BLANTERVIO103

Mengatasi maag saat hamil

Mengatasi maag saat hamil
19 April 2021


Masa-masa kehamilan adalah masa-masa dimana seorang ibu harus menjaga kesehatannya, agar si buah hati dalam kandungan juga sehat dan tumbuh dengan baik.

Lalu bagaimana jika si ibu mengalami maag saat hamil?

Wah suatu hal yang baiknya ditangani segera ya. Karena tentu kita ingin si buah hati dalam kandungan tumbuh dengan baik.

Tapi tahukah kalian kalau ternyata banyak sekali ibu hamil yang merasakan gejala maag ini. Misalnya:
  • Mual muntah
  • Sendawa
  • Perut mulas dan kembung
  • Nyeri ulu hati
  • Mudah kenyang
Gelaja-gejala yang umum sekali dirasakan oleh ibu hamil bukan? Terutama pada tri semester pertama saat mengalami morning sickness.

Maag saat hamil umumnya disebabkan oleh perumahan hormon dimana hormon progesteron meningkat. Kemudian bisa disebabkan oleh perkembanan janin. Janin yang berkembang menekan lambung pada perut bagian kiri.

Hal ini menyebabkan ibu hamil mengalami gejala penyakit maag dan cepat kenyang. Padahal saat hamil tentu saja ibu hamil harus mengkonsumsi makanan begizi dalam jumlah lebih banyak dari biasa, karena ada si bayi yang juga memerlukan nutrisi.

Kejadian yang sama saat aku hamil, perutku mudah sekali kenyang. Makan sedikit sudah kenyang, belum lagi mudah sekali mual dan akhirnya malas makan. Pernah dulu pas hamil aku kan USG eh si Bu Dokter bilang "Makannya agak dibanyakin ya dan konsumsi vitamin, ini berat bayinya kurang".

Rasanya seperti disambar petir, sedih campur aduk deh. Ibu mana coba yang tidak sedih kalau berat bayi yang dikandungnya kurang dari batas normal seharusnya. Aku langsung rajin konsumsi vitamin tambahan dan memaksakan untuk makan.

Jadi bagaimana cara ibu hamil mengatasi maag saat saat hamil?

1. Caranya dengan makan sering tetapi sedikit. 
Cara ini sangat efektif lho. Jadi aku makan sedikit-sedikit, karena kan makan sedikit perut sudah terasa kenyang. Tapi tak berapa lama aku makan lagi. Biasanya kalau sedang tidak berselera dengan nasi aku makan buah.

2. Perhatikan makanan yang dikonsumsi
Hindari makanan atau minuman yang bisa memancing maag kambuh, seperti minuman bersoda, makanan pedas, makanan berminyak, minuman berkafeein dan mengandung alkohol.

3. Mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik
Contoh makanan yang mengandung probiotik adalah tempe, yogurt, keju, kimchi, natto dan banyak lagi lainnya.

4. Hentikan merokok dan hindari para perokok
Bagi ibu hamil yang dulunya erokok sebaiknya hentikan merokok. Juga jauhi para perokok agar si bayi dalma kandungan tidak menjadi perokok pasif.

Sehat-sehat selalu para bumil.


Share This Article :
Zefy Arlinda

Yuk membaca, semoga bisa memberikan nilai positif untuk semua orang.

TAMBAHKAN KOMENTAR

8803000654652570868