BLANTERVIO103

Ini Dia Keuntungan Membeli Sebuah Apartemen

Ini Dia Keuntungan Membeli Sebuah Apartemen
01 November 2020

Beberapa waktu lalu om dan tante dari Jakarta silaturahmi ke rumah. Ibu senang sekali ketemu dengan mereka. Maklumlah, jarak membuat mereka jarang bertemu. Tentunya sekali ketemu ceritanya panjang kali lebar dan heboh. Kebayang lah ya, saat mak-mak ketemu. Aku dan adik-adik saja ibarat tidak dapat kesempatan bicara, kami jadi tim hore yang kerjanya mendengarkan sambil ngemil oleh-oleh.

Setelah lama ceita pekerjaan, keluarga dan lainnya mereka cerita kalau sekarang mereka membeli sebuah apartemen. Mereka bilang itu adalah sebuah pilihan tepat untuk mereka. Apartemannya bagus dan letaknya sangat strategis, 2 alasan utama mereka memilih membeli apartemen. Sebuah keputusan yang sudah mulai banyak diambil oleh masyarakat, khususnya kota besar.

Oh iya, ngomong-ngomong tentang aperteman nih. Aku penasaran sekali dengan aparetemen dan coba searching. Ternyata ini dia keuntungan membeli sebuah apartemen.

1. Fasilitas Lengkap

Siapa yang tidak tergiur dengan fasilitas lengkap? Fasilitas yang lengkap membuat kita bisa berhemat waktu dalam melakukan semua hal. Hal ini juga membuat kita merasa nyaman. 

Teringat cerita om dan tante kalau di apartemen mereka semuanya serba lengkap. Mau renang tinggal nyemplung di halaman. Mau makan di sana ada restoran. Mau olahraga di sana ada tempat fitness yang lengkap. Mau belanja kebutuhan dapur di sana juga ada yang jual. Ditambah lagi fasilitas loundry dan keamanan.

Wawajar saja apartemen mulai jadi pilihan, terutama untuk kaum milenial.

2. Praktis, Efektif & Efisien

Semakin ke sini orang-orang semakin suka dengan kata praktis, efektif dan efisien. Iya, apalagi kalau dikaitkan dengan anak muda. Inilah salah satu keuntungan kalau memilih sebuah unit apartemen.

Seperti yang sudah kita bahas pada point 1. Rata-rata apartemen memiliki fasilitas yang lengkap yang mmebuat kita tidak perlu pergi jauh untuk mendapatkan fasilitas itu. Bayangkan saja misal tempat tinggal kita jauh dari tempat makan. Saat anak-anak mau jajan atau saat ada tamu dadakan dan kita mau makan sedangkan tempat makan jauh, sebelum sampai tempat makan mereka sudah teler duluan. Coba kalau tempat makannya dekat tinggal turun pakai lift, eh sampai deh.

Bayangkan juga misal kita mau olahraga dan tempat fitness satu jam dari rumah. Tentu boros waktu bukan? Bandingkan dengan jika tempat fitness di lantai bawah. Sungguh praktis, efektif dan efisien menjadi alasan membeli sebuah unit apartemen.

3. Mudah disewakan kembali

Percaya deh kalau apartemen biasanya mudah disewakan kembali. Tinggal kita target penyewanya, tergantung dari lokasi dan harga sewa di apartemen. Kok mudah disewakan kembali? Iya, kan apartemen memiliki banyak kelebihan maka orang akan tertarik untuk menyewanya. Apalagi pada pont ke-1 dan ke-2 tadi sudah kita bahas bersama kalau apartemen itu lengkap, praktis, efektif dan efisien. Ditambah lagi lokasinya strategis, yup betul.



4. Lokasi yang Lebih Strategis

Perumahan biasanya berada di pinggiran kota, betul? Iya, betul. Berbeda dengan unit apartemen yang  biasanya berlokasi di tempat yang lebih strategis, seperti di tengah kota atau setidaknya lebih dekat dengan pusat kota.

Biasanya apartemen dekat dengan beragam tempat. Mulai dari tempat hiburan, sekolah, pusat perbelanjaan, transportasi umum dan lainnya. Sebuah alasan yang sangat cukup untuk membeli sebuah tempat hunian.

5. Harga yang terus naik

Layaknya sebuah hunian dengan lokasi strategis dna fasilitas lengkap maka tidak heran kalau harga apartemen biasanya terus naik. Ya, jadi selain bisa disewakan apartemen bisa kita jual kembali. Kalau disewakan kita akan dapat menghasilkan cash flow, sedangkan dengan menjual apartemen akan menghasilkan capital gain. Iya, capital gain maksudnya adalah selisih dari harga beli dengan harga jual unit apartemen.

5. Maintenance

Membeli sebuha unit apartemen membuat kita tidak perlu sibuk memikirkan perkara maintenance. Asuransi dan maintenance properti gedung biasanya sudah disertakan dalam pengaturan maintenance. Untuk pembiayaan biasanya dibagi ke seluruh penghuni. Sangat membantu kan? Apalagi kalau penghuninya sibuk dan sering bepergian.

Semoga nanti dapat rezeki untuk beli unit apartemen juga. Aku mau beli apartemen di Surabaya, banyak tempat yang aku mau kunjungi di sana. Kan enak kalau jalan ke sebuah kota dan kita punya apartemen di sana, aamiin.

Untuk teman-teman yang ingin membeli properti pastikan developernya tidak bermasalah ya. Cari tahu dulu rekan jejak si developer. Jangan mudah tertipu dengan iming-iming hadiah atau keuntungan besar. 

Cek juga kelengkapan surat Sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB), izin prinsip, Izin Mendirikan Bangunan (IMB), dan juga Surat Izin Penggunaan Peruntukan Tanah. Kita dapat memastikannya dengan melakukan validasi melalui dinas terkait.

Share This Article :
Zefy Arlinda

Yuk membaca, semoga bisa memberikan nilai positif untuk semua orang.

TAMBAHKAN KOMENTAR

8803000654652570868