BLANTERVIO103

17 Manfaat Makan Tahu Dan Resep Sambal Goreng Tahu

17 Manfaat Makan Tahu Dan Resep Sambal Goreng Tahu
27 November 2020
Tahu

Sama seperti tempe, tahu juga merupakan makanan yang banyak digemari khususnya bagi masyarakat Indonesia. Selain rasanya nikmat dan harganya murah, ternyata konsumsi tahu juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Kandungan Gizi Tahu

Tahu merupakan sumber protein tinggi, mineral, zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, tembaga, seng, kalium, dan selenium.

Tahu memiliki kalori yang sangat rendah, yang menjadikannya pilihan menarik bagi Kamu yang ingin menurunkan berat badan. Tahu mengandung sedikit lemak, tetapi kaya akan protein. Selain itu, tahu memiliki kadar natrium yang sangat rendah dan hampir tanpa kolesterol.

Dalam hal vitamin dan mineral, tahu merupakan sumber yang kaya zat besi, magnesium, tembaga, fosfor, dan juga memiliki kalsium dan kalium yang baik. Menurut USDA (Departemen Pertanian AS), bahkan tahu mengandung zinc, yang merupakan mineral penting untuk kesehatan.

Vitamin C, vitamin B-kompleks, thiamin, riboflavin, dan nutrisi penting lainnya juga ada dalam tahu. Terdapat pula senyawa organik di dalamnya, terutama isoflavon yang bermanfaat besar bagi tubuh.

Manfaat Konsumsi Tahu untuk Kesehatan

Lalu, apa saja sih manfaat kesehatan dari rutin konsumsi tahu? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

1. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Manfaat tahu putih dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Mengonsumsi produk olahan kedelai secara teratur dapat menurunkan kadar lemak jenuh bersama dengan kadar kolesterol dalam tubuh.

Sebuah laporan dari Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan bahwa tahu memiliki kandungan natrium yang rendah, yang membuatnya baik untuk penderita tekanan darah tinggi (hipertensi).

2. Mengurangi Risiko Kanker

Tahu mengandung isoflavon yang dapat mencegah menopause dini, serta mengurangi risiko kanker payudara dan prostat. Selain itu, ada pula kandungan selenium dalam tahu yang bermanfaat sebagai antioksidan bagi tubuh.

3. Mencegah Menopause Dini

Kandungan isoflavon pada tahu ternyata bisa membantu wanita untuk mencegah menopause dini. Biasanya, menopause dini terjadi karena adanya ketidakseimbangan kadar hormon estrogen di dalam tubuh.

Namun, adanya isoflavon ini bisa menjaga keseimbangan hormon tersebut. Di dalam tahu, Kamu juga bisa menemukan kandungan kalsium yang bisa membuat wanita terjaga kesehatan tulangnya hingga usia lanjut.

4. Menurunkan Kolesterol

Kadar kolesterol dalam tubuh bisa dikurangi dengan rutin konsumsi tahu. Tahu mengandung lesitin dan asam linoleat yang dapat mengatur metabolisme, hingga membuang endapan kolesterol di tubuh.

Dibandingkan dengan daging seperti daging sapi, tahu memiliki kadar asam lemak jenuh yang lebih rendah dan kadar asam lemak tak jenuh yang lebih tinggi. Makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini juga merupakan sumber yang baik dari lesitin dan asam linoleat, yang membantu mengatur metabolisme, bersama dengan penguraian dan membuang endapan kolesterol dalam tubuh.

5. Mengurangi Risiko Kanker Pencernaan

Tahu memberikan sebuah manfaat dalam mengurangi risiko kanker pencernaan. Hal ini berdasarkan sebuah studi yang dilakukan pada 2013 mengaitkan asupan tahu yang tinggi dengan penurunan kanker pencernaan pada pria hingga 61 persen.

Sedangkan penelitian yang dilakukan di Korea menyebut hal yang sama juga terjadi pada perempuan hingga 59 persen. Data yang lebih besar lagi ditemukan dalam penelitian di Australia yang melibatkan 633.476 orang. Konsumsi tahu yang tinggi dikatakan dapat menurunkan 7 persen risiko kanker pencernaan.

Tahu putih

6. Menurunkan Risiko Anemia

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia karena terjadi penurunan jumlah sel darah merah sehat dalam tubuh. Penelitian di China menunjukkan bahwa manfaat makan tahu berkontribusi menurunkan risiko anemia pada orang dewasa.

7. Baik Untuk Penderita Diabetes Tipe 2

Jika Kamu menderita diabetes tipe 2, maka Kamu juga akan memiliki penyakit ginjal yang membuat tubuh Kamu mengeluarkan protein dalam jumlah besar lewat urine. Akan tetapi, hal itu dikatakan dalam studi yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition dapat dicegah dengan mengonsumsi protein kedelai, termasuk tahu.

Oleh karena itu, salah satu manfaat tahu adalah membuat tubuh Kamu tidak lagi mengeluarkan protein lewat urine lebih banyak daripada konsumsi protein hewani.

8. Menjaga Berat Badan

Bagi Kamu yang sedang menjalani program diet, maka tahu termasuk makanan wajib dikonsumsi secara rutin. Karena, tahu mampu menurunkan kadar kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL) yang ada dalam tubuh.

Selain itu, nutrisi dalam tahu juga bermanfaat sebagai sumber energi. Selain itu, manfaat tahu untuk diet ini juga kaya akan nutrisi yang bisa menjadi sumber energi, sehingga kita pun tidak perlu khawatir akan merasa lesu jika mengurangi porsi makanan.

9. Mengurangi Gula Darah pada Penderita Diabetes

Seperti diketahui, tahu termasuk salah satu makanan tradisional fermentasi yang terbuat dari perasan biji kedelai. Karena itulah, konsumsi tahu bermanfaat baik bagi kesehatan, dalam hal ini mengurangi kadar gula darah bagi penderita diabetes.

10. Mencegah Osteoporosis

Kandungan kalsium dalam tahu merupakan bahan utama untuk pembentukan tulang dan memperlambat pengeroposan tulang (osteoporosis). Maka tak heran, jika anak-anak yang sedang masa pertumbuhan sangat dianjurkan konsumsi tahu secara rutin.

11. Memperlambat Proses Penuaan

Kamu harus tau, rutin konsumsi tahu diketahui juga memberikan manfaat bagi kesehatan kulit. Salah satunya yakni mengencangkan otot kulit sehingga bisa memperlambat proses penuaan. Selain itu, vitamin dan protein pada tahu dapat mempertahankan elastisitas kulit dan mengencangkan otot-otot wajah.

12. Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat tahu untuk kesehatan dipercaya dapat meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif, terutama bagi wanita di atas 65 tahun. Itu karena tahu mengandung lesitin untuk produksi asam fosfolipid fosfatidat (PA) dan fosfatidilserin (PS), Dua kandungan asam tersebut diketahui dapat membantu neuron berfungsi normal.

13. Mengobati Sakit Ginjal

Mineral yang terkandung dalam tahu menjadi tambahan bagus untuk mengobati penyakit ginjal, apalagi jika sudah kronis. Dengan begitu, rutin konsumsi tahu merupakan solusi tepat untuk menjaga kesehatan ginjalmu.

14. Mengurangi Resiko Penyakit jantung

Manfaat makan tahu telah diketahui dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Ini dapat mengurangi kadar lipoprotein densitas rendah atau kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh Kamu yang pada gilirannya dapat meningkatkan kesehatan jantung.

15. Mencegah Rambut Rontok

Kamu punya masalah kerontokan rambut? Nah, ada baiknya Kamu rutin mengonsumsi tahu mulai dari sekarang. Sebab, kandungan keratin dan protein pada tahu sangat berguna mencegah rambut rontok secara alami.

16. Mengobati Asam Urat

Penelitian menunjukkan bahwa tahu adalah sumber protein yang lebih disukai, terutama untuk pasien penderita gout atau asam urat lebih dari batas normal yang lebih rendah. Namun, mereka disarankan untuk menghindari asupan tahu yang berlebihan.

17. Mencegah Kerusakan hati

Satu studi pada tikus menunjukkan bahwa semua jenis tahu yang telah dikentalkan dengan berbagai koagulan dapat membantu mencegah kerusakan hati yang disebabkan oleh radikal bebas.

Resep Tahu Balado Enak dan Murah

Tahu dimasak apa?, sebetulnya ada banyak sekali olahan tahu yang bisa kita jadikan untuk hidangan di rumah, namun salah satu hidangan yang cukup sering dimasak adalah tahu balado atau sering disebut juga sambal goreng tahu, hidangan sederhana dengan balado atau sambal goreng yang level pedasnya bisa diatur sesuai dengan selera. Tekstur tahu yang krispi dipadukan dengan sambal yang pedas membuat hidangan ini menjadi salah satu pilihan untuk lauk yang murah dan kaya gizi. Yuk lihat resepnya, langsung klik aja:

Share This Article :
Zefy Arlinda

Yuk membaca, semoga bisa memberikan nilai positif untuk semua orang.

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 1 komentar:

  1. wah tahu baladonya kelihatan lezat, aku sebagai pecinta tahu jadi pengen coba :D terimakasih resepnya yaa

    ReplyDelete
8803000654652570868