BLANTERVIO103

Pengalaman menstruasi pertamaku

Pengalaman menstruasi pertamaku
11 April 2021

Pengalaman menstruasi pertama sungguh satu hal yang tidak akan terlupakan sepanjang masa. Mana mungkin terlupakan coba. Aku mendapatkan menstruasi pertamaku saat sedang menginap di rumah adiknya ayah alias bukan di rumahku.

Panik dong kok tiba-tiba pas bangun pagi lihat ada bercak darah. Mau tanya ibu kan aku sedang di rumah adik ayah. Walhasil aku minta pulang dengan alasan ada janji dengan teman. Entah mengapa aku merasa harus langsung cerita dengan ibu. Untung adiknya ayah baik, aku langsung diantar pulang.

Kok repot sekali Zef? Kenapa tidak searching google saja?

Well, kejadian itu saat aku ada di kelas 2 SMP di tahun 2003. Aku belum kenal sama sekali dengan yang namanya internet. Berbeda dengan sekarang yang apa-apa bisa langsung berselancar di dunia maya. 

Aku sebenarnya sudah mendengar tentang menstruasi menstruasi pertama dari teman-teman yang sudah mengalaminya. Tapi aku ingin kepastian, jangan sampai aku salah sangka. Enak kalau benar-benar menstruasi, bagaimana kalau aku mengalami hal lain kan bikin bergidik mikirinnya.

Sesampainya di rumah aku mencari ibu dan langsung bicara empat mata. Aku dengan cemas cerita dengan ibu kejadian pagi itu. Sambil tersenyum beliau pun berkata "Nah, sekarang kamu sudah baligh.". Sudah hanya itu jawaban beliau hahahaa...berasa aneh dapat jawaban seperti itu. Tapi kalimat itu sudah menjawab keraguanku tentang menstruasi. Aku benar-benar mendapatkan menstruasi pertamaku.

Aku mulai diarahkan untuk membeli pembalut yang nyaman di warung langganan ibu. Aku juga mulai dikasi tahu untuk lebih memperhatikan kebersihan saat halangan dan lain-lain. Pokoknya dapat banyak sekali nasehat. 

Ada yang mengalami hal serupa? Kalau iya berarti untuk urusan ini kita senasib.

Nasehat ibu saat mengetahui aku mendapatkan menstruasi pertamaku:

1. Menjadi wanita yang sempurna

Peristiwa luar biasa bernama menstruasi  merupakan sebuah hal menakjubkan yang terjadi pada perempuan dan merupakan pertanda bahwa dia siah menjadi wanita yang sempurna. 

2. Lebih menjaga kebersihan

Saat menstruasi kita harus lebih menjaga kebersihan dengan mengganti pembalut 3-4 jam sekali. Aku diingatkan untuk selalu membawa pembalut saat sedang mengalami menstruasi.

3. Siklus menstruasi setiap orang berbeda

Aku diingatkan untuk tidak panik jika siklus menstruasiku tidak sama dengan teman-teman. Karena belum tentu periode menstruasi kita sama dengan teman-teman. Ada yang hanya 3 hari tapi ada yangs ampai 7 hari.

4. Sudah harus lebih menjaga diri

Ibu menjelaskan kalau aku harus lebih menjaga diriku. Karena mendaptkan halangan tandanya aku sudah bisa hamil. Shock sekali mendengar yang satu ini, tapi apa yang dijelaskan ibu benar adanya.

Memang membicarakan tentang menstruasi pertama saat benar-benar mengalaminya akan lebih mudah. Tapi sebenarnya sekarang para orang tua sudah bisa memulai dengan bercerita tentang mestruasi saat melihat perubahan pada fisik si anak, atau misal si anak bercerita tentang keputihan yang dia alami. Karena menurutku bercerita tentang menstruasi kepada anak sebelum dia mengalami akan sangat membantu si anak saat mengalaminya.

Bagaimana menurut kalian?



Share This Article :
Zefy Arlinda

Yuk membaca, semoga bisa memberikan nilai positif untuk semua orang.

TAMBAHKAN KOMENTAR

8803000654652570868