BLANTERVIO103

8 Manfaat Sayur Selada Air Dan Resep Masak Tumis Selada Air

8 Manfaat Sayur Selada Air Dan Resep Masak Tumis Selada Air
12 December 2020
Selada Air

Mungkin tak banyak orang yang familiar dengan sayuran selada air. Biasanya di pasar pun selada air tidak dijual sebanyak sayuran yang lebih umum seperti bayam atau kangkung. Sayuran dengan daun kecil berwarna hijau ini biasanya diolah menjadi tumis, gulai, pecel, atau bahkan sebagai garnish di steak yang biasa Kamu makan.

Biasanya sih di Barat sana mereka lebih mengenal selada air yang masih muda atau kecil dan dikenal dengan baby water cress. Nah, baby water cress ini yang sering dipakai untuk campuran salad atau garnish makanan.

Nutrisi Dalam Sayur Selada Air

Jika sayur selada biasanya dikenal dengan ukuran daun lebar yang berwarna hijau muda, maka daun selada air ini memiliki diameter daun yang lebih kecil dengan warna hijau tua. Sama halnya dengan jenis sayuran lain yang menyimpan segudang khasiat baik, Kamu juga bisa memperoleh manfaat selada air ini.

Selada air dilengkapi dengan berbagai nutrisi penting yang akan semakin menambah kecukupan zat gizi dalam tubuh. Menguti dari Data Komposisi Pangan Indonesia milik Kementerian Kesehatan RI, dalam 100 gram (gr) daun selada dapat menyumbang sebanyak 17 kalori energi, 2,2, gr karbohidrat, 3,1 gr protein, dan 0,7 gr serat.

Bukan cuma sebatas itu aja lho, Kamu tentu akan memperoleh beragam vitamin dan mineral saat makan sayuran selada yang satu ini. Mineral seperti kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, tembaga, seng dan tambahan vitamin B, vitamin C, serta vitamin K turut membuat daun selada ini semakin kaya nutrisi.

Jadi mulai sekarang, jangan ragu lagi untuk makan daun selada air yang tidak hanya segar tapi juga menyehatkan tubuh ini. Selain terkenal kaya akan serat, selada air ternyata mengandung banyak manfaat sehat seperti di bawah ini.

Manfaat Sayur Selada Air

1. Memelihara Kesehatan Mata

Selada air kaya akan lutein, zat antioksidan yang baik untuk kesehatan mata. Lutein bersama dengan zeaxanthin membantu melindungi dan memelihara sel sehat mata. Secangkir selada air mengandung 1961 mcg lutein dan zeaxanthin.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Selada yang satu ini faktanya mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang disinyalir mampu memperkuat dan mempertahankan fungsi tulang. Mulai dari vitamin K, kalsium, magnesium, kalium, hingga fosfor.

Vitamin K bertugas untuk mempercepat penyerapan kalsium, mengurangi ekskresi kalsium dalam urin, serta sebagai salah satu komponen osteocalcin yang merupakan protein pembentuk jaringan tulang sehat. Ditambah dengan peran dari mineral lainnya yang semakin memperkuat kemampuan dan kesehatan tulang sebagai anggota gerak tubuh.

Selada Air

3. Menurunkan Hipertensi

Mirip dengan bit dan sayuran hijau lainnya, selada air mengandung nitrat yang tinggi. Nitrat sendiri berfungsi untuk menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

4. Mengontrol Diabetes

Penderita diabetes sangat disarankan untuk rajin makan selada air sebab kandungan serat di dalamnya dapat mengaktifkan kerja insulin dan menurunkan kadar gula darah yang tinggi.

5. Mempercantik Kulit

Selada air adalah sayuran yang kaya zat antioksidan. Kandungan mineral bersama dengan vitamin C di dalamnya bisa menghilangkan racun dan mempercantik kulit.

Sebuah penelitian di tahun 2012 menemukan bahwa 10 dari 11 wanita yang rajin makan selada air memiliki kondisi kulit yang cantik dan sehat. Keren kan.

6. Mencegah Kanker

Selada air merupakan sayuran yang mengandung phenylethyl isothiocyanate atau PEITC. Sebuah penelitian di tahun 2015 menemukan bahwa PEITC memiliki kemampuan untuk mengganti sel pembuluh darah yang rusak sehingga sel tumor tidak dapat mengakses suplai darah dan berkembang biak menjadi kanker.

7. Menurunkan Kolesterol

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa makan selada air bisa menurunkan kolesterol jahat sebanyak 49% dan mengangkat kolesterol baik sebesar 16%.

8. Melindungi Kesehatan Jantung

Berbagai nutrisi penting dalam sayur-sayuran diyakini bagus untuk menjaga kesehatan jantung, tak terkecuali dengan selada air. Beta karoten, zeaxanthin, dan lutein adalah beberapa senyawa antioksidan keluarga karotenoid yang terkandung dalam selada air.

Konsumsi ketiga senyawa ini kerap kali dihubungkan dengan pencegahan penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Lebih dari itu, jumlah senyawa karotenoid yang tinggi juga bisa menurunkan risiko serangan jantung dan stroke, menurut Mediators of Inflammation Journal. Untuk Kamu yang sedang berusaha untuk menjaga kesehatan jantung, jenis selada yang satu ini bisa menjadi pilihan makanan yang tepat karena biasa membantu menurunkan kolesterol tubuh, yang secara langsung memengaruhi fungsi jantung.

Resep Tumis Selada Air Murah, Mudah dan Enak

Dibawah ini adalah salah satu resep favorit keluarga untuk konsumsi sayur selada air. Rasanya enak, prose masaknya cepat dan hemat biaya dapur tentunya. Yuk cek langsung resepnya.

Share This Article :
Zefy Arlinda

Yuk membaca, semoga bisa memberikan nilai positif untuk semua orang.

TAMBAHKAN KOMENTAR

8803000654652570868