BLANTERVIO103

8 Manfaat Sayur Pakis Untuk Tubuh Dan Resep Masak Sayur Pakis Spesial

8 Manfaat Sayur Pakis Untuk Tubuh Dan Resep Masak Sayur Pakis Spesial
13 December 2020
Pakis

Sayur pakis bisa dikenali dengan mudah dari bentuknya yang melingkar. Mengolahnya pun mudah bisa ditumis, dimasukkan dalam sup, atau ikut diolah dalam pasta. Tanaman yang juga dikenal dengan nama fiddlehead ferns ini menghasilkan daun berbentuk melingkar.

Pakis merupakan jenis tanaman yang termasuk ke dalam tanaman paku. Pakis ini merupakan jenis tanaman yang hidup berkelompok. Selain itu, pakis juga mudah sekali di budidaya, dan sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Kandungan Nutrisi Dalam Sayur Pakis

Kandungan nutrisi dari sayur pakis adalah:
  • Kalori: 40
  • Karbohidrat: 6 gram
  • Potasium: 370 mg
  • Vitamin A: 80% AKG
  • Vitamin C: 50% AKG
  • Kalsium: 4%
  • Zat besi: 8%
  • Serat: 25 gram
Dilansir dari Healthy Focus, sayur pakis ternyata memiliki banyak sekali kandungan gizi dan manfaat yang sangat baik bagi tubuh.

Berikut merupakan manfaat sayuran pakis bagi kesehatan tubuh:

Manfaat Sayur Pakis Bagi Tubuh

1. Menjaga Kepadatan Tulang

Manfaat sayur pakis lainnya datang dari mineral berupa mangan yang menjadi stimulus enzim penguat tulang. Tak hanya itu, mangan juga membantu menjaga kepadatan tulang. Ini penting untuk mencegah terjadinya osteoporosis terutama pada orang lansia.

Lebih jauh lagi, mangan juga membantu mengendalikan metabolisme tubuh dan menyeimbangkan kadar gula dalam darah. Bonusnya, fungsi tiroid juga terkendali sehingga tubuh semakin bugar.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sayur pakis kaya akan antioksidan, seperti vitamin A dan vitamin C. Jadi, menambahkan sayur pakis ke dalam menu diet harian, dapat membantu dan melindungi tubuh kita dari infeksi.

Antioksidan ini juga membantu melindungi tubuh kita dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dapat menyebabkan kanker dan penuaan.

3. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Karena kandungan niasin dan kaliumnya, makan sayur pakis secara teratur dapat melindungi jantung dan menurunkan jumlah kolesterol dalam tubuh.

Selain itu, sayur pakis juga baik untuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi peluang kita terkena stroke, serangan jantung, dan penyakit jantung lainnya.

Sayuran Pakis

4. Kaya Potasium

Sayur pakis juga merupakan sumber potasium yang dapat menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan fungsi elektrolit. Lebih jauh lagi, potasium juga bermanfaat untuk kekuatan otot, mencegah terjadinya kram, dan juga menjaga kesehatan tulang.

5. Menjaga Kadar Gula Darah

Sayur pakis merupakan sayuran yang mengandung mangan. Mangan dapat membantu mengatur fungsi tiroid serta menjaga kadar gula darah.

6. Meningkatkan Sel Darah Merah

Sayur pakis kaya akan zat besi, jadi mengonsumsi sayur pakis dapat membantu menjaga jumlah sel darah merah, melindungi dari anemia dan membuat darah kita kaya oksigen.

7. Kaya Omega 3

Sayur pakis kaya akan asam lemak omega 3 yang bisa mencegah kanker dan Alzheimer. Tak hanya itu, substansi omega 3 juga membantu mencegah peradangan, meningkatkan kekebalan tubuh, serta membuat kondisi kulit dan rambut semakin baik.

8. Menjaga Kesehatan Mata

Sayur pakis mengandung sejumlah besar vitamin A yang membantu melindungi penglihatan dan bahkan meningkatkan kesehatan penglihatan kita. Sayur pakis juga dapat melindungi mata dari degenerasi makula seiring bertambahnya usia.

Resep Masak Tumis Sayur Pakis Spesial

Berikut ini adalah video masak resep sayur pakis spesial bisa disajikan di beberapa acara atau di rumah. Yuk langsung aja cek resepnya.

Share This Article :
Zefy Arlinda

Yuk membaca, semoga bisa memberikan nilai positif untuk semua orang.

TAMBAHKAN KOMENTAR

8803000654652570868