kaget?

Ya kerena para resellernya tidak pernah menceritakan hal ini. Mereka malah dengan bangga bercerita kalau anak mereka yang umurnya masih 1 tahunan sudah dikasi smart hafiz. Katanya perkembangan si anak bagus dan jadi suka mengaji.

Aku kurang paham mereka menyembunyikan hal ini atau bagaimana. Tetapi menurutku seharusnya mereka jujur bahwa smart hafiz bukan untuk anak di bawah 3 tahun. Kalau untuk orang yang beli barang offline alias langsung lihat barangnya enak bisa lihat tulisan di kotak. 

Nah yang beli online seperti aku kan tidak tahu ya, apalagi para reseller malah dengan bangga cerita kalau anak mereka yang masih kecil itu dikasi smart hafiz. Aku kira memang untuk semua umur dong jadinya. Meski tidak bisa 100% menyalahkan mereka, seharusnya sebagai buyyer aku lebih smart lagi dalam membeli barang. Paling tidak bisa baca review dari para pembeli sebelumnya. Ini juga menjadi salah satu alasanku menulis review tentang smart hafiz ini.


Fact

Bukan made in Indonesia

Siapa kemarin yang bangga kalau smart hafiz buatan Indonesia hayo? Setelah membeli smart hafiz dan buka paket aku senyam-senyum sendiri saat melihat tulisan "Made in China". Ternyata ini smart hafiz made in China lho bun.

Aku bukanlah orang yang anti China, juga bukan orang yang anti produk China. Aku akui kok memang produk mereka bagus dan harganya murah-murah. Banyak barang di rumahku yang made in China. Kita juga sebagai muslim kan dibilang belajarlah sampai ke negeri China yang artinya ada hal baik yang bisa kita pelajari dari negeri yang satu ini. 

Tapi eh tapi sangat tidak baik mengakui produk orang lain. Jika produk ini bukan made in Indonesia ya jangan diunggulkan sebagai produk Indonesia. Gapapa dikenalkan sebagai produk dari China, contohnya Xiomi dan Realme yang laris manis di Indonesia. Masyarakat Indonesia menerimanya dengan baik.

Sekian review kita kali ini, semoga bermanfaat. Untuk perkembangan anakku setelah menggunakan mainan smart hafiz ini Insya Allah nanti aku tulis lagi ya. Terimakasih sudah mampir.

Share This Article :
Zefy Arlinda

Yuk membaca, semoga bisa memberikan nilai positif untuk semua orang.

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 2 komentar:

  1. smart hafiz ini memang laris banget ya, mbak di kalangan ibu-ibu. aku masih maju mundur mau beli soalnya anakku 2 pasti bakal rebutan. heu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya laris banget mba, sayang sebagian besar malah tidak tahu kalau ini bukan untuk anak di bawah 3 tahun

      Delete
8803000654652570868