BLANTERVIO103

15 Fakta Mengenai Kentang Dan Resep Perkedel Kentang

15 Fakta Mengenai Kentang Dan Resep Perkedel Kentang
26 November 2020
kentang

Siapa yang tak suka kentang goreng atau perkedel kentang? Dari anak-anak sampai orangtua jarang sekali yang tidak suka kentang. Tak hanya enak dikonsumsi, ternyata kentang juga memiliki kandungan zat yang baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan rambut hingga wajah. Kentang mengandung nutrisi dan mineral lainnya seperti, vitamin B6 & B12, vitamin C, kalium dan juga magnesium, yang bermanfaat untuk pertahanan tubuh melawan penyakit.

Fakta Unik Kentang

Semua orang pasti tahu dan pernah makan kentang yang merupakan makanan pokok penting di Negara Negara Eropa karena merupakan sumber karbohidrat yang baik bagi tubuh, dan sekarang menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Kentang tumbuh di pegunungan dengan ketinggian antara 1000 mdpl hingga 2000 mdpl, pada tanah humus. Tanah bekas letusan gunung berapi yang berstruktur remah lebih baik. Berikut fakta unik tentang kentang.

1. Kentang Bisa Menjadi Pengganti Nasi

Hal ini disebabkan karena seratnya lebih banyak. Ada vitamin dan mineral pada kentang. Tapi pada pasien diabetes melitus harus hati-hati makan kentang. Karena indeks glikemiknya hampir sama dengan nasi. Jadi kadar gula darah cepat naiknya.

2. Kentang dan Suku Inca

Ternyata, kentang berasal dari Amerika Selatan. Tanaman sayur ini diperkenalkan oleh bangsa Spanyol sampai akhirnya meluas dan terkenal sebagai tanaman khas Irlandia. Selain itu, masyarakat Suku Inca juga sudah menanam kentang sejak tahun 200 sebelum masehi.

3. Kentang Goreng Pertama

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini kan? Tapi, tahukah Kamu kalau kentang goreng pertama diperkenalkan oleh Amerika Serikat dan disajikan pertama kalinya kepada Presiden Amerika Serikat Thomas Jefferson pada tahun 1801.

4. Kentang yang Berwarna Hijau Mengandung Racun

Perubahan warna pada kentang dari kuning ke hijau itu bisa jadi akibat paparan sinar matahari yang terlalu lama. Jadi benar kentang hijau itu beracun. Karena mengandung solanin yang tidak hilang meski dimasak. Oleh karenanya, penting memperhatikan durasi penyimpanan kentang, yaitu paling lama dua minggu, harus sudah diolah.

5. Kentang Bagus untuk Kecantikan Wajah dan Rambut

Kentang mengandung vitamin C berkadar tinggi, bahkan lebih tinggi dari tomat. Sehingga kentang terbukti dapat memberi manfaat pada kecantikan kulit wajah dan rambut. Untuk mendapat manfaat maksimal vitamin C dari kentang, harus dikonsumsi, bukan dijadikan masker.

Cara memasaknya pun disarankan tanpa kupas kulit. Vitamin C itu larut air, jadi mengolah kentang jangan dikupas, supaya menahan vitamin C-nya

6. Kentang Terbesar di Dunia

Kentang terbesar juga pernah masuk ke dalam rekor “Guines Book of Records” dengan berat 8,5 pon yang setara dengan 73 porsi kentang goreng yang biasa dijual di restoran cepat saji.

kentang

7. Nutrisi Kentang Ada Pada Bagian Kulitnya

Pernyataan ini kurang tepat. Karena faktanya, kulit kentang memang mengandung serat. Tapi bagian yang kaya vitamin dan mineral, ada pada daging kentang.

8. Makanan Pokok Ke-4

Kentang merupakan makanan pokok ke-4 setelah makanan pokok lainnya seperti beras, jagung, dan gandum. Amerika Serikat merupakan Negara dengan warga terbanyak yang mengonsumsi kentang dengan perhitungan konsumsi kentang 60 kg per tahunnya.

9. Kentang Baik Untuk Kesehatan Otak dan Saraf

Kandungan kalium pada kentang mampu melancarkan peredaran darah ke otak. Selain itu, terdapat karbohidrat yang merupakan bahan bakar utama bagi otak.

10. Ditanam di Luar Angkasa

Tahukah Kamu kalau ternyata kentang juga pernah ditanam di luar angkasa pada tahun 1995 dengan menggunakan media kapal ulang alik Columbia. Tanaman inilah yang menjadi sumber makanan utama para astronot yang sedang bertualang di luar angkasa sana. Hebat, kan?

11. Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kandungan kalium yang sangat tinggi pada kentang dapat melebarkan pembuluh darah, sehingga membantu melancarkan aliran darah.

12. Ramah Lingkungan

Kentang merupakan tanaman yang gampang tumbuh tanpa harus diberikan pupuk atau zat kimia perangsang pertumbuhan. Oleh karena itu, Kamu bisa menanamnya di mana saja tanpa perlu memerlukan pupuk, baik pupuk organik maupun pupuk buatan.

13. Mengurangi Stress

Percaya atau tidak, ternyata kentang bisa mengurangi stress yang Kamu hadapi. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin B6 di dalamnya yang mampu membuat hormone adrenalin merespon stress sehingga tubuh dan pikiranmu akan menjadi lebih tenang.

14. Obat Penyakit Otak dan Ginjal

Kentang tidak hanya memberikan energy untuk menambah stamina saat beraktivitas, tapi juga memberikan manfaat sebagai obat sekaligus pencegah penyakit otak dan ginjal. Kandungan magnesium di dalamnya mampu mencegah penyumbatan ginjal dan kandungan zat besi serta tembaganya mampu menutrisi otak lebih baik.

15. Racun Kentang

Kentang digolongkan ke dalam jenis sayuran. Kentang juga hanya memiliki bagian padat sebanyak 20% dan sisanya adalah bagian cair. Meskipun begitu, daun kentang sangat berbahaya untuk dikonsumsi karena mengandung racun glycoalkaloid yang merupakan bagian pertahanan alami kentang.

Tips Memilih Kentang yang Berkualitas

- Kentang yang kulitnya halus, rasanya lebih gurih
- Jangan yang berwarna kehijauan karena mengandung solanin yang bersifat racun.
- Pastikan kulit kentang tidak keriput, tidak bertunas, tidak retak
- Bobot kentang juga harus mantab yang menandakan umbinya padat

Resep Perkedel Kentang Balur Putih Telur

Dibawah ini ada resep murah mudah enak dengan berbahan dasar kentang. Bahan yang diperlukan juga tidak banyak, dan dijamin seluruh anggota keluarga pasti suka. Yuk langsung klik aja:

Share This Article :
Zefy Arlinda

Yuk membaca, semoga bisa memberikan nilai positif untuk semua orang.

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 12 komentar:

  1. Perkedel kentang salah satu makanan yang enak banget, enak buat disanding dengan apa aja, gak masalah dengn jenis kentang apa pun.

    ReplyDelete
  2. Aku suka aja makan kentang. Bisa buat ganti nasi tapi kalau bikin perkedel ya makannya pakai nasi. Dobel Karbo deh. Enak

    ReplyDelete
  3. Wuih ada kentang terbesar di dunia, ternyata banyak fakta unik tentang kentang, anak-anak paling suka dibuatkan perkedel kentang

    ReplyDelete
  4. Sy klo kongkow sama teman2 pasti pesen french fries lama-kelamaan bisa kenyang juga dan ngobrol pun makin enak. Oh ya tadi sy sudah ntn videonya, nanti cuss lah ke pasar belanja bahan2nya,,,

    ReplyDelete
  5. Wah, fakta tentang kentang yang pernah ditanam di luar angkasa dan bisa tumbuh itu baru buatku. Kereeen.

    ReplyDelete
  6. Wahhg aku baru tau kalo kentang hijau beracun, baiklah berarti kentang memang gak awet ya simpen lama. Kudu cepet dimasak

    ReplyDelete
  7. Sebagai pecinta kentang, diriku langsung kenpengen cobain juga resepnya. Apalagi mudah dibuatnya. pasti sedep banget sih. auto lapar akutuh... ayuk makan enak

    ReplyDelete
  8. Aku juga suka kentang...
    Banget.
    Apalagi sejak kenal mashed potatoes. Suka banget olahan kentang yang ternyata melimpah di bumi Indonesiaku yaa..

    ReplyDelete
  9. Wah, makasih infonya, Mbak. Beberapa fakta tentang kentang baru aku tahu. Diantaranya ternyata yang berwarna hijau mengandung racun, ya.
    Btw kami sekeluarga juga suka kentang goreng. Terutama anak-anak, nih :)

    ReplyDelete
  10. Favorit aku banget ini olahan kentang termasuk perkedel kentang, enyaaak. Beberapa fakta di atas aku baru tahu lho, jadi nambah informasi nih. Favorit banyak orang memang kentang ini

    ReplyDelete
  11. Saya baru tau ternyata kentang bisa menghilangkan stres juga ya. Wah makin senang makan kentang, deh! hehehe
    Setelah membaca artikel ini, saya jadi hati-hati dengan kentang yang sudah berwarna hijau. Ngeri sama racunnya

    ReplyDelete
  12. Aku kalau jajan di warung ada kentang goreng menunya, aku nggak pernah ketinggalan. Tapi kalau kentang rebus doang nggak doyan Kak hahaha

    ReplyDelete
8803000654652570868