BLANTERVIO103

Manfaat Dan Resep Masak Labu Parang

Manfaat Dan Resep Masak Labu Parang
26 November 2020
labu parang kuning
Berbeda dengan labu siam, bisa dibilang penggunaan labu parang untuk kebutuhan masak-memasak memang tidak begitu populer. Nah, apabila sebelumnya Kamu hanya mengenal labu parang kuning ini sebagai campuran es buah dan minuman dingin saja, tentu saja anggapan itu salah. Khasiat labu parang yang juga disebut dengan nama labu kuning ini juga ternyata ada banyak sekali, ditambah labu parang juga memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan bayi. 

Selain itu, labu parang muda yang berwarna hijau enak banget untuk dimasak sebagai lauk lho. Rasa manis alaminya menambah rasa umami ke setiap masakan yang disajikan, serta teksturnya yang lembur membuat labu parang hijau mudah untuk dicerna tubuh.

Penggunaan labu parang sebagai olahan makanan bayi atau MPASI tentu tidak lain karena pertimbangan nutrisi yang dikandungnya. Bahkan, kandungan tersebut terbilang baik untuk tumbuh kembang si kecil. Labu parang juga memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan anak-anak dan dewasa lho. Berikut dibawah ini manfaat-manfaat labu parang:

Khasiat Labu Parang

1. Kaya Nutrisi Penting

Salah satu asupan makanan yang bisa memenuhi nutrisi, vitamin, dan mineral penting bagi anak dan anggota keluarga yaitu labu parang, baik itu labu parang kuning atau labu parang hijau. Tidak heran jika buah yang satu ini kerap dijadikan menu MPASI untuk memenuhi kebutuhan asupan tubuh. Dibawah nanti ada juga resep masak labu parang hijau lho.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Kebanyakan orang mungkin masih beranggapan sumber vitamin A terbaik untuk menjaga kesehatan mata hanya bisa didapatkan dari wortel saja. Anggapan ini tentu keliru, karena banyak sayuran dan buah lainnya yang kaya akan vitamin tersebut.

Walaupun vitamin A pada wortel dikenal efektif, namun jika Kamu menyuguhkannya secara terus menerus, tentu saja akan merasa bosan. Sebagai alternatif, Kamu bisa memberinya labu parang. Sama halnya dengan wortel, labu parang juga kaya akan vitamin A yang baik untuk melindungi kesehatan mata.

3. Kaya Antioksidan

Sama seperti wortel, labu parang tidak hanya kaya akan vitamin A saja, tapi juga kaya akan beta-karoten dan antioksidan. Kandungan tersebut dipercaya bisa mengurangi oxidative stress pada beberapa organ tubuh. Selain itu, antioksidan juga berperan efektif melindungi tubuh dari paparan radikal bebas.

4. Mengoptimalkan Perkembangan Tulang

Selama masa pertumbuhan, tentunya si kecil membutuhkan asupan yang bisa mendukung pertumbuhan tulang mereka. Salah satu sumber asupan yang baik untuk pertumbuhan tersebut yaitu labu parang. Pasalnya, buah ini kaya akan kalsium dan magnesium. Kedua mineral tersebut memang dikenal sebagai penunjang pertumbuhan dan kesehatan tulang.

potongan labu parang kuning

5. Menunjang Perkembangan Otak dan Keseimbangan Hormon

Tidak hanya fisik yang sehat, perkembangan otak juga perlu didukung dengan baik. Salah satu caranya yaitu melalui asupan makanan yang sehat dan bergizi. Untuk mendukung hal tersebut, Kamu bisa memasukkan labu parang dalam menu makanan anggota keluarga. Karena buah ini kaya akan fosfor, maka hal itu bisa membantu menunjang perkembangan otak dan keseimbangan hormon mereka.

6. Melancarkan Pencernaan

Selain timun suri, labu parang terutama labu parang kuning juga kerap dijadikan es buah ataupun kolak saat bulan puasa tiba. Bukan tanpa alasan, dipilihnya buah ini sebagai olahan tersebut tentunya karena buah ini merupakan salah satu sumber serat yang baik sehingga sistem pencernaan selama berpuasa akan lebih lancar dan terjaga.

Tidak hanya untuk orang dewasa saja, serat juga dibutuhkan untuk menunjang pencernaan bayi. Selain itu, Kamu juga tidak perlu khawatir, sebab MPASI labu parang aman dan tidak menyebabkan konstipasi bagi bayi.

7. Menyehatkan Kulit

Labu parang yang mengandung antioksidan dan karotenoid tentunya sangat baik sebagai pelindung tubuh dari paparan radikal bebas. Penyebab radikal bebas sendiri beraneka ragam. Salah satunya, yaitu polusi kendaraan. Dengan terjaganya tubuh dari serangan tersebut, maka kulit pun akan lebih sehat dan bisa menghindari terjadinya penuaan dini.

8. Memperbaiki Daya Tahan Tubuh

Buah labu termasuk salah satu sumber vitamin C dan biokimia yang baik, maka buah ini bisa membantu melawan demam dan flu yang menyerang di musim penyakit ini.

Sebagai perbandingan, secangkir potongan labu parang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh yang mengalami masalah infeksi dan menekan resiko terserang penyakit flu.

9. Meningkatkan Asupan Energi

Secangkir potongan buah labu parang diklaim mengandung potasium yang cukup untuk menunjang energi kebutuhan harian anak. Selain itu, kandungan tersebut juga bermanfaat dalam membantu menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh dan meningkatkan fungsi otot.

10. Membantu Bayi Tidur Lebih Nyenyak

Kualitas tidur yang baik tentu mempengaruhi kesegaran si kecil saat bangun di pagi harinya. Agar si kecil tidur lebih pulas, memasukkan labu parang dalam menu makanannya bisa membantu mengatasi masalah tersebut.

Hal ini tidak lain karena buah ini mengandung tryptophan, dimana kandungan tersebut akan membantu tubuh anak menghasilkan serotonin, yaitu senyawa yang membantu anak merasa lebih rileks sehingga bisa tidur lebih nyenyak. Tidak hanya serotonin saja, kandungan lain seperti asam amino juga bermanfaat untuk membantu anak lebih tenang dan tidak mudah rewel.

Labu Parang Dimasak Apa?

labu parang hijau

Labu parang dengan tekstur yang lembutnya sangat cocok untuk diolah ke berbagai jenis masakan, mulai dari kue hingga masakan rumahan, seperti tumis atau tumis pedas.

Labu parang kuning biasanya digunakan untuk bahan kue atau sup labu, sedangkan untuk labu parang hijau biasanya digunakan untuk masakan-masakan lauk sehari-hari. Bingung mau masak dengan labu parang hijau?. Dibawah ini ada resep tumis labu parang hijau yang enak banget, bisa untuk makanan semua anggota keluarga dirumah. Yuk langsung klik aja:

Share This Article :
Zefy Arlinda

Yuk membaca, semoga bisa memberikan nilai positif untuk semua orang.

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 12 komentar:

  1. Kemarin aku baru aja masak kolak labu parang buat anak2. Hehe.
    Dari kecil olahan labu parang yg sering dibuat sama orang tua ya dikolak. Jadi keterusan sampe aku punya anak juga.

    ReplyDelete
  2. whoaaaa, ternyata banyaaakk ya manfaatnya.
    aku pernah baca Rasul suka mengonsumsi labu.
    tapi aku kurang paham sik, yg Rasul gemari itu labu siam atau labu parang.
    yg jelas, keduanya sarat manfaat ya

    ReplyDelete
  3. Labu parang biasanya aku buat kolak atau puding. Kadang juga buat kue kukus campur telur, kismis, roti tawar. Enak juga lho. Kalau labu siam buat tumisan enak

    ReplyDelete
  4. Ada banyak juga manfaat Labu Parang, termasuk meningkatkan daya tahan tubuh. Nanti saya akan coba juga resep tumis labu kuning muda, menarik tampaknya.

    ReplyDelete
  5. di rumah jarang masuk labu parang. paling sering ya labu siam
    jadi mikir nih, aku terakhir kali makan labu parang ini kapan ya?
    teksturnya hampir mirip kayak ubi madu ya mbak?

    ReplyDelete
  6. Aku baru tau sebutan labu parang ini, biasanya cuma disebut labu kuning. Kayanya yg ijo itu kaya jadi lalapan gitu ya. Kalo yg kuning kan suka buat sayur bening dan kolak

    ReplyDelete
  7. salah satu sumber makanan favoritku sih kak, bisa dibuat dodol, dibuat kolak, di sayur bening, dimasak tumis... duh macem macem deh. Fungsinya juga banyak banget ya, sehat nih ...

    ReplyDelete
  8. Allhamdulillah ya banyak banget manfaatnya, aku suka tak bikin kolak kalau ada labu di rumah kak.

    ReplyDelete
  9. Zaman anakku kecil aku sering bikin MPASI dari labu ini.
    Kalau sekarang sih seringnya aku jadikan campuran sayur bening atau dilodeh. Ternyata manfaatnya banyak sekali ya TFS

    ReplyDelete
  10. Ga nyangka ternyata labu parang banyak manfaatnya,, labu ini ada di menu saat bulan puasa saja soalnya di keluarga saya,, sebagai bahan utama kolak :)

    ReplyDelete
  11. Eh, ternyata yang di youtube channel itu, labunya mungil yaa..
    Di bayangan aku labu besar, yang kalau beli di mall cukup seperempat aja.
    Enaknyaaa....masak labu.

    ReplyDelete
  12. Labu ini salah satu makanan lokal yang humble tapi tinggi gizi, makanan sehat gak harus makanan impor kan, labu parang enak banget buat diapain aja.

    ReplyDelete
8803000654652570868