BLANTERVIO103

26 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan

26 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan
25 November 2020
Minyak Zaitun

Minyak zaitun sebenarnya adalah ekstrak buah Olea europaea (buah zaitun), yang pohonnya mudah ditemukan di daerah Mediterania atau Laut Tengah. Selama bertahun-tahun, ekstrak buah zaitun ini memang populer digunakan sebagai bahan dasar obat-obatan, sabun, maupun bahan produk kecantikan lainnya.

Bahkan, ratu Cleopatra dari Mesir saja diketahui sebagai pemakai rutin minyak zaitun semasa hidupnya. Tidak heran jika Cleopatra disebut sebagai perempuan yang kecantikannya awet.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan

Banyak orang sudah mengetahui manfaat minyak zaitun untuk kecantikan, hal itu sudah merupakan rahasia umum. Namun tidak hanya untuk kecantikan, minyak zaitun mempunyai banyak manfaat lainnya yang mungkin belum Kamu ketahui.

Dari namanya saja kita sudah tahu bahwa minyak zaitun merupakan minyak yang diperoleh dari hasil penggilingan zaitun. Minyak yang berasal dari tanaman asli Mediterania ini mengandung banyak sekali senyawa yang baik bagi kesehatan tubuh antara lain vitamin E, K, lemak (omega 9, omega 6, omega 3, dan lemak jenuh) phenolic dan zat besi. 

Nutrisi Yang Dikandung Dalam Minyak Zaitun

Setiap 100 mililiter minyak zaitun terkandung total 884 kalori (44 persen dari angka kecukupan gizi harian) dan total lemak 100 gram, yang dapat mencukupi 153 persen kebutuhan lemak harian tubuh. Meski kandungan lemak dalam minyak zaitun terbilang tinggi, tapi sebagian besar kandungan lemak ini merupakan asam lemak tak jenuh tunggal, yang merupakan lemak baik.

Minyak zaitun juga merupakan sumber polifenol yang baik. Polifenol merupakan senyawa fitokimia yang secara alami terkandung dalam tanaman. Senyawa inilah yang memberikan berbagai warna pada makanan dan melindungi tanaman dari bahaya.

Tak hanya mampu melindungi tanaman, polifenol yang masuk ke dalam tubuh kita juga mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Itu mengapa, polifenol yang terkandung dalam minyak zaitun dapat bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh.

Minyak zaitun juga diperkaya oleh omega-3 dan omega-6, 15 mg vitamin E yang mencukupi 72 persen kebutuhan harian tubuh, serta 61 mg vitamin K yang mampu mencukupi 75 persen kebutuhan harian tubuh. Minyak zaitun sama sekali tidak mengandung kolesterol, karbohidrat, dan lemak. 

Memang, banyak manfaat kesehatan dan kecantikan yang dapat diperoleh dari mengonsumsi minyak zaitun. Penasaran apa saja? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini:

1. Menghapus Riasan di Wajah

menghapus make up

Salah satu manfaat minyak zaitun untuk wajah yaitu unletuk menghapus riasan makeup di wajah. Kamu bisa menggunakan minyak zaitun murni sehabis memakai makeup sehari-hari dengan cara dioleskan dan dipijat lembut di wajah.

Gunakan minyak zaitun sebagai pembersih riasan makeup awal di wajah Kamu, setelahnya bilas dengan handuk yang direndam air hangat. Pilihan lainnya, Kamu bisa menggunakan sabun yang mengandung ekstrak zaitun untuk membilas wajah Kamu.

2. Menebalkan Alis

Selain rambut, manfaat minyak zaitun untuk rambut lainnya adalah untuk alis. Minyak zaitun mengandung nutrisi seperti vitamin E. Vitamin E akan senantiasa memelihara kesehatan rambut. Dengan kombinasi ini, maka Kamu akan mempunyai alis yang lebat dan tentu saja natural.

3. Menghindari Kulit Keriput

Pertambahan usia dan kebiasaan hidup sehari-hari juga bisa mempengaruhi kerutan pada wajah kita. Jika kulit tidak dirawat, bukan tidak mungkin timbulnya keriput pada wajah, leher dan pundak jadi lebih cepat. Untungnya, kamu bisa menghindari ini dengan menggunakan minyak zaitun.

4. Melindungi Wajah dari Kerusakan

Kondisi lingkungan tempat kamu tinggal juga dapat mempengaruhi kesehatan kulit. Contohnya, bagi kamu yang tinggal di kota besar, polusi udara yang tinggi dapat merusak kulit tubuh dan wajah.

Tapi, jangan khawatir, sebab, minyak zaitun memiliki khasiat melindungi sel-sel kulit wajah dari kerusakan akibat polusi karena kandungannya yang akan anti-oksidan.

5. Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Pori-pori wajah yang lebar akan membuat wajah terlihat kurang menarik dan nampak tua. Untungnya, salah satu manfaat minyak zaitun adalah kemampuannya mengecilkan pori-pori wajah.

Jika kamu mengalami ini, segera oleskan wajah dengan minyak zaitun. Hal ini diseabkan karena minyak zaitun mengandung zat linoleic yang mampu mengecilkan pori-pori wajah dan membuat kamu jadi lebih terlihat muda.

6. Bikin Wajah Lebih Mulus dan Putih Bersinar

Jadikan minyak zaitun sebagai salah satu bahan untuk masker, dipadukan dengan buah-buahan yang baik untuk kesehatan kulit wajah.

Dengan rutin menggunakannya, kamu akan mendapatkan kulit wajah yang lebih halus dan mulus. Selain membuat wajahmu lebih mulus, minyak zaitun juga berkhasiat dalam memberi warna kulit yang lebih putih dan cerah.

Kandungan polifenol lah yang berjasa untuk menjadikan kulit wajahmu menjadi lebih bersinar.

7. Mencegah Rambut Bercabang

rambut bercabang

Ternyata kandungan yang ada dalam minyak zaitun bisa digunakan juga untuk mencegah rambut bercabang lho. Pijat kulit kepalamu dengan minyak zaitun hangat, biarkan meresap selama satu jam, lalu bersihkan dengan shampoo dan conditioner seperti biasa. Inilah manfaat minyak zaitun untuk kesehatan rambut.

8. Menghilangkan Ketombe

Punya masalah ketombe yang sudah sangat mengganggu? Kamu bisa manfaatkan minyak zaitun untuk menghilangkan ketombe. Gunakan minyak zaitun dengan cara dioles dan diratakan dengan sisir. Jika perlu, tambah perasan air jeruk lemon agar hasil lebih maksimal. Jika sudah kering, bilas dengan air bersih dan keramas.

9. Obat Jerawat Alami

Kesal dengan jerawat yang selalu muncul di wajah? Jangan khawatir, sebab kini kamu bisa mengatasi masalahmu lebih cepat.

Salah satu caranya adalah dengan mengusapkan minyak zaitun ke wajah secara rutin. Asal kamu tahu, minyak zaitun memiliki khasiat sebagai obat jerawat alami berkat kandungan vitamin, anti racun dan infeksi, anti bakteri serta anti inflamasi.

10. Melawan Kebotakan

Rambut kamu sering rontok dan patah-patah? Atasi masalah ini dengan minyak zaitun. Karena minyak ini mampu membuat rambut lebih kuat hingga ke akarnya. Hasilnya akan lebih maksimal jika kamu menambahkan kuning telur.

11. Melembapkan Rambut

Olive oil adalah solusi bagi kamu yang memiliki rambut kering dan ‘kasar’. Usapkan minyak zaitun ke rambutmu secara merata, tunggu 10 hingga 15 menit, lalu bilas sampai tuntas. Khasiatnya akan langsung terasa.

12. Merawat Rambut Rusak

Rambut rusak mungkin hampir dialami oleh setiap orang. Apalagi kamu yang sering gonta-ganti gaya rambut dan mewarnai rambut. Minyak zaitun bisa membantu membuat rambutmu menjadi sehat kembali dan meminimalisir rambut bercabang.

13. Memperlancar Kerja Pencernaan

Menggunakan minyak zaitun daripada mentega/margarin ketika memasak makanan yang akan kita konsumsi adalah alternatif yang jauh lebih menguntungkan bagi kesehatan manusia.

Alasannya karena minyak zaitun mampu meningkatkan produksi peptida yang dapat membuat seluruh organ pencernaan manusia lebih sehat dan bekerja dengan lebih baik.

Ketika minyak zaitun masuk ke dalam usus, ia membantu usus menyerap lebih banyak vitamin dan mineral yang berguna bagi tubuh seraya menyingkirkan kandungan makanan yang tidak terlalu bermanfaat.

Selain itu, sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Epidemiology and Community Health menyatakan bahwa minyak zaitun dapat mengurangi resiko terkena kanker pankreas.

14. Mencegah Risiko Depresi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, minyak zaitun sebenarnya adalah lemak yang diekstrak dari buah zaitun.

Namun, jenis lemak yang terdapat dalam buah zaitun adalah monounsaturated fat, jenis lemak sehat yang berbeda dengan lemak trans-fat yang dikandung fast-food.

Sebuah penelitian yang dilakukan dokter Sanchez-Villegas dan timnya yang berasal dari sebuah universitas di Spanyol terhadap kurang lebih 12.000 orang.

Membuktikan bahwa dibandingkan dengan individu yang hanya mendapat asupan healthy fat dari minyak zaitun, individu yang rutin mengonsumsi trans-fat memiliki 48 persen lebih besar kemungkinan mengidap depresi.

15. Memerangi Penyakit Alzheimer

Alzheimer’s disease atau dementia adalah penyakit lupa ingatan yang menghantui sekitar 60-80 persen orang lanjut usia di dunia.

Di Indonesia sendiri, hingga saat ini sudah terdapat sekitar 2 juta kasus alzheimer yang terjadi tiap tahunnya.

Kabar baiknya, tim dokter yang dipimpin dokter Domenico Pratico menemukan bahwa konsumsi minyak zaitun terbukti memiliki pengaruh yang cukup signifikan untuk mengurangi resiko terserang penyakit alzheimer.

Hal ini karena minyak zaitun mengurangi produksi amyloid plaque dan phosporylated, dua protein jahat penyebab utama terjadinya kerusakan pada bagian otak yang bertanggung jawab atas penyimpanan memori dan fungsi mental tubuh.

16. Memanjangkan dan Menebalkan Bulu Mata

Selain mengaplikasikannya pada alis, sekalian saja Kamu aplikasikan pada bulu mata agar bagi Kamu, wanita yang mengidam-idamkan bulu mata panjang dan tebal alami, bisa mempunyainya tanpa harus mengaplikasikan maskara atau bulu mata palsu yang malahan nantinya akan menyebabkan kerontokan pada bulu mata Kamu.

17. Meredakan Peradangan dan Rasa Sakit

Manfaat minyak zaitun yang lain adalah untuk mengurangi peradangan atau rasa sakit. Untuk teman-teman ketahui, banyak sekali penyakit kronis yang diawali oleh peradangan di dalam tubuh, contohnya berbagai jenis kanker, cardiovascular disease, hingga rheumatoid arthritis.

Minyak zaitun mengandung bahan-bahan antioksidan seperti oleic acid dan oleochantal yang ampuh untuk melawan peradangan tersebut.

Hasil dari sebuah penelitian mengenai manfaat minyak zaitun terhadap kesehatan yang diterbitkan British Journal of Medicine (2005) menyatakan bahwa 50 ml extra virgin olive oil berfungsi sama baiknya dengan 10 persen ibuprofen, yakni obat pengurang rasa sakit.

18. Menghilangkan Bibir Hitam

Minyak zaitun mengandung vitamin E dan vitamin K yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bibir hitam secara alami. Cukup olesi bibir dengan minyak zaitun setiap hari.

19. Mencegah Penyakit Kanker

Seperti sudah disinggung di atas, kandungan dalam minyak zaitun memiliki sifat antioksidan yang tinggi, sehingga membuatnya dapat memerangi penyebab penyakit kanker. Hal ini berlaku terutama penyakit kanker payudara dan kanker kulit.

20. Melembapkan Kulit Kering

nice skin

Kulit wajah, badan, atau kulit kepala kamu yang kering? Coba cari produk kecantikan yang mengandung minyak zaitun. Sebab, minyak zaitun dapat menyerap hingga ke lapisan terdalam kulit. Sehingga ia bagus sekali bila digunakan sebagai night cream atau pelembab sehari-hari.

Penggunaan minyak zaitun secara rutin bermanfaat menjaga kulit agar terlindung dari partikel-partikel asing dan memenuhi kebutuhan kulit akan adanya cairan.

Selain dapat melembabkan kulit, kombinasi minyak zaitun dan lemon dalam produk kecantikan juga dapat membuat kulit segar dan cerah.

21. Menunda Penuaan Kulit

Minyak zaitun disebut-sebut sebagai salah satu bahan yang efektif untuk menunda hadirnya tanda-tanda penuaan seperti keriput dan flek hitam.

Hal ini karena minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E dan vitamin K yang tinggi. Kedua vitamin tersebut berfungsi sebagai antioksidan yang sangat baik dalam melindungi permukaan kulit dari kerusakan atau polusi udara.

Selain itu, penggunaan minyak zaitun secara rutin juga dapat membuat kulit menjadi lebih halus dan lembut.

22. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Jika kamu sering beraktivitas di luar ruang, apalagi saat siang hari, kamu bisa memanfaatkan minyak zaitun sebagai pelindung kulit. Dengan begini, kulitmu terhindar dari bahaya sinar ultraviolet.

23. Mengobati Gatal-gatal

Selain melindungi kulit dari panasnya sinar matahari, kamu juga bisa memanfaatkan minyak zaitun untuk mengobati gatal-gatal pada kulit.

Seperti yang telah disebutkan di atas, hal ini karena olive oil mengandung sifat anti inflamasi.

24. Meregenerasi Kulit

Lakukan scrubbing secara teratur dengan mencampurkan minyak zaitun dengan gula pasir.

Oleskan setiap hari sebelum tidur pada kulitmu, dan bilas dengan menggunakan air hangat. Jika rutin melakan ini, kulit akan beregenerasi dan kamu terlihat lebih muda.

25. Membuat Kulit Bibir Lebih Merah

Red lips

Jika kulit bibir kamu terlihat gelap, kamu bisa memanfaatkan minyak zaitun untuk mencerahkan dan membuat bibirmu lebih sehat.

Asal Kamu tahu saja, kandungan di dalam minyak zaitun memiliki manfaat yang dapat membuat bibir lebih merah dan segar.

26. Mengatasi Bibir Pecah-pecah

Bibir kering dan pecah-pecah juga dapat diatasi dengan mengoleskan minyak zaitun secara rutin. Jadikanlah olive oil sebagai scrub bibir yang alami. Ini akan membuat sel-sel kulit mati mengelupas dan digatinkan oleh sel baru yang lebih sehat.


Tips memilih minyak zaitun yang bagus untuk kulit wajah

Untuk dapat mendapatkan semua manfaat minyak zaitun untuk wajah seperti yang sudah disebutkan di atas, tentu Kamu memerlukan asupan minyak yang terbaik di kelasnya dan yang berkualitas tinggi. Nah sebelum membeli, ada baiknya Kamu pertimbangkan sejumlah hal di bawah ini dalam mencari minyak buah zaitun terbaik di pasaran.

1. Tertera Tanggal Produksi dan Kadaluarsa

Sama seperti ketika membeli makanan atau minuman, Kamu juga harus jeli melihat masa kadaluwarsa minyak ini. Ya, minyak zaitun meski diolah secara alami juga punya tenggang masa pakai optimal.

Jadi, jangan lupa untuk selalu mencari tahu kapan tepatnya minyak tersebut diproduksi dan kapan masa kedaluwarsanya berakhir. Biasanya keterangan tanggal diproduksi dan masa kadaluwarsa bisa Kamu lihat di label informasi kemasan, di bawah botol, atau di dalam tutup minyak ini.

Namun perlu juga dipahami bahwa hanya karena minyak tersebut dikemas atau diproduksi di Italia, tidak berarti minyak itu berasal Italia. Minyak ini pada dasarnya bisa diproduksi dari mana saja di seluruh penjuru Mediterania — Tunisia, Spanyol, Yunani dan Turki— dan didatangkan ke Italia hanya untuk dikemas.

Semakin lama jarak waktu antara panen dan masa pengolahan, akan semakin menurun kualitas akhirnya. Pastikan Kamu tidak membeli produk yang berumur lebih dari dua tahun.

2. Organik Lebih Baik

Pastikan ada label organik dari USDA atau BPOM, yang menandakan bahwa setidaknya 95 persen minyak zaitun ini dibuat dari buah zaitun yang tumbuh alami tanpa penggunaan pestisida atau pupuk sintetik.

Jikapun produk pilihan Kamu tidak mencantumkan label organik, jangan panik dulu. Pasalnya banyak produsen minyak buah zaitun kecil yang berkualitas tinggi tidak mampu membayar royalti sertifikat label organik dari pemerintah setempatnya.

Nah, untuk memastikannya, jangan ragu untuk menanyakan secara langsung pada penjual minyak zaitun yang akan Kamu beli.

3. Pilih Minyak Zaitun Dengan Label “Extra Virgin Olive Oil”

extra virgin olive oil

Extra virgin olive oil adalah jenis minyak zaitun kualitas yang paling baik. Pasalnya minyak zaitun jenis ini melewati sangat sedikit berbagai proses pengolahan pabrikan, bahkan mungkin tidak sama sekali jadi molekul rasa dan aromanya tetap utuh.

Extra virgin olive oil dihasilkan dari proses cold pressing satu kali ekstraksi buah zaitun. Berbanding terbalik dari proses pembuatan minyak zaitun biasa yang mengandalkan panas, cold pressing tak menggunakan suhu panas melainkan tekanan untuk memproses minyak tersebut.

Proses ini tidak melibatkan panas dan bahan-bahan kimia. Oleh karena itu, kualitas minyaknya lebih murni, berkelas tinggi, dan mengandung antioksidan paling banyak dibandingkan dengan minyak zaitun jenis lainnya.

Agar tidak tertipu dengan produk palsu yang banyak beredar di pasaran, pastikan Kamu memilih extra virgin olive oil yang memiliki aroma buah zaitun segar, cita rasa yang sedikit pahit, dan ketika Kamu mencicipinya akan meninggalkan aftertaste pedas lada. Warna extra virgin olive oil juga tampak persis hijau zaitun, di mana cenderung lebih pekat dibanding minyak zaitun biasa.

Perlu diketahui bahwa istilah “extra virgin” tidak sama dengan artian “murni”. Justru, label “murni” pada botol minyak Kamu menandakan bahwa produk tersebut berkualitas rendah karena sudah melalui proses penyulingan atau bahkan refinasi.

4. Kemasan Memakai Botol Kaca Berwarna Gelap Atau Dalam Kaleng

Agar Kamu dapat merasakan manfaat minyak zaitun untuk wajah secara optimal, maka pilihlah produk yang menggunakan botol kaca atau dalam kaleng.

Pasalnya, paparan cahaya dan panas dari luar akan merusak komposisi serta cita rasa yang terkandung dalam minyak zaitun. Oleh karena itu, hindari membeli minyak ini yang dikemas dalam botol kaca bening, apalagi botol plastik.

Sampai di rumah, simpan botol minyak zaitun Kamu di dalam lemari gelap, tidak lembap, terlindungi dari sinar matahari, dan jauh dari kompor.

5. Cicip dan Cium Wanginya

Sebagian orang mungkin memilih membeli minyak zaitun impor karena dianggap lebih asli dan berkualitas baik. Namun, ada satu hal yang mungkin sering diabaikan, yaitu perjalanan minyak zaitun tersebut untuk sampai ke tangan Kamu.

Padahal semakin panjang perjalanan yang dibutuhkan untuk minyak zaitun mencapai suatu tempat, semakin bertambah pula usianya. Hal ini tentu akan berpengaruh pada kualitas minyak itu sendiri.

Nah, inilah mengapa banyak minyak impor yang memiliki rasa atau bau tengik. Jika Kamu ini mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk wajah atau kesehatan Kamu, menelan sesendok makan minyak tengik tentu tidak akan memberikan banyak manfaat.

Yang ada, perubahan citarasa ini justru akan berdampak negatif pada tubuh karena membentuk radikal bebas dan kadar antioksidan tertentu (termasuk asam lemak dan vitamin B kompleks) juga ikut menguap.

Oleh sebab itu, sebelum menggunakan minyak ini ada baiknya cium bau dan cicipi rasanya ketika sudah sampai di rumah. Idealnya, minyak buah zaitun yang berkualitas baik tidak menghasilkan bau anyir atau rasa aneh yang tidak sedap — misalnya seperti bau kaos kaki basah atau selai kacang basi. Sebaliknya, bau dan rasa minyak zaitun yang baik itu seharusnya segar.

Untuk menghindari salah beli, sebaiknya pilih saja produk lokal (jika ada). Minyak buah zaitun lokal hanya memakan waktu sebentar dari waktu panen hingga distribusi yang akan menjamin kesegarannya sehingga Kamu bisa mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk wajah atau kesehatan Kamu lebih optimal.

6. Cek Nama Pabrik atau Tempat Panen pada Kemasan

Biasanya minyak zaitun yang berkualitas akan melampirkan nama pabrik dan perkebunan tempat dibuatnya minyak ini pada label kemasan. Walaupun Kamu bahkan tidak tahu cara mengeja perkebunan dan daerah asalnya, tidak masalah.

Dilansir dari Real Simple, Nicholas Coleman, spesialis minyak zaitun di Eataly, mengatakan bahwa pencantuman nama pabrik dan perkebunan di label kemasan merupakan jaminan tanda kualitas minyak zaitun.

Bahkan, akan lebih bagus lagi jika ada segel atau cap resmi yang menunjukkan bahwa minyak berasal dari suatu wilayah yang mengkhususkan diri dalam produksi minyak, seperti PDO (cap resmi European Union’s official Protected Designation of Origin) atau DOP (segel serupa dari Italia).

Share This Article :
Zefy Arlinda

Yuk membaca, semoga bisa memberikan nilai positif untuk semua orang.

TAMBAHKAN KOMENTAR

8803000654652570868