BLANTERVIO103

Penuhi Kebutuhan Serat Harian Dengan Tepat

Penuhi Kebutuhan Serat Harian Dengan Tepat
06 January 2021

 

Sebagian orang sudah paham kalau mereka memerlukan makanan berserat. Hanya saja hanya sedikit yang mengetahui apakah makanan yang dikonsusmsi mengandung serat atau tidak. Secara alami serat ada pada tanaman, ada serat yang larut dalam air dan ada yang tidak larut dalam air. 

Serat alami larut air yang biasa dikonsumsi berasal dari buah, oat, jelai, guar gum, sayur, dan rumput laut atau agar-agar. Sedangkan serat tidak larut air terdapat pada biji-bijian, gandum, dan sayuran seperti bayam. Nah, biasanya serat akan cepat melalui usus karena tidak bisa diolah.

Pada manusia kebutuhan serat harian sangatlah penting untuk menjaga kondisi sistem pencernaan berjalan dengan sempurna. Karena jika terjadi masalah dengan sistem pencernaan maka bisa dipasikan ada sesuatu yang tidak beres pada tubuh. Contohnya dengan mengalami susah buang air besar (BAB).

kebutuhan serat harian

Manfaat Konsumsi Makanan Mengandung Serat untuk Kesehatan

Badan kita memerlukan serat untuk membantu pencernaan berjalan secara baik, membantu menurunkan kandungan kolesterol, dan menahan konstipasi. Orang yang mengkonsumsi makanan cukup serat memiliki resiko lebih rendah terserang stroke, penyakit jantung, diabetes tipe 2, kanker usus, dan kanker pankreas. 

Untuk kalian yang sedang menjalankan diet, konsumsi makanan kaya serat dipercaya bisa menurunkan dan berat badan, sebab makanan memiliki serat membuat kita cepat merasa kenyang. Wanita dianjurkan mengkonsumsi minimal 21-25 gr serat setiap hari, sedangkan pria dianjurkan mengkonsumsi 30-38 gr satu hari.  

Rata-rata anak umur 1 sampai 3 tahun memerlukan serat sekitar 16 gr setiap hari. Sedangkan anak umur 4 sampai 10 tahun memerlukan serat sekitar sekitar 20 sampai 25 mg setiap hari. Serta remaja memerlukan minimal 30-35 gr serat setiap hari. Eh tapi, bagaimana memprediksi angka ini di saat konsumsi makanan?

Daftar Makanan yang Memiliki Kandungan Serat Alami

Ada beberapa sumber serat alami yang biasa kita temukan dis ekitar kita yang bisa memenuhi kebutuhan serat tubuh. Berikut beberapa sumber serat alami berdasarkan macamnya:

Sayur dan Buah

Sayur yang banyak mengandung serat diantaranya ialah selada, lobak, wortel mentah, bayam, jamur, labu, asparagus, kentang, brokoli, brokoli, dan kacang panjang. Buah yang memiliki kandungan banyak serat diantaranya ialah buah jeruk, apel, pisang, buah pir, mangga, nangka, buah persik, sukun, srikaya, buah berry, dan buah ara.

kebutuhan serat harian

Biji-bijian Utuh 

Makanan yang mengandung biji-bijian utuh bisa ditemukan pada pasta atau roti serta makanan lain yang biasanya memiliki label bijian utuh (whole grain). Nah, beras merah dan sereal seperti oatmeal juga termasuk makanan berserat tinggi. Biji-bijian bisa membantu meningkatkan serat dalam tubuh. Jadi kita dianjurkan untuk mengkonsumsi biji-bijian utuh agar serat harian dapat tercukupi.

kebutuhan serat harian

Kacang-kacangan

Tipe kacang-kacangan yang kaya serat diantaranya ialah lentil, kacang hitam, kacang polong, kacang merah, buncis, biji bunga matahari, kacang almond, dan pistachio.

kebutuhan serat harian

Penuhi Kebutuhan Serat Harian

Beberapa cara mudah ini bisa menolong kita memenuhi keperluan serat harian, diantaranya:

  • Pada anak, kita dapat memberi susu anak tinggi serat untuk membantu lengkapi keperluan seratnya.
  • Jauhi konsumsi satu tipe makanan yang serupa. Konsumsi bermacam tipe makanan berlainan membuat keperluan akan serat lebih berkesempatan untuk tercukupi.
  • Sebisa mungkin  konsumsi buah dan beberapa macam sayur dan kulitnya.
  • Coba tukar cemilan anda dengan buah segar atau kacang yang tidak mengandung garam atau gula.
  • Ketika mau konsumsi makanan kemasan,  cek kandungan serat yang tertera pada merek paket.

Bila mempunyai anak yang suka makan jajanan yang kurang sehat, ajari dia untuk menukar makanannya dengan beberapa makanan tinggi serat di atas. Ajarkan mengkonsumsi makanan tinggi serat sejak dini. Sebab bila tidak, hal ini dapat memacu pola hidup jelek kelak saat anak sudah dewasa.

Kesimpulan

Walaupun serat bagus untuk badan, tetapi konsumsi terlalu banyak serat secara bersamaan bisa mengakibatkan perut jadi kembung. Disamping itu, mengonsumsi makanan memiliki serat tanpa dibarengi minum air putih yang cukup malah bisa mengakibatkan konstipasi makin bertambah kronis. 

Jadi, usahakan untuk menyamakan konsumsi makanan setiap hari untuk memberikan dukungan mekanisme pencernaan yang sehat. Bila Anda mempunyai keadaan kesehatan spesial, tanyakan kepada dokter nutrisi berkenaan makanan memiliki serat apa yang dapat anda konsumsi. Jangan lupa untuk selalu menerapkan pola hidup sehat dan istirahat yang cukup agar kondisi badan akan selalu baik setiap harinya.

Share This Article :
Zefy Arlinda

Yuk membaca, semoga bisa memberikan nilai positif untuk semua orang.

TAMBAHKAN KOMENTAR

8803000654652570868