BLANTERVIO103

13 Bahan Alami Untuk Rambut Hitam Berkilau

13 Bahan Alami Untuk Rambut Hitam Berkilau
01 November 2020
Sunsilk

Sangat banyak orang yang mengidamkan untuk memiliki rambut hitam dan berkilau alami. Karenanya,  banyak cara atau metode dilakukan oleh orang-orang untuk menghitamkan rambut. Salah satunya ialah dengan menggunakan pewarna atau semir rambut.

Memang dengan menggunakan pewarna, kita bisa mendapatkan warna hitam sesuai dengan keinginan secara instan, tapi perlu diingat bahwa rambut dengan pewarna itu membutuhkan biaya perawatan yang tidak murah lho. Ditambah lagi apabila menggunakan pewarna kimia atau semir secara terus menerus bisa berdampak jelek untuk kesehatan rambut. Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang dikenal bisa membantu merawat rambut dan menjadikan rambut lebih hitam berkilau alami.

1. Urang Aring

Urang-aring adalah sejenis tumbuhan yang kebanyakan ditemukan liar sebagai gulma, anggota suku Asteraceae. Tanaman ini terkenal oleh kegunaannya sebagai penyubur rambut dan penghitam rambut. 

Daun dari tumbuhan ini menghasilkan zat pewarna hitam alami, yang memang biasa digunakan sejak dulu sebagai cara menghitamkan rambut dengan alami. Daun urang-aring diremas-remas dalam air, yang kemudian digunakan untuk mendinginkan kepala serta untuk menyuburkan dan menghitamkan rambut. Cairan urang-aring dioleskan pada kepala bayi agar lekas mendapatkan rambut yang hitam.

Karena itu, kandungan urang-aring sering ditemukan dalam shampoo yang bisa menjaga warna alami rambut. Salah satu produk basic perawatan rambut mengandung urang-aring yang terkenal memberi hasil yang memuaskan karena kualitasnya adalah sunsilk dengan varian Sunsilk Black Shine Shampoo.

sunsilk

Shampoo ini mengandung bahan alami lengkap seperti urang-aring sebagai penghitam dan penyubur rambut, jeruk nipis sebagai pencegah lepek, camellia essence untuk menambah keharuman rambut, ginseng untuk meluruskan dan menguatkan rambut, dan mint untuk sensasi segar para kulit kepala.

2. Minyak Zaitun

Bukan hanya baik untuk menjaga kesehatan kulit saja. Minyak zaitun pun bisa Kamu gunakan sebagai cara menghitamkan rambut secara alami. Yang perlu Kamu lakukan untuk menghitamkan rambut dengan minyak zaitun ialah mengoleskan sekitar 5 tetes minyak zaitun ke seluruh rambut.

Namun Kamu harus menggunakan minyak zaitun murni atau Extra Virgin Olive Oil tanpa campuran bahan lainnya. Setelah itu, diamkan semalaman agar kandungan nutrisi pada minyak zaitun meresap ke dalam rambut.

Esoknya bilas rambut dengan air bersih dan juga shampo jangan lupa untuk menggunakan conditioner juga. Selain itu, mengeringkan rambut usahakan jangan menggunakan hair dryer ataupun flat iron. Kamu cukup membiarkan rambut kering secara alami dengan bantuan handuk rambut saja.

3. Minyak Kelapa

Cara menghitamkan rambut selanjutnya ialah menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa yang bisa Kamu temukan secara mudah ini pun bisa Kamu jadikan sebagai ramuan perawatan rambut. Selain itu, sebagai cara menghitamkan rambut, manfaat minyak kelapa lainnya ialah untuk menjaga kelembaban rambut agar tidak kering dan tidak mudah rontok.

Penggunaan minyak kelapa untuk menghitamkan rambut pun mudah dilakukan. Kamu hanya perlu memanaskan sedikit minyak kelapa, kemudian oleskan ke seluruh rambut yang kering ataupun setengah basah. Diamkan sekitar 20 hingga 25 menit kemudian bilas hingga bersih. Minyak kelapa ini mampu membuat rambutmu tumbuh hitam dan berkilau secara alami.

4. Minyak Kemiri

Minyak kemiri juga biasa digunakan untuk menghitamkan rambut secara alami. Selain menghitamkan rambut, minyak ini juga bisa membuat rambut lebih tebal. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan vitamin pada kemiri yang bisa dijadikan pewarna alami.

Untuk bisa memperoleh minyak kemiri ini, Kamu hanya perlu membakar ataupun menyangrai kemiri hingga berubah warna menjadi kehitaman. Kemudian Kamu bisa menumbuk kemiri tersebut hingga mengeluarkan ekstrak minyak. Setelah itu, gosokkan minyak kemiri yang Kamu dapatkan ke rambut secara merata.

5. Daun Bunga Sepatu

Cara penggunaannya cukup mudah. Siapkan sebanyak 10 helai daun dari bunga sepatu, lalu cuci daun tersebut menggunakan air sampai bersih. Hindari meremas daun saat mencuci. Setelah dicuci bersih barulah daun-daun tersebut diremas agar keluar lendirnya.

Lendir yang sudah terkumpul tadi dioleskan ke bagian rambut yang sudah dibasahi dengan air sebelumnya. Mengoleskan lendir ke rambut yang telah dibasahi. Pengolesan lendir pun bisa lebih mudah dan lebih bisa merata jika rambut dalam kondisi basah. Setelah rambut mengering, selanjutnya bilas rambut menggunakan air bersih.

6. Kulit Apel

Kulit apel rupanya memiliki manfaat banyak Kamu, bukan hanya daging buahnya saja lho. Kulit apel sendiri memiliki manfaat untuk meminimalisir uban dan bisa membuat rambutmu menjadi hitam berkilau.

Cara menghitamkan rambut dengan kulit apel untuk mencegah uban ialah haluskan buah apel beserta kulitnya menggunakan blender. Kamu bisa menggunakan beberapa buah apel sesuai kebutuhan rambut. Setelah itu oleskan ke seluruh rambut dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu keramas hingga bersih dengan shampo.

7. Lidah Buaya

Lidah buaya bisa digunakan sebagai cara menghitamkan rambut tanpa semir. Selain itu, lidah buaya pun bisa membantumu untuk memperoleh rambut hitam dan berkilau. Kamu hanya perlu memilih lidah buaya dengan daging yang cukup tebal. Ambil daging lidah buaya tersebut dan haliskan hingga lembut. Kamu tak perlu untuk mencucinya, karena daging lidah buaya memiliki air yang dibutuhkan untuk menutrisi rambut.

Haluskan lidah buaya yang sudah dihaluskan ke seluruh rambut dan diamkan selama 15 hingga 20 menit. Tujuannya agar kandungan nutrisi meresap ke rambut. Setelah itu keramas hingga bersih.

8. Minyak Wijen

Minyak wijen bisa digunakan sebagai cara menghitamkan rambut tanpa semir. Minyak ini dipercaya bisa meresap dengan cepat dalam rambut. Bahkan bisa ikut menutrisinya dari luar dengan baik. Cara penggunaannya adalah pertama, usapkan minyak wijen ke kulit kepala sambil dipijat-pijat. Kemudian, usapkan minyak wijen ke kulit rambut juga dari batang rambut sampai dengan ujung rambut.

Kemudian diamkan selama 20 menit. Lakukan ini secara teratur, minimal seminggu dua kali.

9. Biji Pepaya

Ambil buah pepaya matang yang masih segar, kemudian belah pepaya tersebut lalu ambil bijinya. Cuci biji pepaya sampai bersih, selanjutnya sangrai biji pepaya tersebut. Setelah itu, tumbuk dengan mencampurkannya dengan minyak kelapa sampai halus.

Oleskan campuran tadi pada bagian kulit kepala dan rambut sembari dipijat-pijat perlahan. Bungkus rambut Kamu dengan handuk selama 2-3 jam. Kemudian bilas dengan menggunakan air dingin sampai rambut bersih.

10. Alpukat

Caranya cukup mudah, belah buah alpukat menjadi dua bagian, ambil daging buah alpukat dengan menggunakan sendok, ingat alpukat yang digunakan adalah buah yang sudah matang saja. Haluskan daging buah alpukat sampai benar-benar halus.

Daging alpukat yang telah halus dicampurkan dengan kuning telur dan juga satu sendok teh minyak zaitun. Aduk sampai rata. Setelah menjadi masker, oleskan masker alpukat ke bagian pangkal rambut sampai dengan ujung rambut. Diamkan selama 30-45 menit. Setelah kering bilas menggunakan shampoo agar lebih bersih.

11. Santan Kelapa

Parut setengah butir kelapa dan ambil ampasnya saja. Berikan sedikit air dan kemudian peras. Ambil santan yang kental. Jangan langsung menggunakan air yang banyak sebab santan bisa encer. Semakin encer santan semakin tidak bagus khasiatnya untuk menghitamkan rambut.

Balurkan santan yang kental tersebut ke bagian pangkal rambut sampai dengan ujung rambut. Kemudian diamkan selama 30-45 menit. Cuci bersih dan Kamu langsung bisa keramas menggunakan shampoo biasa.

12. Mengkudu

Pertama parut buah mengkudu sampai benar-benar halus. Buah mengkudu yang telah halus kemudian diperas dan diambil sarinya.Gunakan air perasan mengkudu untuk diusapkan di bagian rambut terutama di bagian kulit rambut.

Diamkan selama 10-15 menit dan bilas menggunakan air dingin, tidak perlu menggunakan shampoo. Kamu bisa lakukan ini setidaknya tiga kali dalam seminggu.

13. Daun Rambutan

Daun rambutan memiliki kandungan yang membantu produksi pigmen rambut. Jadi, tidak salah jika cara menghitamkan rambut tanpa semir bisa mengandalkan daun rambutan. Ambil beberapa lembar daun rambutan, rendam di dalam air dan remas daunnya sampai sedikit hancur.

Diamkan daun rambutan ini dalam air selama 10 menit. Setelah itu, remas kembali daunnya sampai benar-benar hancur. Basuhkan air daun rambutan ini ke rambut kita dan diamkan selama 15-20 menit. Kemudian, keramaslah seperti biasa. 

Share This Article :
Zefy Arlinda

Yuk membaca, semoga bisa memberikan nilai positif untuk semua orang.

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 12 komentar:

  1. andalan aku sampai sekarang masih pakai urang aring. lidah buaya bagus sih buat tebel juga. cuma rasanya paling enak pakai lidah buaya hasil petikan, dan sekarang udah ga nanem lagi

    ReplyDelete
  2. Aku pernah cobain minyak kemiri dulu sewaktu kecil, cuma karena kebanyakan ngolesnya, jadi terasa lengkes banget. Mungkin dengan jumlah yang tepat bisa oke juga, tapi tetep aja untuk yang lebih cepat, pemakaian shampoo yang tepat bisa mendatangkan hasil yang lebih maksimal.

    ReplyDelete
  3. Waw ternyata banyak banget ya Mbak bahan alami untuk membuat rambut hitam berkilau, kebetulan rambutku udah mulai beruban jadi pengin coba juga hehehe

    ReplyDelete
  4. aku kalau di rumah pakai yang lidah buaya
    enak aja gitu di rambut aku
    dan rambut aku kan hitam banget
    entah sih berkilau atau enggak, pokoknya baguswes

    ReplyDelete
  5. dulu aku sering dipakein sama mamah , urang aring , sama lidah buaya ka, waktu kecil karena masih panjang , dan itu workt it kalau sekrn aku udah berhijab jarang ka hehe

    ReplyDelete
  6. Paling tahu dan sering digunakan itu Urang arung sama Lidah buaya. Yang lain ada yang baru ngeh kaya daun rambutan. Ternyata bisa juga ya. Murah meriah lagi

    ReplyDelete
  7. Semua bahan bisa dicari dengan mudah. Artinya bisa2 saja kita membuat rambut hitam berkilau dengan bahan yang kita buat sendiri ya.

    ReplyDelete
  8. Biji pepaya sama daun rambutN itu aku baru denger loh, keren juga ya apalagi rambutan banyak di sekitarku bisa coba2 ntar

    ReplyDelete
  9. Banyak juga ya bahan alami di sekitar kita yang bisa kita gunakan untuk membuat rambut hitam berkilau. Aku baru punya tanaman lidah buaya nih. Jadi pengen praktik ke rambut anak-anakku. Hehe. Makasih Mbak sharing ilmunya :)

    ReplyDelete
  10. Yang aku tau lidah buaya doang mbaaa
    pernah praktekin ke rambut aku
    dan bener bangettt, jadi item lebat gitu

    ReplyDelete
  11. Pas anak-anak masih kecil, aku inget banget bikin minyak kemiri sendiri.

    Waah...perjuangan demi rambut anak tumbuh hitam berkilau.

    Alhamdulillah,
    Memang nyata manfaat bahan-bahan di atas bila menggunakan dengan rutin.

    ReplyDelete
  12. dulu sering pakai santen sih..selain hitam juga, bikin rambut lemas..., kalo mau cepet hitam pakai kemmiri..yg dibakar sendiri hehehe..jadi digongseng sendiri terus ditumbuk halus..langsung aja diolesin..terus dah meresap..keramas sampai bersih,,

    ReplyDelete
8803000654652570868