BLANTERVIO103

Milenial, kepoin OVO | Invest dari OVO yuk

Milenial, kepoin OVO | Invest dari OVO yuk
24 March 2021

 

Pernah tidak merasa gaji atau penghasilan kita hilang entah kemana? Gaji yang kita rasa lebih dari cukup tiba-tiba tidak bersisa.

Aku pernah banget, inilah yang aku alami. Semenjak lulus kuliah di tahun 2013 aku Alhamdulillah langsung mendapatkan pekerjaan. Aku hanya menggur selama 3 bulan dari hari wisuda. Saat itu aku masih berstatus gadis dan tinggal dengan orang tua.

Untuk ukuran Kota Bengkulu penghasilanku bisa dibilang lumayan, kalau tak salah ingat empat jutaan per bulan. Aku juga mencari tambahan penghasilan dari lain, seperti dari internet dan jualan.

Aku kan juga tinggal dengan orang tua, jadi aku belum perlu mengeluarkan uang untuk rumah dan makan sehari-hari. Aku hanya perlu mengeluarkan uang untuk beli minyak motor, pulsa dan kebutuhan haha hihi bersama sahabat.


Tapi…..

Setahun berlalu…

Aku cek buku tabungan isinya berapa juta saja, what?

Iya, hanya berapa juta saja. Padahal perasaan aku tidak boros, perasaan lho ya.

Kemana uangku hilang?

Setelah ditelusuri ternyata uangku hilang di hal-hal yang tidak penting. Seperti membeli pernak pernik jilbab atau membeli cemilan-cemilan kesukaan. Semuanya terjadi karena aku tidak melakukan pembukan keuangan dengan baik.

Ok, aku mulai melakukan pembukuan keuangan dan membagi penghasilanku ke beberapa pos. Seperti pos ngasi ortu, pos Bandar adik, pos haha hihi dengan sahabat, pos reward untuk diri sendiri dan pos tabungan. Alhamdulillah sudah ada uang di tabungan, aku memilih tidak deposito agar uangku bisa diambil kapan aku butuh.

Tapi yang namanya ditabung ya uangnya segitu-segitu saja, tidak ada perkembangan. Baru kemarin ada yang nanya kenapa tidak investasi? Hmm…..iya ya, sungguh aku dulu tidak melek dengan yang namanya investasi. 

Kenalan dengan OVO | Invest


Seorang sahabat mengenalkanku dengan OVO | Invest. Setelah mencari tahu ternyata OVO | Invest merupakan sebuah produk reksa dana pasar uang yang diluncurkan secara resmi pada tanggal pada 26 Januari 2021. Baru memang, tetapi rasanya hampir semua orang tahu dengan OVO, sebuah aplikasi pembayaran di smartphone yang sudah terkenal. 

OVO | Invest yang dihadirkan oleh OVO & Bareksa ini dikelola oleh Manulife Aset Manajemen Indonesia, bernama Manulife OVO Bareksa Likuid atau MOBLI. Merupakan terobosan terbaru di Indonesia karena mengintegrasikan e-money dan e-investment. 

Bagaimana sih cara daftarnya? 

Cara daftarnya sangat mudah, come on kita bahas step by step. 

Oh iya, sebelum masuk ke cara daftar di OVO | Invest kita bahas dulu syarat yang harus dipenuhi:

1. Pengguna harus memiliki aplikasi OVO versi terbaru. Aplikasi OVO tinggal kita download di play store atau kalau sudah ada di gadget kita tinggal pastikan kalau aplikasi sudah update.

2. Sudah harus menjadi member OVO premier. Mesti banget nih, untuk bisa berinvestasi kita harus menjadi member OVO premier. Untuk menjadi member OVO premier kita tinggal datang ke gerai OVO terdekat atau bisa mengajukan langsung di aplikasi.

3. Saldo. Tentu saja harus ada saldonya ya supaya bisa investasi. 

Jika semua syarat sudah terpenuhi barulah kita mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka aplikasi OVO dan temukan ikon/logo Invest. Logo ini ada di menu home atau kita bisa langsung ke menu finance.


2. Lakukan pendaftaran dengan mengikuti langkah yang ada. Proses verifikasi akan memakan waktu maksimal 3 hari di luar hari kerja. Kalau aku kemarin tidak sampai 1 hari kok. Aku daftarnya jam 2 pagi, terus pas cek jam 5 sorenya sudah terverifikasi.

Ini menunjukkan kita bisa mulai berinvestasi kapan saja. Contohnya aku daftarnya jam 2 pagi heheheee…


3. Investasi. Investasi dilakukan dengan membeli menggunakan OVO Cash. Buka portfolio kita dan klik Beli. Jumlah minimum investasi adalah Rp 10,000. Karena katanya minimal ivestasinya segitu aku coba Rp 10.000 kan ya, eh berhasil. Pembelian atau investasi juga bisa dilakukan kapan saja. Ini aku coba pukul 05.48 WIB eh bisa.


Proses pembelian sampai realisasi di portfolio memakan waktu maksimal 3 hari bursa (tidak termasuk akhir pekan dan hari libur). Sebagai informasi hari bursa kita mengikuti hari kerja Bursa Efek Indonesia (BEI) yaitu hari Senin – Jumat, tidak termasuk tanggal merah. Artinya kalau kalian beli di hari libur maka nanti akan diproses pada hari bursa.

Apa keunggulan OVO | Invest ?

  • Proses pendaftaran mudah dan 100% online dalam aplikasi OVO
  • Pembelian produk yang mudah dengan OVO Cash Memulai investasi dengan hanya Rp 10,000 saja
  • Bebas biaya pembelian
  • Pencairan dana ke OVO Cash yang cepat, tanpa menunggu dan tanpa biaya admin
  • Mendapatkan potensi keuntungan dari return investasi
  • Portfolio investasi dapat dipantau dan diatur kapan saja dalam aplikasi OVO. Contohnya aku yang dari awal transaksi sering lewat tengah malam dan semuanya berjalan lancar.

Bagaimana mekanisme pencairan investasi ke OVO Cash?

Tadi kan kita sudah membahas cara investasi. Nah ini waktunya membahas bagaimana kalau kita ingin mencairkan investasi kita ke OVO cash. Berikut caranya:

1. Buka menu atau portofolio  investasi

2. Pilih button Jual


3. Input nominal yang akan dicairkan. Misal kita ingin mencairkan Rp 15.000 lalu konformasi dan klik  proses pencairan.

4. Silahkan dicek, dana sudah masuk ke OVO Cash

 

Mudah ya caranya.

Kita itu mesti #GercepBiarMantep jadi menurutku pas banget untuk mulai berinvestasi di OVO | Invest secepatnya. Yuk belajar atur keuangan dengan mulai berinvestasi lewat OVO | Invest.

Oh iya, sekarang sedang ada Promo OVO | Invest lho, berlangsung dari tanggal 8-24 Maret 2021. Kita berkesempatan dapat cashback hingga Rp 100.000 OVO poins. Khusus pengguna baru ada iPhone 12 untuk 1 orang pemenang, emas batang @5 gram untuk 5 orang pemenang dan emas batang @ 1 gram untuk 20 orang pemenang. Yuk investasi. 


Share This Article :
Zefy Arlinda

Yuk membaca, semoga bisa memberikan nilai positif untuk semua orang.

TAMBAHKAN KOMENTAR

8803000654652570868