BLANTERVIO103

Manfaat Sirih Cina Untuk Kulit yang Viral di Tiktok

Manfaat Sirih Cina Untuk Kulit yang Viral di Tiktok
05 November 2020

Siapa hayo yang suka tiktokan? Bagi yang suka main tiktok kayaknya bakalan kenal dengan tumbuhan liar satu ini. Beberapa saat yang lau sering wara-wiri di tiktok ku karena masuk FYP. Dalam hati bilang, nah jadi tenar nih rumput haha.

Iya, jadi nih tumbuhan namanya Sirih Cina. Beberapa waktu yang lalu virak di tiktok karena banyak yang menjadikan si sirih cina sebagai masker dan katanya berhasil, waw! Padahal dulu sirh cina sering dicuekin kan ya.

Manfaat Sirih Cina yang Viral di Tiktok

Kenalan dulu yuk dengan sirih cina

Sirih cina memiliki nama latin Paperomia Pellucida. Masyarakat kita banyak juga mengenalnya dengan nama tumpang air, tumpang angin atau suruhan. Tanaman ini biasanya mudah ditemukan di tempat-tempat yang lembab, sering kali kita temukan di pinggir sungai, pinggir siring dan dekat rumah. Sirih cina mengandung tanin, alkaloid, minyak atsiri, kalsium oksalat, dan lemak.

Sebenarnya dari dulu tanaman sirih cina sudah terkenal memiliki banyak khasiat. Ingat dengan ayahku, beliau dulu suka sekali melalap daun sirih cina ini. Sering sekali beliau membawanya sepulang mengajar, katanya banyak tumbuh di jalan menuju sekolah.

Ayah mengkonsusmsi sirih cina karena katanya bagus untuk membuat badan tetap fit dan mengobati beragam penyakit. Kalau aku sih jujur meski ayah sering bawa pulang ke rumah aku belum pernah cicip. Singatku hanya ayah yang konsusmsi sirih cina di rumah. Tapi betul lho, ayah jarang sekali sakit.

Pernah juga aku melihat seorang teman di instagram menjadikan tanaman ini campuran membuat lotek, iya sebagai sayur begitu. Daun sirih cinanya direbus dan dicampur dengan sayuran yang lain, kemudian disiram deh dengan kuah lotek. Katanya enak, ada sedikit rasa pedas-pedasnya. Aku lihat di youtube ada juga yang menumisnya, hmm...kayaknya suatu saat aku mesti coba juga.

Sekarang sirih cina juga mulai dikomersikan. Kemarin iseng ketik di market place, eh ternyata sudah banyak yang jual lho.


Manfaat Sirih Cina

Lalu apa saja manfaat sirih cina?

Setelah mencari tahu ternyata manfaat si sirih cina banyak sekali lho, diantaranya:

1. Mengurangi nyeri pada tubuh

2. Mengobati bisul

3. Mengobati Jerawat

4. Mengobati komedo

5. Mengobati abses

6. Mengobati radang kulit

7. Mengobati luka bakar

8. Mengatasi tekanan darah tinggi

9. Menyembuhkan patah tulang

10. Mencegah penyakit jantung

11. Mengobati bengkak

12. Mengatasi penyakit ginjal

13. Mengobati sakit perut

14. Meredakan sakit kepala

15. mengobati gangguan kemih

16. Mengobati pegal-pegal

Wah banyak ya khasiatnya. Tapi si sirih cina kurang baik untuk ibu hamil.

Kalau yang virak di tiktok beberapa waktu lalu adalah pengobatan untuk kulit. Banyak yang membuat video bahwa jerawat dan komedonya sembuhs etelah menggunakan masker sirih cina secara rutin. Meski ada pula yang mengatakan kalau tidak coock saat menggunakan sirih cina sebagai masker.

Kayaknya bagi yang tertarik menggunakan sirih cina untuk wajah bisa konsultasikan dulu ke dokter atau orang yang paham deh. Meski secara pribadi sebenarnya tidak apa kalau mau mencoba, karena ini kan tanaman herbal yang bahkan biasa dimakan, meski tak cocok hasilnya tidak akan parah-parah amat, CMIIW.

Kalian pernah makan atau menggunakan sirih cina?



Share This Article :
Zefy Arlinda

Yuk membaca, semoga bisa memberikan nilai positif untuk semua orang.

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 14 komentar:

  1. Wah itu nama tumbuhannya sirih cina ya. Di tempatku ada juga ini tapi tidak tahu namanya. Khasiatnya mantap jiwa, ada banyak sekali. Boleh dicoba nih hiar dapat semua khasiatnya.

    ReplyDelete
  2. Aku baru tahu lho ada tanaman yang namanya sirih Cina. Di halaman belakang adanya sirih biasa yang suka dipake mbah-mbah buat 'nginang' sama sirih hitam.

    ReplyDelete
  3. Ternyata tanaman ini namanya sirih cina ya, banyak sih ditemukan di sekitar rumah, Sesekali boleh lah cobain dengan dosis sedikit.

    ReplyDelete
  4. betul kaka , ini fyp dong hihi , dan aku baru tahu juga lho ada sirih cina hehe ,beberapa netijen memang ada yang engga cocok , saran bagusnya tnya dokter ka

    ReplyDelete
  5. Peperomia Pellucida itu disebut Sirih Cina to. Dulu aku buat masak-masakan, gak dimakan karena kuanggap liar. Pas kapan hari ada teman yang nyebut buat pengobatan, baru deh tahu

    ReplyDelete
  6. Wah, iya, saya jadi ingat kalau punya draft tentang sirih cina ini. Lupa taruh di mana karena masih di MWord, dan sudah 2 tahun lalu.
    Iya, banyak banget manfaatnya. Tapi beberapa termasuk overclaim, sih

    ReplyDelete
  7. Aku baru tahu kalau tumbuhan ini dinamakan sirih cina, dulu pas kecil sering main daunnya buat masak2an eh ternyata bs dikonsumsi juga ya? Hihi. Manfaatnya jg ternyata banyak, aku blm pernah coba sih kl buat perawatan

    ReplyDelete
  8. manfaatnya sangat banyak ya kak. Aku malah tahunya cuman buat tanaman hias aja hehehe karena banyak yang suka berkebuh. tinggal diatur bagaimana pengolahannya saja

    ReplyDelete
  9. baru tau aku ada sirih cina ya. Taunya petai cina. Tapi bermanfaat banget yak ternyata.

    ReplyDelete
  10. Aku baru dengar sirih cina kirain semua sirih ya sama aja dan berkhasiat utk area kewanitaan hehe
    Ternyata bagus ya buat kulit.
    Eh kalau menyembuhkan patah tulang tu gmn caranya ya? Jd obat dimakan atau dibalurkan atau gmn?

    ReplyDelete
  11. Aku baru tau tentang sirih cina ini, tapi kok kayanya mirip sm rerumputan yang tumbuh depan rumahku, besok aku mau cocokin ah apa bener yg tumbuh liar depan rumah ini sirih cina. Bagus banget ya

    ReplyDelete
  12. Mbak aku dulu pernah buat keripik dari sirih ini, mbak. prosesnya panjang sih, sampai rasa sirihnya jadi agak hilang
    Kalau emakku sampai sekarang masih gunain sirih cina ini utk kesehatan mata beliau

    ReplyDelete
  13. Banyak kebaikan dan manfaat yang diperoleh jika kita mengambilnya dari alam yaa..
    Aku pingin banget koleksi sirih. Karena jenisnya yang beragam dan manfaatnya untuk wanita (khususnya) sungguh bagus sekali.

    ReplyDelete
  14. Aku baru denger sirih cina buat jerawat dan komedo nih. Apa perlu kucoba juga ya? Anyway ini beda dengan daun sirih biasa ya? Kalo yg biasa kan buat antiseptik gitu. Buat cebok, sama buat mimisan juga bisa.

    ReplyDelete
8803000654652570868