BLANTERVIO103

Bantu Tumbuh Kembang Anak Meski di Rumah Saja ala Mombassador SGM Eksplor

Bantu Tumbuh Kembang Anak Meski di Rumah Saja ala Mombassador SGM Eksplor
19 October 2020

 

Sejak bulan April 2020 ini aku dan keluarga fix banyakan di rumahnya. Bukan hanya aku dan suami, anak kami Ichi pun sekarang di rumah saja. Bagaimana mau jadi Anak Generasi Maju kalau di rumah saja?

Iya tuh, bukin puyeng juga. Padahal biasanya dia main ke tempat nenek atau main ke rumah tetangga, kadang-kadang kalau punya waktu senggang kami jalan-jalan ke tempat wisata terdekat.

Ichi suka sekali diajak ke tempat wisata, bisanya kalau sudah sampai lokasi dia bakalan susah diajak pulang. Ada saja yang diakukan, mulai dari dapat teman baru dengan cara nimbrung ke anak-anak lain, ataupun berlarian di lokasi. Pokoknya bahagia sekali, apalagi kalau mainnya ke pantai, sudahlah. Drama pulang ke rumah biasanya diwarnai tangisan.

pantai panjang
Ichi memandangi tulisan Pantai Panjang

Lalu bagaimana dengan sekarang?

Bukannya tidak bisa seleluasa dulu? Ichi tidak bisa jalan-jalan dan main dong?

Sebenarnya bisa sih, tapi kita harus menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak dan memakai masker. Sedangkan anak-anak tahu sendiri kan ya. Kadang susah disuruh pakai maskernya. Masker dipakai 20 menit eh dilepas lagi.

Jaga jarak? Ini mah jangan ditanya, boro-boro jaga jarak. Dianya malah sengaja mendekat dengan orang-orang untuk cari teman bermain. Jadi diputuskan untuk di rumah saja dulu.

Tapi kasihan dengan si kecil, dia bosan dan kepengen main ke luar kan ya. Bagaimana juga nanti tumbuh kembangnya. Kami mengatasinya dengan cara bermain di rumah.

Aku terinspirasi saat membuka laman web Generasi Maju. Banyak sekali jenis permainan-permainan sederhana yang bisa dilakukan menstimulasi 5 potensi prestasinya (berpikir kreatif, bantu tumbuh kembang, percaya diri, mandiri, dan supel) meski di rumah saja.

Contoh aktivitas sederhana yang kami lakukan di rumah untuk membantu tumbuh kembangnya:

1. Belajar angka dan berhitung

Contohnya Ichi belajar angka dan berhitung sambil melihatku mencuci piring. Biasanya dia akan menghitung piring yang sudah aku cuci, one….two…..three…….nine….terus kalau sudah sampai nine biasanya dia ulang lagi dari one. Ini lucu sekali lho.

2. Mengumpulkan sayur untuk dimasak

Kami memiliki kebun kecil di rumah. Kalau ada yang sudah bisa dipanen kami tidak beli sayur dan petik di halaman. Ichi belajar nama-nama sayuran ini. Kami mengeja nama tanaman yang ada dan Ichi kebagian tugas mengumpulkan hasil penen.

3. Memasak bersama

Meski masih kecil aku mengajak Ichi ke dapur untuk ikutan masak. Meski cowok boleh juga dong bisa masak, masak adalah sebuah keterampilan. Saat memasak dia juga bisa belajar beragam nama benda yang ada di dapur dan belajar bekerjasama.

Duh pokoknya banyak sekali permainan yang bisa kita lakukan bersama si kecil di rumah. Tinggal lihat inspirasinya di website Generasi Maju.

Selain website kita juga bisa mencari inspirasi di akun instagram @akuanaksgm dan Facebook Aku Anak SGM. Ada banyak informasi tentang tumbuh kembang dan nutrisi untuk si kecil di sana. Kalau tak salah mereka juga sering mengadakan beragam program menarik lho, seperti kompetisi-kompetisi berhadiah untuk si kecil.

Share This Article :
Zefy Arlinda

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 11 komentar:

  1. aku juga ngajarin si kecil masak lho mom, malahan mikir mungkin anakku nanti bakal jadi chef hebat dan keliling dunia hehehe

    ReplyDelete
  2. Ih gemeees deh sama Ichi.. Alhamdulillah ada website Generasi Maju sbg sumber inspirasi bermain sambil belajar utk si kecil ya mba..

    ReplyDelete
  3. Kegiatan dirumah juga gak kalah seru ya sama kegiatan diluar, Main2 di Playground. Apapun kegiatannya kalo sama orangtuannya pasti anak seneng bgt 😍

    ReplyDelete
  4. Ichi kamu gemes sih. Nanti kalau Mpo main kerumah. Kita ambil sayuran bareng ya dan nanti Mpo yang masak. Dijamin enak deh masakan tante.

    Biarpun di rumah jadi ada kegiatan seru dan anak bisa jadi banyak belajar

    ReplyDelete
  5. Ichi..kamu ko gemesin banget
    Seusianya memang lagi masa aktif2nya ya..dan ingin terus bermain
    Bagus banget tuh, di web generasi maju ada beragam permainan edukatif yang tetap menyenangkan tapi juga membanty daya kembang anak

    ReplyDelete
  6. Hepi banget kayaknya ikut panen sayuran. Walau di rumah aja tetap semangat belajar, ya

    ReplyDelete
  7. Iya beneran..sebenarnya banyak banget yang bisa dikerjakan bareng anak di rumah ya..tinggal gemana kita telatennya aja mendampingi...Anak juga pasti happy kalo bisa main sama ortunya...

    ReplyDelete
  8. Senangnya...
    Dirumahaja semakin mendekatkan bonding antara Ibu dan anak.
    Kami juga sejak dirumahaja jadi sering melakukan kegiatan bersama-sama yang seru...jadi supaya menarik, kami jadikan challenge.

    ReplyDelete
  9. Emesh banget mba, semoga ak lekas menyusul ada bocil biar seru berada di rumah hehehe. SGM membantu tumbuh kembang anak ya Mba. Sehat selalu adek sayang

    ReplyDelete
  10. SGM konsisten dg produk yang aware pada tumbuh kembang anak, ditrunjang inovasi dan segala kegiatan pendukung tumbuh kembang itu.

    ReplyDelete
  11. Wajib itu mah Mba, dukung dan penuhi tumbuh kembang anak.
    Untuk menjadi generasi maju nantinya ya kan...
    Kesehatan anak lebih utama sekarang ini.

    ReplyDelete
8803000654652570868