BLANTERVIO103

Cara Memilih Kost Atau Rumah Sewa Yang Tepat

Cara Memilih Kost Atau Rumah Sewa Yang Tepat
09 October 2020
Sewa Rumah

Baru saja dimutasi atau pindah ke kota lain, baru menikah, atau baru diterima di sekolah atau universitas idaman di luar kota, belum bisa membeli rumah sendiri, atau sedang kuliah pasca sarjana?. Jika kamu dalam kondisi seperti ini, pastinya kamu memilih untuk sewa rumah dibandingkan membeli. Kalau Kamu masih single, tentu Kamu cukup mencari kost, namun beda cerita jika membawa pasangan dan juga anak-anak, sehingga perlu mencari hunian yang lebih besar. Namun, apakah sudah mempersiapkannya dengan matang?

Meski hanya ditujukan sebagai hunian sementara, pada kenyataannya memilih sewa rumah kontrakan atau kost tak bisa dilakukan sembarangan saja lho. Penting untuk memiliki sebuah strategi dalam mencari rumah sewa atau kost yang tepat. Mahalnya harga rumah di kota-kota besar membuat bisnis rumah sewa atau kost sangat marak terjadi di Indonesia. Respon yang didapat pun positif, jenis hunian ini pun semakin diminati oleh masyarakat. Banyak orang yang lebih memilih tinggal di rumah kontrakan atau kost karena biaya sewanya yang lebih murah, jauh jika dibandingkan harga beli rumah baru ataupun bekas.

Bagi Kamu yang sedang bingung bagaimana cara mencari kost atau rumah sewa yang tepat itu seperti apa, nih Aku kasih tipsnya, perhatikan hal-hal dibawah ini sebelum memutuskan untuk memilih kost atau rumah sewa tersebut.


1. Lokasi Yang Sesuai

Sama seperti pada cara menentukan nilai properti, "lokasi" adalah aspek sakral yang menduduki puncak syarat bernilainya sebuah properti atau tidak. Tips pertama yang harus dilakukan dalam mencari rumah kontrakan atau kost adalah menentukan lokasi rumah sewa atau kost yang sesuai atau lokasi yang dapat mengakomodir segala aktivitas dengan mudah.

Misalnya saja, seperti rumah kontrakan yang berlokasi dekat dengan tempat kerja, sekolah, atau kampus. Jika tidak ada, carilah lokasi yang dekat dengan fasilitas umum seperti stasiun, halte, terminal, pasar, dan lain-lain. Hal ini penting, agar kamu dapat dengan mudah beraktivitas sehari-hari, seperti bekerja dan berbelanja. 

Dengan memilih lokasi yang sesuai dengan kebutuhan, maka segala kegiatan bisa dijalankan dengan lebih fleksibel dan mudah.


2. Fasilitas Yang Ditawarkan

Saat ingin mencari rumah sewa atau kost, kamu perlu memperhatikan fasilitas apa saja yang bakal didapatkan selama disana. rumah sewa atau kost yang satu tentu saja berbeda dengan rumah sewa atau kost yang lainnya. Setiap rumah sewa atau kost menawarkan fasilitas yang berbeda. Maka, kamu harus tahu fasilitas seperti apa yang sebenarnya dibutuhkan.

Bagi yang ingin selalu terhubung dengan internet, carilah rumah sewa atau kost yang memiliki fasilitas Wi-Fi. Jika kamu memiliki kendaraan pribadi, carilah rumah sewa atau kost yang memiliki lahan untuk tempat menyimpan kendaraanmu. Pastikan juga semua fasilitas yang ditawarkan mendukung semua kegiatanmu sehari-hari.

Semakin bagus fasilitas yang ditawarkan, maka semakin mahal pula harganya. Jika ingin mendapatkan fasilitas yang memadai dan lengkap, kamu harus siap mengeluarkan uang yang lebih banyak.


3. Harga Yang Bersahabat

Di era seperti sekarang, banyak orang yang membuka rumah sewa atau kost. Masing-masing rumah sewa atau kost tentu saja menawarkan fasilitas dan harga yang berbeda. Semakin lengkap fasilitasnya, biasanya harga yang ditentukan juga semakin mahal. Ketika memilih rumah sewa atau kost, perhatikan terlebih dulu fasilitas, akses, dan lokasi dari rumah sewa atau kost itu sendiri. Apakah strategis atau tidak. Jika lokasi, fasilitas, dan aksesnya bagus, maka wajar jika harganya mahal.

Saat memilih rumah sewa atau kost, jangan pernah lagi terlalu mematok pada harga yang murah, namun fasilitasnya sama sekali tidak sesuai dengan apa yang Kamu cari. Apalagi jika fasilitas untuk menunjang kegiatanmu sehari-hari tidak memadai, seperti: Wi-Fi. Maka dari itu, ketahui dulu kebutuhan untuk memperkirakan biaya rumah sewa atau kost yang akan dibayarkan setiap bulannya. Jangan lupa untuk membandingkan antara harga rumah sewa atau kost yang satu dengan yang lainnya untuk hasil terbaik. Biasanya pada kota-kota besar, seperti Jakarta, akan ada banyak sekali pilihan yang bisa dibandingkan, cari kost di Jakarta akan lebih mudah jika memilih media yang tepat.


4. Keadaan di Sekitar Ramah dan Minim Kejahatan

Mengetahui keadaan lingkungan di daerah sekita rumah sewa atau kost menjadi hal yang tak kalah pentingnya. Jika ingin lingkungan yang cukup baik, kamu harus meluangkan waktumu untuk mencari rumah sewa atau kost mana yang terbaik untukmu. Hal ini tak hanya menyita waktu, namun juga tenaga. Untuk menghemat waktu, lakukan pencarian dengan cepat. Jika menunda-nunda waktu, bisa saja kos-kosan yang menjadi incaranmu sudah penuh diisi oleh orang lain.


5. Mengecek Lokasi Rumah Pada Siang Hari dan Malam Hari

Saat melihat lokasi rumah sewa atau kost, tentunya kamu bisa melihat rumah ini beserta lingkungan sekitarnya dengan seksama. Ada baiknya, kamu mengecek rumah sewa atau kost pada siang hari dan juga malam hari untuk membandingkan suasana.

Anyway, kalau kamu tinggal dalam jangka waktu lama, kamu harus melakukannya apalagi ini terkait kenyamanan tidur di malam hari. 


6. Mempersiapkan Perabot Rumah Sewa Atau Kost

Tidak semua rumah sewa atau kost secara full furnished kecuali rumah mewah yang mahal harga sewanya. Biasanya penyewa membawa sendiri perabot rumah tangga. Kamu harus memperhitungkan saat harus pindah lagi. Apakah kamu harus membeli banyak perabot atau malah seadanya karena nantinya akan pindah rumah lagi.


7. Masih Ragu?. Tanya Ke Warga Sekitar

Karena masih belum tahu keadaan lingkungan sekitar, jangan ragu untuk menanyakannya kepada tetangga. Cari tahu apakah lingkungan tersebut aman dari maling atau tidak. Untuk daerah yang banyak diisi oleh mahasiswa, biasanya maling sangat mudah ditemukan. Karena mahasiswa menjadi sasaran empuk untuk aksi jahat para maling tersebut. 

Pilihlah daerah yang memiliki keamanan 24 jam. Sehingga rasa khawatirmu sedikit berkurang karena ada sekuriti yang akan mengamankan daerah tempat tinggalmu. 

Share This Article :
Zefy Arlinda

TAMBAHKAN KOMENTAR

8803000654652570868