BLANTERVIO103

Melirik Peluang Penghasilan dari Adsense Blog

Melirik Peluang Penghasilan dari Adsense Blog
09 October 2020

Ditolak kerja karena hobi ngeblog

Terjun ke dunia blog sungguh telah memberikan warna dalam hidupku. Melalui blog aku mulai kenal dengan dunia menulis, mendapatkan tambahan uang, mendapatkan banyak relasi, bersentuhan dengan yang namanya SEO, dan akhirnya ditolak kerja.

Bagian terakhir itu adalah kejadian di luar perkiraan.

Kok bisa ditolak kerja karena memiliki blog?

Ceritanya dua bulan lalu aku melamar untuk menjadi salah seorang petugas sensus penduduk di kotaku. Tahap pertama (administrasi) aku lulus, lalu dipanggil untuk mengikuti tes wawancara.

Pada tahap wawancara ini banyak sekali pertanyaan yang dilontarkan. Pertanyaan terakhirnya adalah apa hobiku. Aku dengan semangat mengatakan bahwa hobiku adalah ngeblog.

blog
“Hobiku ngeblog Pak.”

Aku menjawab dengan semangat dan yakin sekali. Aku yakin bahwa memiliki hobi ngblog merupakan salah satu kelebihan yang bisa aku tonjolkan. Karena menurutku melalui blog aku bisa membantu menyebarkan informasi tentang kegiatan yang akan dilaksanakan nanti, atau informasi lain yang dinggap penting.

Ternyata yang terjadi sungguh di luar ekspektasi.

Alih-alih mendapatkan nilai tambah aku malah langsung mendapatkan penolakan. Si pewawancara malah bilang “Kamu ngeblog? Kan penghasilannya besar, kamu ngeblog saja. Berbagilah rezeki dengan yang lain. Masa pandemi sekarang ini sulit, banyak sekali penggangguran. Ikhlaskan ya”.

Aku saat itu bingung mau jawab apa. Pada satu sisi aku berharap bisa jadi bagian dari mereka. Pada sisi lain batinku mengiyakan untuk ikhlas. Tapi aku rasanya ingin sekali membantah, aku bergumam dalam hati “Pak, memang aku hobi ngeblog tapi aku masih kelas teri”.

Kemudian beliau  berkata lagi “Tetap semangat kan mba?”

Aku menjawab kalau aku tetap semangat.

Beliau pun mulai tanya-tanya tentang dunia blog kepadaku. Katanya dia tertarik untuk ngeblog juga. Aku jawab semua pertanyaannya semampuku. Tapi beliau  tidak percaya soal penghasilan.

Beliau  bertanya berapa penghasilanku dari blog. Aku jawab jujur kalau sejauh ini penghasilanku dari blog belum menentu. Kadang besar dan kadang kecil, apalagi di masa pandemi ini jobku berkurang. Saingan makin banyak karena banyak yang di PHK kemudian memutuskan terjun ke dunia internet.

Beliau tetap percaya kalau penghasilan dari internet besar. Ntah apa yang membuat beliau sangat yakin kalau semua blogger berpenghasilan besar. Aku anggap ini sebuah doa.

 

Mulai lebih serius ngeblog

Ditolak kerja karena memiliki blog membuatku bertekad kalau aku harus lebih semangat ngeblog. Penolakan yang aku alami adalah sebuah lecutan agar aku berlari lebih kencang. Aku mulai lebih rajin menulis dan belajar lagi tentang blog.

Aku lebih aktif di grup atau komunitas blogger yang aku ikuti. Suatu saat saat sedang buka facebook ada notifikasi masuk dari grup IIDN (Ibu-ibu Doyan Nulis). Katanya bakalan ada webinar series oleh IIDN dan IM3 Ooredoo untuk para blogger. Temanya bertajuk “Mengoptimalkan Peluang Dunia Blog”.

Secepat kilat aku langsung daftar, pokoknya jangan sampai ketinggalan. Kita wujudkan apa yang sudah dikatakan oleh si bapak pewawancara itu.

 

Ngeblog Bareng IM3 Ooredoo X IIDN

Webinar IM3 Ooredoo X IIDN ini tidak tanggung-tanggung. Ada 25 Webinar yang berkaitan dengan Blogging. Tinggal kita lagi yang harus siap wadah untuk menampung ilmu.

Salah satu webinar yang aku ikuti adalah webinar tanggal 13 September 2020 pada pukul 19.30 WIB. Pembicaranya mas Afit Husni, beliau adalah seorang Enterpreneur dan merupakan founder urbandigital.id.

Mas Afit bercerita tentang peluang penghasilan lewat adsense. Tema gula untuk para semut blogger hehehehe… maksudku teman ini adalah salah satu tema yang sangat diminati oleh blogger, termasuk aku.

iidn x im3
Mas Afit sebagai pemateri webinar

Beliau bercerita tentang awal menulis dan bagaimana perkembangannya sekarang. Semuanya tidak instan, beliau memulainya dengan kerja keras. Awal-awal menulis dalam sehari bisa sampai beberapa artikel dan semuanya dikerjakan sendiri.

Berbeda dengan sekarang, beliau sudah memiliki tim. Memiliki tim membuat pekerjaan terasa lebih mudah. Penghasilannya dari adsense juga sudah sangat lumayan, sangat patut untuk dilirik.

Nah, benar ternyata kata si bapak pewawancara waktu melamar kerja di BPS. Blogger penghasilannya besar meski dengan tanda kutip “Blogger yang berpenghasilan besar itu yang bekerja keras, terus belajar, konsisten, dan ingat kalau semuanya tidak instan”. 

Catatan yang aku terus ingat saat webinar adalah kita harus konsisten dalam menulis. Sebaiknya blog temanya jelas, misalnya blog teknologi, blog kecantikan, blog kesehatan dan lain sebagainya. Kemudian terus belajar tentang dunia tulis dan dunia blog.

Lebih semangat ngeblog dengan IM3 Ooredoo

Ikut webinar bikin aku lebih semangat ngeblog dan berharap suatu hari memiliki tim seperti mas Afit. Ya, seperti sudah aku ceritakan di atas bahwa jika blog kita sudah besar maka kita tidak bisa mengelolanya sendirian. Kita membutuhkan tim dan tentu saja jaringan internet yang mumpuni. Masa iya kita kerjanya di dunia internet tapi kuota seret kan?

Nah, IM3 Ooredoo memiliki layanan IMPreneur yang bisa memperlancar komunikasi dengan tim kita.

Apa sih IMPreneur?

IMPreneur merupakan paket khusus yang didesain untuk pelaku SME (Small Medium Enterprise) atau biasa di sebut UMKM di Indonesia yang ingin memberikan kemudahan komunikasi bagi karyawannya. Pelanggan bisa membagikan kuota, telpon ke operator lain dan juga kuota bisnis kepada karyawannya. Kuota bisnis di sini adalah kuota untuk mengakses Instagram, Facebook, Whatsapp, Tokopebeliau , Shopee, Traveloka, OVO, Gopay dan Dana.

Sedangkan cara membagikan kuota atau benefit ke anggota tim dengan cara:

1. Berlangganan kartu IM3 Ooredoo Pre-Paid dan Postpaid.

2. Daftar paket IMPreneur

3. Klik link yang dikirim setelah mendaftar

4. Login dengan OTP yang diberikan

5. Masuk ke dashboard, nanti ada fitur membagikan kuota atau tambah nomor karyawan.

Kalau sudah berbagi dan ingin melihat penggunaan kuota  bisa melalui aplikasi MyIM3. Menurutku caranya tergolong mudah.

Solusi komunikasi yang sesuai dengan kebutuhan kita yang memerlukan jaringan internet mumpuni. Kita bisa menjalankan usaha dari mana saja karena benefit dari paket ini bisa dibagikan ke semua anggota tim dan kita bisa membuat group sesuai kebutuhan bisnis. Asiknya lagi paket bisa digunakan untuk pelanggan prabayar dan pascabayar.

 

Kelebihan IMPreneur:

Melirik Peluang Penghasilan dari Adsense Blog

 

Keren ya IMPreneur. Terimakasih IM3 dan IIDN yang telah menyelanggarakan Webinar untuk kami. Semoga IM3 dan IIDN semakin jaya.

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog IM3 X IIDN Mengoptimalkan Peluang Usaha Dunia Blogging. Lebih lengkapnya bisa ikuti link ini ya http://bit.ly/im3ooredoxiidn 


Share This Article :
Zefy Arlinda

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 12 komentar:

  1. Kalau saya justru punya pengalaman unik
    Saat saya ditanya apa hobynya
    Saya jawab ngeblog
    eh dikiranya tukang bangunan yang bikin itu batu blok
    Saya hanya mangut-mangut

    ReplyDelete
  2. Aku selama belajar ngeblog ngerasa banyak pelajaran yang aku ambil mulai dari prngalaman belajar SEO walaupun smpe sekarang blum ngerti bngt hihihi smpe pengalaman jadi admin gara2 terjun didunia blog juga..tapi sedih juga y mba ditolak gara2 punya blog...ttep semangat ya mbaa

    ReplyDelete
  3. Wah..baru tahu aku ada kejadian ditolak kerja karena ngeblog. Kok aneh itu Bapak.. Tapi semoga itu justru menjadi pemicu semangat utk ngeblog ya Kak..

    ReplyDelete
  4. Wah jadi kalau diluar berpikirnya blogger itu penghasilannya besar ya? Kalau ditekuni ya memang besar, Mba terutama dari adsense. Kalau berharap dr event rejeki2an itu mah. ^_^

    ReplyDelete
  5. Wah, aku baru tahu nih punya hobi nge-blog bisa ditolak kerja. Tapi betul juga sih, semoga ucapan beliau adalah doa. Padahal bilangnya hobi nge-blog ya, bukan pekerjaannya nge-blog. Hobi kan bisa jadi nggak selalu berasosiasi dengan uang. Wis, positive thinking aja. Mungkin aja ini pintu petunjuk bahwa jalan suksesnya di sini ya, Mbak. Aamiin.

    Apalagi udah dapat dukungan moril kan ya lewat webinar yang diselenggarakan IIDN. Biar makin josss!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hu um, mana tahu jadi kenyataan gitu ya heheeee

      Delete
  6. Bapaknya doain biar dapat penghasilan besar dari ngeblog, ya. Semoga beneran terkabul.

    ReplyDelete
8803000654652570868