BLANTERVIO103

Apa Itu Halloween? Kenapa Halloween Identik Dengan Labu Yang Seram?

Apa Itu Halloween? Kenapa Halloween Identik Dengan Labu Yang Seram?
06 November 2020

Halloween

31 Oktober merupakan salah satu tanggal yang dinanti oleh beberapa masyarakat di dunia, karena pada hari itu mereka merayakan Halloween. Halloween adalah ebuah festival yang berasal dari bangsa Celtic, nenek moyang bangsa Eropa. Bangsa Celtic hidup 2.000 tahun yang lalu, sebagian besar keturunan mereka kini berada di Irlandia, Inggris, dan Prancis utara. 

Karena Bangsa Eropa suka berkelana, budaya ini ikut menyebar sampai ke benua-benua lain seperti Amerika dan Australia. Festival Halloween ini dirayakan dengan menggunakan kostum-kostum seram. Anak-anak berkeliling ke rumah-rumah tetangga sambil mengucapkan "Trick or Treat". Kalimat ini memiliki arti " Beri kami coklat atau kami jahili". Selain itu pada perayaan Halloween juga diadakan pesta kostum, tentu saja pesta kostum dengan tema seram. 

Sejarah Halloween

Asal-usul Halloween berasal dari tradisi Celtic kuno Samhain atau festival musim panas. Pada zaman dahulu orang-orang menyalakan api unggun dan mengenakan kostum untuk mengusir hantu. Sebagian juga menganggap tradisi Celtic kuno merupakan momen untuk berkomunikasi dengan orang yang telah meninggal dunia. Mereka percaya bahwa setiap tanggal 31 Oktober, pembatas dimensi antara dunia orang mati dan orang hidup terbuka.

Banyak roh jahat yang akan berkeliaran dan menggangu mereka. Roh-roh jahat tersebut mengancam memberikan kerugian pada warga. Agar terhindar dari ancaman tersebut, bangsa Celtic menggunakan kostum-kostum menyeramkan. Tujuanya adalah, agar "roh jahat" yang mungkin keluar mengira manusia adalah teman mereka. Bisa dikatakan mereka mencoba berdamai dengan para roh jahat dengan berpenampilan mirip dengan mereka. Jadi bisa disimpulkan bahwa Halloween adalah tradisi bangsa Celtic kuno yang dirayakan setiap tahun pada tanggal 31 Oktober yang awalnya diniatkan sebagai ritual mengusir sial, namun sekarang kini tradisi itu menjelma menjadi parade kostum dan pesta anak-anak.

Simbol Halloween

Simbol Halloween yang digunakan secara universal adalah buah labu yang dibentuk menyerupai wajah yang menyeramkan. Karakter ini disebut Jack-o-Lantern. Di dalam Jack-o'-lantern biasanya diletakkan lilin menyala atau lampu agar terlihat lebih seram di tempat gelap. Budaya ini berasal dari Amerika Utara yang memang merupakan area penghasil labu. Simbol lain dari Halloween adalah orang-orangan sawah. Labu dianggap sebagai hasil panen dan orang-orangan sawah adalah para penjaga. Mereka juga biasa menggunakan tokoh-tokoh menyeramkan lain seperti laba-laba, kelelawar, drakula, iblis dan lainya.

Siapa itu Jack-O-Lantern

Menurut legenda Irlandia, Jack-O-Latern adalah seorang petani malas yang cerdas. Dia berhasil menipu iblis agar tidak dimasukkan ke dalam neraka, namun setelah meninggal Jack juga tidak diizinkan masuk surga karena dosanya. Alhasil, Jiwa si Jack ini kemudian terkatung-katung, arwah Jack-O-Latern berkeliaran sambil membawa sebuah lentera. Legenda ini kemudian di intepretasikan menjadi labu seram yang di letakkan di depan rumah.

Trick or Treat

Meminjam dari tradisi Eropa, orang Amerika mulai mengenakan kostum dan pergi dari rumah ke rumah meminta makanan atau uang, sebuah praktik yang akhirnya menjadi tradisi "trick-or-treat" hingga hari ini. Kalimat Trick or Treat awalnya digunakan sebagai mantra yang dipercaya dapat menenangkan roh jahat. Tapi kemudian mulai digunakan anak-anak saat mencari permen.

Pada akhir 1800-an, ada kebiasaan di Amerika membuat perayaan Halloween menjadi hiburan, berkumpul dengan komunitas dan tetangga. Tidak ada lagi membahas tentang hantu, lelucon, dan sihir. Pada pergantian abad, pesta Halloween untuk anak-anak dan orang dewasa menjadi cara paling umum untuk merayakan hari itu. Orang-orang kini fokus pada permainan, pesta, dan kostum yang meriah. Nah, jika Kamu merayakan Halloween dan ingin memberikan gift, tidak ada salahnya untuk mencari inspirasi halloween Gift apa yang paling cocok untuk momen tersebut.

Mitos

  1. Konon katanya, melihat laba-laba di malam Halloween berarti arwha orang yang kita sayangi sedang mengawasi.
  2. Ketakutan pada malam halloween disebut dengan Samhainphobia.
  3. Membunyikan bel di malam hari dapat mengusir roh jahat

Fakta

  1. Halloween telah dirayakan lebih dari 2000 tahun yang lalu
  2. Negara-negara yang merayakan Halloween adalah Kanada, Irlandia, Selandia Baru, Britania Raya, Jepang, Bahama, Amerika Serikat, Swedia dan negara – negara Amerika Latin
  3. 85% warga di Amerika Serikat merayakan Halloween
  4. Konsumsi gula pada perayaan halloween jauh lebih besar dari pada natal dan valentine. 

Share This Article :
Zefy Arlinda

Yuk membaca, semoga bisa memberikan nilai positif untuk semua orang.

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 12 komentar:

  1. Baru tahu ternyata sejarah halloween itu merupakan salah satu akar budaya di eropa sana. Saya kira labu-labu itu sekedar dibuat seram-seram doank untuk ornamen, ternyata ada mitosnya juga.

    ReplyDelete
  2. Lengkap banget cerita sejarahnya. Baru tau historynya seperti ini. Baru tau kenapa halloween identik dengan labu.

    ReplyDelete
  3. Jadi begitu ya asal muasal halloween, aku tuh kalau liat labu ingatnya halloween lho kak hahaha, tapi belum pernah sih ikutan acara halloween beneran. Seru pasti ya.

    ReplyDelete
  4. Pertama kali tau Halloween tuh cuma pesta kostum seram, ternyata gitu tih sejarah & penjelasan lengkapnya

    ReplyDelete
  5. Seru aja kalau liat kostum kostum Halloween itu ya...bikin susah nebak siapa nih dibalik kostum.Minggu lalu baru dibagi tetangga labu ini...bikin kolak hahaha.

    ReplyDelete
  6. Baru tahu sejarahnya hallowen, slm ini cm liat film nya aja tanpa tau sejarahnya. Ternyata labu bukan cuma simbol ya to ada mitos nya jg.

    ReplyDelete
  7. Akutuh kalau lihat film2 hallowen atau denger cerita temen2 yang ada di luar negeri sana tuh happy2 gimana kalau denger cerita anak2 kecil pada mintain permen. Bahkan kak, disana udah ada bis keliling yang ngasih permen dan coklat ke anak2. Aku mah juga mau :)

    ReplyDelete
  8. Jujur selama ini tau Halloween tapi nggak pernah tau sejarahnya. Ternyata aslinya ritual buang sial yang dirayakan jadi pesta kostum. Tapi aku suka ornamen hallowen labu itu karena warnanya orange kayak autumn session, jadi estetik banget gitu haha.

    ReplyDelete
  9. Aku baru tau kak asal muassalnya halloween haha serius tapi yang bikin menarik aku salfok sama gelas nya lucuuu banget bentuk nya , semua unik aku sukaaa 😍😍

    ReplyDelete
  10. Saat ini Halloween happening tidak hanya di benua Eropa/Amerika
    Sebagian negara Asia pun turut merayakan dengan pesta kostum umumnya.
    Dengan segala kreatifitasnya itu malah terlihat unik

    ReplyDelete
  11. Tambah info nih tentang sejarahnya. Waktu daku kecil kalau ada film tentang halloween langsung nggak mau lihat, soalnya ada labu yang serem itu.

    ReplyDelete
  12. Waktu jaman single tinggal di bali suka banget halloween party karena temanya seruuuu

    ReplyDelete
8803000654652570868