BLANTERVIO103

Kenali gejala meningitis dan tangani segera

Kenali gejala meningitis dan tangani segera
03 March 2021

Pernah tidak merasakan sakit kepala, kaku kuduk dan deman? Mungkin itu hal biasa yang sering terjadi tetapi jika disertai dengan kejang, gangguan sensorik serta gangguan prilaku bisa jadi itu adalah gejala meningitis.


Gejala meningitis

Gejala meningitis ini tergantung dari umur dan kondisi pasien. Untuk umur pembedanya adalah diatas dua tahun dan dibawah dua tahun.

Gelaja meningitis pada anak-anak dibawah dua tahun

1. Nafsu makan berkurang

2. Demam tinggi

3. Kaku pada leher

4. Gangguan tidur

5. Adanya benjolan di bagian kepala

Gelaja meningitis pada pasien dengan umur diatas dua tahun

1. Nafsu makna berkurang

2. Demam tinggi

3. Leher kaku

4. Sakit kepala berat

5. Kejang

6. Sensitif terhadap cahaya

7. Mual / muntah

8. Susah konsentrasi

9. Ada ruam


Tipe-tipe meningitis

Ternyata meningitis dapat disebabkan oleh banyak hal, diantaranya:

1. Meningitis bakterialis

Meningitis ini disebabkan oleh bakteri dan dapat menular. Yup, meningitis harus segera ditangani karena penyakit ini bisa menular dengan orang lain. Ya meski memang penularan biasanya terjadi jika terjadi kontak langsung dalam jangka waktu panjang, tetap saja hal ini harus dicegah.

Bakteri yang menyebabkan meningitis diantaranya bakteri streptococcus pneumoniae, bakteri neisseria meningitidis, haemophilus influenza, listeria monocytogenis, dan staphylococcus aureus.

2. Meningitis virus

Dengan kata lain meningitis ini disebabkan oleh virus herpes simplex, virus HIV, virus west nile, dan virus mumps. Tiap jenis virus ini memiliki pola penyebaran  dna penularan yang berbeda.

3. Meningitis jamur

Jamur yang menyebabkan terjadinya meningitis adalah jamur cryptococcus, blastomyces, histoplasma, dan coccioides. Jamur-jamur ini biasanya terdapat pada kotoran burung dan kelelawar.

4. Meningitis parasit

Umumnya parasit penyebab meningitis ini terdapat pada hasil bumi, kotoran, makanan dan hewan (siput, ikan, unggas).

Jadi ada banyak hal yang dapat menyebabkan meningitis lho.

Oalah kenapa tipa-tipa membahas meningitis ini Ze?

Kemarin seorang teman merasakan sakit kepala hebat yang disertai gejala-gejala tak biasa. Sebagai seorang teman aku ikutan bingung dan akhirnya cepat-cepat searching tentang sakit kepala yang disertai gejala tak biasanya itu. Kemudian aku menemukan artikel tentang meningitis di wesitenya halodoc.

Kebetulan gejalanya mirip dan aku menyarankan temanku untuk segera konsultasi ke dokter.

Kok bisa setelah membaca di website halodoc langsung percaya?

Ya kerena memang sejak beberapa tahun terakhir aku sering berkunjung ke websitenya halodoc untuk membaca artikel kesehatan. Bisa dibilang aku menjadikan website halodoc sebagai sumber informasi seputar dunia kesehatan.

Halodoc memang merupakan sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang melayani bidang telekonsultasi kesehatan. Lewat websitenya kita bisa mendapatkan informasi dari artikel, berkonsultasi dengan dokter terkait, membeli obat, mencari rumah sakit serta melakukan pemerikasaan laboratorium melalui smartphone, we...keren ya.

Jadi kita bisa konsultasi dengan dokter meski hanya berada di rumah saja. Apalagi masa pandemi seperti ini kan kalau bisa kita hanya ke luar rumah kalau sangat harus. Jika bisa dilakukan di rumah saja kenapa tidak. 

Untuk berkonsultasi dengan dokter melalui halodoc kita sebelumnya harus melukan registrasi atau pendaftaran di website tersebut. 

Kita tinggal klik menu login di sudut kanan atas website.


Kemudian akan muncul form pengisian data. Pertama mereka akan meminta nomor ponsel yang kita gunakan. 

Setelah itu akan muncul form konfirmasi ke nomor HP yang kita masukkan, kita akan mendapat 6 digit nomor dan tinggal kita ketikkan ke form yang tersedia.


Kemudian kita akan langsung dibawa ke halaman utama dimana status kita telah login.


Kita tinggal mengupdate data diri di menu profil. Ini juga tandanya kita sudah bisa menggunkan jasa konsultasi dengan dokter dan lainnya di Halodoc. Untuk chat dengan dokter kita tinggal kelik menu chat atau konsultasi dengan dokter terkait. Menurutku biaya yang mereka patok untuk konsultasi dengan dokter sangat terjangkau, kita bisa berkonsultasi dengan harga mulaid ari Rp 10.000,-

Semoga kita semua selalu diberkahi kesehatan, aamiin.

Share This Article :
Zefy Arlinda

Yuk membaca, semoga bisa memberikan nilai positif untuk semua orang.

TAMBAHKAN KOMENTAR

8803000654652570868