BLANTERVIO103

LAYANAN SERVICE GENSET DENGAN KUALITAS TERBAIK

LAYANAN SERVICE GENSET DENGAN KUALITAS TERBAIK
03 October 2020

 

Mesin Genset (Generator Set) merupakan sebuah alat pembangkit listrik cadangan yang menggunakan energi kinetik. Listrik yang dapat dihasilkan disesuaikan dengan ukuran genset. Pertama kali genset ditemukan oleh Michael Faraday yang berhasil menemukan ada energi yang dapat dihasilkan ketika adanya konduktor listrik bergerak lurus terhadapat medan magnet. Pada awalnya, mesin genset ini dibuat hanya menggunakan gulungan kawat dan besi berbentuk U.

sewa genset

Sebelum anda membeli genset disarankan anda melakukan Commisioning Genset yaitu merupakan proses memastikan atau pengujian operasional genset berjalan sesuai dengan standar yang berlaku. Dalam Layanan sewatama jasa tersebut sudah dijamin sangat membantu dalam menggunakan alat generator ini. Berikut jenis-jenis genset yang bisa anda ketahui :

Genset pertama dinamakan Generator Cakram Faraday. Jenis mesin generator set memiliki cara kerja yang berbeda berdasarkan jenis arus listrik. Berdasarkan arus listriknya genset dibagi menjadi 2, yaitu Mesin Generator Set Listrik Alternator (AC) dan Mesin Generator Set Listrik Dinamo (DC). Untuk generator set jenis Listrik Alternator (AC), memiliki 2 kutub magnet yang saling dihadap-hadapkan agar bisa menghasilkan medan magnet. Pada daerah tengah medan magnet terdapat sebuah kumparan yang berputar.

Dikarenakan kumparan terus berputar sehingga gaya magnet yang masuk berubah-ubah. Sifat arus listrik yang dihasilkan adalah arus bolak-balik yang berbentuk seperti gelombang (amplitudo bergantung pada medan magnet, luas penampang kumparan dan jumlah lilitan kawat). Sedangkan, generator set jenis Listrik Dinamo (DC) memiliki cara kerja yang mirip dengan mesin generator set alternator. Hal yang berbeda dari mereka berdua adalah genset DC menggunakan sistem cicin belah.

Cicin belah ini biasanya disebut dengan nama komutator, yang biasanya terletak pada bagian output. Apapun pilihan genset, perlu diketahui bahwa pada umumnya cara kerja genset memerlukan lilitan kawat dan kutub-kutub magnet. Selain itu, para genset juga memerlukan bahan bakar. Bahan bakar yang banyak digunakan hingga saat ini tentu saja besin (solar), namun tidak bisa dipungkiri bahwa sekarang sudah banyak yang mencoba dan membuat mesin diesel dengan tenaga baru. Tenaga baru yang digunakan adalah adalah tenaga sinar matahari, yang memerlukan lempengan penyerap panas dari sinar matahari. Tetapi, tenaga baru ini masih kurang dikembangkan karena masih susahnya mengelolah gas dan membuat mesin yang cocok.

Pastikan sebelum anda membeli genset melakukan Commisioning Genset terlebih dahulu. Dengan menggunakan Layanan sewatama semua akan berjalan lancar dan aman.

Share This Article :
Zefy Arlinda

TAMBAHKAN KOMENTAR

8803000654652570868