BLANTERVIO103

Cara Membedakan Perhiasan Berlian Asli atau Palsu

 Cara Membedakan Perhiasan Berlian Asli atau Palsu
25 December 2020
Diamond

Berlian merupakan sebuah barang berharga yang nilainya sangat tinggi. Harga berlian boleh dikatakan lebih tinggi dari harga emas. Hal ini dapat terjadi karena perhiasan berlian memiliki tingkat kekerasan yang sangat tinggi dan bentuk yang sangat menawan.

Ciri Berlian Yang Asli

Di jaman modern seperti sekarang ini, berlian dapat dibentuk dengan berbagai cara dan bahan sehingga sangat mirip seperti yang asli. Oleh karena itu untuk mengetahui apakah berlian tersebut asli atau palsu, berikut ini cara mengetahuinya :

1. Sulit Retak

Karena berlian terbentuk dari panas dan tekanan tinggi dari alam, maka berlian menjadi sangat keras dan sulit untuk retak. Bisa retak, namun diperlukan kekuatan yang sangat luar biasa lebih dari 10 Mohs. Jika retak hanya dengan pukulan ringan biasa berarti berlian tersebut palsu.

2. Sulit Tergores

Tes gores juga merupakan salah satu cara untuk membedakan berlian asli atau palsu. Jika saat tes dengan menggoreskan kaca berlian yang akan kita beli tergores, maka sudah dapat dipastikan berlian tersebut palsu.

3. Tidak Semua Warna Berlian Bisa Ditiru

Ada salah satu warna dari 5 warna yang memiliki harga sangat mahal karena sangat langka yaitu berlian merah. Jika dihitung menggunakan mata uang dollar maka per karatnya mencapai ribuan dollar.

4. Memantulkan Cahaya Dengan Baik

Berlian dapat memantulkan cahaya dengan baik karena bentuknya yang sangat sempurna dan zat yang ada di dalamnya. Karena hal itu juga yang membuat berlian hanya memantulkan cahaya abu-abu saja. Jika berlian yang hendak kita beli dapat memantulkan berbagai warna cahaya, maka berlian tersebut palsu. 

5. Tidak Dapat Merefleksikan Bentuk Seperti Cermin

Berlian tidak dapat bertindak seperti cermin yang mampu merefleksikan bentuk dengan sempurna. Jadi jika kita menggunakan berlian untuk bercermin dan terlihat sempurna, maka berlian tersebut palsu.

6. Tidak Berkabut

Ini merupakan tes kemampuan alami dari berlian asli. Berlian asli memiliki sifat penghantar panas yang sangat cepat, sehingga saat kita menghembuskan nafas kita yang panas. Kabut yang muncul di permukaan berlian hanya sebentar saja. Berbeda dengan berlian palsu, jika kita hembuskan nafas kita ke berlian palsu maka akan lama berkabut.

7. Sulit Panas

Inilah yang menyebabkan sulitnya menghancurkan berlian. Memerlukan panas yang sangat tinggi untuk menghancurkan berlian. Jika berlian terbentuk dari suhu panas 2000 fahrenhait atau sekitar 1.100 derajat celcius, maka diperlukan panas melebihi panas tersebut.

8. Tidak Dapat Mengapung

Berlian memiliki massa jenis yang sangat tinggi, jika berlian berukuran kecil seukuran mata cincin kita masukkan ke dalam segelas air. Berlian asli akan tenggelam dan tidak mengapung di permukaan air gelas.

9. Toleransi Tinggi Terhadap Perubahan Suhu

Jika benda lain setelah menerima panas tinggi kemudian diberikan suhu dingin akan rusak atau retak tidak demikian dengan berlian yang asli. Perubahan suhu panas ke dingin dengan cepat tidak akan merusak berlian karena berlian memiliki kemampuan penghantar suhu yang sangat baik ke segala sisinya.

10. Memiliki Sertifikat

Perhiasan berlian asli selalu disertai dengan sertifikat GIA, AGS, EGL, IGI dan HRD.

Itulah tadi informasi mengenai cara membedakan berlian asli atau palsu. Jika kita kesulitan untuk membedakannya, maka langkah termudah adalah membeli perhiasan berlian di toko yang sudah terjamin kualitasnya seperti passion jewelry dengan alamat website passionjewelry.co.id. Semoga informasi ini dapat berguna bagi kita sehingga terhindar dari tindakan penipuan.

Share This Article :
Zefy Arlinda

Yuk membaca, semoga bisa memberikan nilai positif untuk semua orang.

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 14 komentar:

  1. Memang harus pandai dalam membedakan mana yang asli dan tidak. Kalau ga lebih memperhatikan bisa bisa merugikan diri sendiri ya mba. Thanks atas tips dalam memilih perhiasan berliannya mba.

    ReplyDelete
  2. Waah baru tau, klo ngaca di berlian justru pantulannya gaboleh sempurna yaa, krn klo iya itu malah ketauan bukan berlian beneran, tapitwpi kaca yah.

    ReplyDelete
  3. Nah..paling mudah ngecek dengan cara no 10 yaitu bersertifikat / tidak ya..karena kalau dibakar / dipukul-pukul mungkin yg jual gak mengizinkan hehe..

    ReplyDelete
  4. Wow baru tau kalau berlian merah harganya sampai ribuan dollar per karat mantap ya..saking langkanya ya mungkin?

    ReplyDelete
  5. Ngomongin berlian jadi ingat cincin nikah hehe, memang gak main2 ya banyak cara untuk mengetes keasliannya

    ReplyDelete
  6. Nah ini info penting nih buat perempuan terutama jadi jangan senang dulu ya kalau ada yang kasih berlian. Hehe

    ReplyDelete
  7. Wah bermanfaat sekali, terutama bagi orang awam seperti saya. Sangat sulit membedakan barang berharga, apalagi kalau sengaja dimanipulasi org yg paham dg berlian.

    ReplyDelete
  8. Aku sering liat di pilem2 holiwud tu kalau ngetes ada kek diterawang sampek digigit haha
    tapi bener keahlian kek gtu butuh sertifikasi ya bisa jd lahan pekerjaan jg

    ReplyDelete
  9. Postingannya bermanfaat ka' terlebih bagi yang membutuhkan rekomendasi tempat membeli perhiasan ataupun berlian yang teruji kualitasnya

    ReplyDelete
  10. Baiklah... walau belum pernah sekalipun melihat berlian yang asli, tapi di film2 sering, karena inceran para penjahat, plus suka jadi alat penjahat memecahkan kaca dngan menggoresnya tanpa kaca pecah berkeping2. hihi.. memang karena kualitasnya jadi inceran bahkan jadi alat. Tapi beneran ga ya berlian bisa kayak cutter gitu ke kaca?

    ReplyDelete
  11. Aku belum pernah sih nyentuh atau ngelihat berlian secara langsung. Tapi melalui ulasan Mbaknya, gilaaaaaa, pantes aja sih berlian termasuk perhiasan mahal. Lha wong kualitasnya itu lho.

    Kalau udah ahli, pasti katam bgt bedain yang palsu dan asli hehehe

    ReplyDelete
  12. kalo kita cukup pengetahuan tentang berbagai barang berharga...jadi gak mudah ketipu nih...Apalagi kalo udah menyangkut keaslian barang termasuk berlian ya...

    ReplyDelete
  13. Huwaaa nambah ilmu mengenali berlian nih, tapi aku belum pernah pegang berlian asli mba. Dengan ini jadi bisa membayangkan ya, dan tahu yang asli dan palsu makasih mba Zarli.

    ReplyDelete
  14. Wah bermanfaat banget nih infonya Aku selama ini persepsinya ternyata salah. Kirain berlian itu malah lebih bagus dari cermin pantulannya, ternyata tidak ya. Seumur-umur belum pernah lihat berlian secara langsung. Kayaknya auto kaya deh kalau punya dirumah 😊

    ReplyDelete
8803000654652570868