BLANTERVIO103

Buah yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil

Buah yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil
19 March 2021

 

Buah merupakan sumber vitamin yang sangat baik untuk kesehatan dan direkomendasi oleh para dokter untuk dikonsumsi. Namun, ada juga buah yang tidak boleh dimakan Ibu hamil selama proses kehamilan. Karena dengan mengonsumsi buah-buah tersebut berisiko terjadi pendarahan hingga keguguran.

Ibu hamil membutuhan rata-rata 300 kalori ekstra per hari selama masa kehamilan. Memasuki trimester kedua Ibu harus meningkatkan konsumsi protein untuk mendukung pertumbuhan janin. Begitu juga dengan konsumsi kalsium harus lebih tinggi dari biasanya untuk pertumbuhan tulang calon bayi.

Untuk itu, Ibu perlu mengetahui buah apa saja yang tidak boleh dimakan selama kehamilan agar lebih mudah untuk menyusun menu makan tiap hari.

Inilah 4 buah yang tidak boleh dimakan oleh Ibu hamil

1. Nanas

Sudah menjadi rahasia umum bahwa buah nanas ini harus dihindari saat kehamilan karena bisa menyebabkan bayi lahir cacat dan keguguran. Tapi, apa alasannya?

Nanas mengandung enzim bromelain, di mana memang bahaya bagi Ibu hamil karena bisa menyebabkan pendarahan dan keguguran. Hanya saja kandungan enzim ini dalam nanas cukup rendah dan tidak akan memengaruhi kondisi Ibu jika dikonsumsi dengan porsi yang sedikit.

2. Pepaya

Pepaya terkenal karena manis, juicy dan bisa melancarkan pencernaan. Tapi, dalam kehamilan yang perlu dihindari adalah pepaya muda yang masih berwarna hijau.

Kenapa?

Pepaya muda mengandung lateks yang bisa menyebabkan kontraksi dini juga keguguran, selain itu lateks bisa memicu alergi. Tak hanya lateks, ada juga papain yang ternyata bisa memicu kontraksi dini.

Namun, pepaya yang sudah matang (kulitnya berwarna kuning), bisa dikonsumsi karena penting saat kehamilan. Pepaya matang mengandung banyak folat, serat, beta karoten, vitamin A, B dan C.

3. Anggur

Anggur mengandung resveratol yang bisa menyebabkan hormon tidak stabil. Masa kehamilan membuat Ibu lebih sensitif karena adanya perubahan hormon, dengan mengonsumsi anggur bisa menggangu hormon dalam tubuh.

Selain itu, untuk merawat anggur perlu menyemprotkan pestisida, oleh karena itu kulit anggur pun mengandung pestisida yang berbahaya bagi kesehatan. Walaupun sudah dicuci, kadang kala sisa pestisida masih tersisa.

Dan anggur juga bisa menyebabkan masalah konstipasi karena kulitnya tidak bisa dicerna dengan baik.

4. Kurma

Kurma secar umum sangat baik untuk kesehatan. Hanya saja mengonsumsi kurma dalam porsi besar bisa menyebabkan naiknya gula darah, diabetes gestasional karena kurma mengandung kadar gula yang tinggi dan juga bisa menambah berat badan di atas rata-rata.

5. Nangka

Untuk Ibu yang ada riwayat diabetes sebaiknya menghindari dulu. Dan Ibu tidak boleh mengonsumsi nangka matang dalam porsi besar karena mengandung alkohol yang tidak baik untuk kesehatan.

Selama kehamilan, Ibu harus bisa memperhatikan lagi apa yang akan dimakan. Buah-buah di atas masih bisa dikonsumsi dengan catatan dalam jumlah yang sedikit saja apabila sudah pengin banget.

Semoga sehat selalu ya, Ibu.

 

Share This Article :
Zefy Arlinda

Yuk membaca, semoga bisa memberikan nilai positif untuk semua orang.

TAMBAHKAN KOMENTAR

8803000654652570868