BLANTERVIO103

Alasan Menulis Blog Versi Zarlinda

Alasan Menulis Blog Versi Zarlinda
02 September 2020
Alasan Menulis Blog Versi Zarlinda

Apa sih alasanmu ngeblog? Itu tuh, itu adalah sebuah pertanyaan normal dari banyak teman-teman dan keluarga saat melihat aku sering menghabiskan waktuku untuk menulis. Supaya tidak lelah hayati menjelaskan tu satu kepada setiap penanya, hari ini aku publish alasan menulis blog versi www.zarlinda.com ya :)

Alasan menulis blog versi www.zarlinda.com

Berbagi informasi

Bisa saja informasi kecil yang kita miliki saat ini sangat berati untuk orang di luar sana. Contohnya ya, tulisanku yang paling banyak diminati oleh pembaca adalah cara mengobati jerawat dengan clyndamicin.

Aku benar-benar tidak menyangka kalau tulisan ini menjadi tulisan yang paling dicari di blogku sepanjang waktu. Ternyata banyak orang yang mengalami masalah jerawat membutuhkan informasi ini.

Curhat

Selain suka mendengarkan curhatan orang, dari kecil aku adlaah orang yang suka sekali curhat. Orang tua dan adikku di rumah adalah korban-korban curhatanku. Ya…kalau sedang tidak mau curhat dengan mereka biasanya aku menulis di diary ala-ala zaman old.

Semenjak kenal dengan blog di tahun 2009 hampir semua curhatanku lari ke blog. Alhamdulillah ini bisa mengurangi beban orang-orang di rumah, aku rasa mereka merasa sangat bersyukur karena tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu mendengarkan curhatanku. Kalau dipikir-pikir kasihan juga ya mereka dulu.

Mengasah kemampuan menulis

Percayalah sering menulis di blog akan mengasah kemampuan menulis kita. Tanpa kita sadari tulisan akan membaik dengan sendirinya. Aku ingat beberapa waktu lalu aku coba lihat postingan di awal ngeblog. Astagah itu tulisan bikin senyum-senyum sendiri.

Malu sendiri bacanya. Tulisannya pendek dan tanda bacanya perlu dipertanyakan, banyak yang salah-salah begitu. Tata tulisan juga tidak rapi, apalagi alur cerita haha…jangan ditanya mah itu.
Menulis dan membaca itu berkaitan tetapi dua hal yang berbeda. Kalau kita banyak membaca tentu akan mudah untuk menulis. Tetapi meski kita suka membaca tetapi tidak sering menulis terkadang bingung juga mau menulis apa.

Mengikat ilmu

Pernah tidak kalian membandingkan antara belajar dengan hanya mendengar versus belajar dengan mendengar kemudian menuliskannya di buku? Hal ini sangat jauh berbeda. Pelajaran yang kita tuliskan pula di buku biasanya akan lebih kita pahami dan menempel di ingatan. Karena ini sudah modern kita menuliskannya di blog.

Suatu saat kita perlukan kita bisa membuka lagi tulisan kita di blog. Mencarinya juga akan enak karena tinggal mengetikkan kata kunci di menu pencarian dan tekan tombol enter. Betul?

Obat hati

Percaya atau tidak ngeblog dalah obat hati yang lumayan manjur. Menumpahkan curahan hati dalam bentuk tulisan akan membuat hati lebih tenang. Ibarat curhat lah ya. Boleh lho kalau mau dicoba, satu hal yang perlu diingat bahwa tidak semua bisa kita tuliskan di blog dan menjadi konsumsi publik.

Sumber rezeki

Alhamdulillah blog sudah menjadi sumber rezeki untukku. Suatu hal yang tidak aku sangka sebelumnya. Awalnya kan ngeblog hanya untuk sarana curhat. Tahun 2007 dari blog gratisan aku putuskan untuk pindah ke domain berbayar. Eh ternyata mulai datang rezeki melalui blog.

Alasan Menulis Blog Versi Zarlinda


Mengabadikan momen

Jika ada momen-momen penting kita bisa menuliskannya di blog. Misalnya saat wisuda, saat lahiran anak, saat kita pergi jalan-jalan ke sebuah tempat wisata dan lain sebagainya. Kalau tidak diabadikan seperti ini bisa jadi momen berharga tersebut terlupakan.

Memperluas pergaulan

Percaya tidak kalau ngblog bisa memperluas pergaulan kita? Iya ini benar. Dunia blog membawaku bertemu dengan teman-teman baru. Teman-teman di dunia online maupun offline. Mereka ini jumlahnya sangat banyak, banyak hal yang aku pelajari dari mereka. Satu hal yang aku suka mereka tidak pelit ilmu.

Mahir Menulis dan Editing Blogspot Ala Monica Anggen

Tanggal 28 Agustus 2020 aku dapat WA dari mas Irwin yang isinya aku masuk daftar kandidat peserta kelas Growth Blogger. Pas baca WA sambil senyum bahagia. Konon katanya di kelas ini peserta akan dapat ilmu keren dari para coach. Pokoknya senang aku tuh dapat kesempatan belajar dengan mereka.

Hari selasa, 1 September 2020 kelas dimulai. Materi pertama dari Mba Monica tentang “Mahir Menulis dan Editing Blogspot.” Siapa sih yang tidak kenal dengan Mba Monica Anggen. Namanya sudah sering berseliweran dunia perbloggeran (dunia macam apa ya ini). Kalau tak salah ingat aku pertama kali kenal karena sebuah job menulis.

Mba Monica orangnya tegas dan tentu tidak pelit ilmu menurutku. Beliau sudah banyak menulis buku, diantaranya:
1. Nggak Usah Kebanyakan Teori Deh…!
2. Yakin Selamanya Mau Di Pojokan?!
3. 99 Cara Berpikir ala Sherlock Holmes.
4. 99 Cara Mengasah Intuisi ala Sherlock Holmes.
5. 99 Cara Perbedaan Mengelola Waktu Miliarder vs Orang Biasa.
6. 99 Cara Bangkit dari Keterpurukan Miliarder vs Orang Biasa
Kapan ya bisa nulis buku banyak gini juga, kayaknya mesti banyak belajar dari Mba Mon ini.

Hal pertama yang dibahas pada materi pertama malam tadi adalah motivasi menulis. Ada banyak motivasi orang dalam menulisseperti untuk mencari uang dan berbagi. Apapun itu motivasinya yang penting bisa membuat kita konsisten menulis.

Hal kedua pembasan menganai menulis blog. Dalam menulis blog kita sebaiknya:
1. Membuat tulisan yang berisi
Tulisan yang ditulis dari hati. Tulisan yang ditulis dari hati biasanya akan sampai ke hati. Pembaca bisa merasakan apa yang dirasakan oleh penulis
2. Memperhatikan struktur penulisan
Struktur penulisan yang dimaksud adalah aturan 5W+1H, EYD, kesinambungan paragraf, dan lainnya,
3. Gunakan outline
Penggunakan outline akan sangat baik untuk mencegah tulisan ngelantur kemana-mana.
3. No plagiat
Hal ini tidak baik dan akan berakibat tidak baik untuk penulis. Dunia tulis menulis ini sangatlah sempit, kita bisa tahu itu hasil tulisan siapa. Selain itu ingat dosanya besar lho.
4. Totalitas dalam menulis
Menulislah dengan totalitas dalam setiap karya. Karena tulisan adalah cerminan diri kita.
5. Banyak membaca
Untuk bisa menelurkan sebuah tulisan keren kita perlu memiliki banyak stok pengetahuan dan kosa kata. Tentu semuanya bisa didapat dari membaca. Missal untuk menulis sebuah topic bacalah minimal 20 artikel yang membahas tentang topic tersebut, bandingkan isinya, tulis apa yang belum ada.

Alasan Menulis Blog Versi Zarlinda

6. Saring before sharing
Sebagai blogger tentunya kita perlu mengatahui dengan baik apa yang akan kita tulis. Cari tahu dulu informasi yang akan kita tulis. Pastikan bahwa yang kita tulis bukan hoax, kan tidak lucu ditolak kerjasama karena dianggap penyebar hoax. 

Satu kalimat pamungkas dari Mba Monica yang aku suka: “Bakat itu hanya 1%, 99% penentu sukses adalah niat, ketekunan, dan kerja dengan sepenuh hati.” Iyes, aku setuju Mba Monica. 

Terimakasih Mba Monica dan Tim Kelas Growth Blogger. Jangan bosan berbagi ilmu dengan kami ya, semoga kalian semua makin murah rezekinya dan sehat selalu.

Sekian tulisanku tentang alasan menulis blog versi www.zarlinda.com. Terimakasih sudah mampir ke sini. Eh, apa kalian punya alasan lain menulis di blog?

Share This Article :
Zefy Arlinda

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 40 komentar:

  1. Sama nih alasannya dulu juga punya blog karena pengen curhat sih. Berasa plong aja ya kak kalau curhat di blog wkkwkwk.

    ReplyDelete
  2. Salah satu alasanku nulis juga untuk mengabadikan moment. Sayang aja kalo habis jalan ke suatu tempat nggak ditulis.

    ReplyDelete
  3. semuanya sudah tercakup sis,, cuma banyak membaca itu yang aku kesulitan..

    ReplyDelete
  4. Sudah aktif ngeblog dari tahun 2009 sampai sekarang, dan ngga pernah berhenti buat nulis. Keren... Semangat terus kak!!

    ReplyDelete
  5. Sekarang saya lebih meluruskan kembali niat menulis bukan karena semata mata karena ingin menghasilkan uang. Hehehe. Bismillah kita belajar bareng mba

    ReplyDelete
  6. Setuju zef kalo menulis banyak banget manfaat buat diri kita, moga makin semangat belajar blog untuk memperbaiki kualitas

    ReplyDelete
  7. Aku juga tipe pembelajar yang kalau abis dapet materi sukanya ditulis lagi. Jadi nggak gampang lupa. Kayak bikin rangkuman gitu lah ya

    ReplyDelete
  8. Beneran dehba, sejak ngeblog rasanya banyak dapat teman baru dan ilmu-ilmu baru. Materinya dari Mbak Monic beneran daging alias bermanfaat banget ya.

    ReplyDelete
  9. Sampai skrg sy msh nggak percaya kalau saya banyak teman online. Dan itu gara2 ngeblog. Tp menyenangkan juga punya teman sesama blogger. Jd bisa banya belajar.

    ReplyDelete
  10. Meninggalkan jejak melalui tulisan, gambar dan foto. Jadi blog tidak sebatas media untuk penyaluran hobi aja ya, lebih dari itu lagi. Bahkan ada beberapa teman yang serius menjadikan blog sebagai pekerjaan utama. Semoga konsisten terus. Aaamiinnn...

    ReplyDelete
  11. Aku dah beberapa kali mbk ambil job dengan mbk Monica Anggen. Iya mbk, beliau orangnya tegas dan disiplin. heheh

    oh iy mbk, gimana cara buat pict kartun kyk gitu mbk?

    ReplyDelete
  12. Kalau kami disini menulis blog sebagai sarana untuk berbagai keperluan perusahaan, bisa record kegiatan, perkembangan project dan lain-lain. Memang kalau di blog kita bisa memberi penjelsanan atau definisi yang lebih lengkap dibanding tempat lain. Karena itu hingga sekarang kami tetap menggunakan blog.

    ReplyDelete
  13. Kenapa harus curhat di blog? Biar bisa panjang dan lebih elegant. Hahaaa

    ReplyDelete
  14. Bener banget mb, menulis membuat kita ga mudah lupa dengan apa yang kita baca..aku sudah membuktikan. Belajar dengan membuat ringkasan. Hasilnya lbh mudah mengingat.

    ReplyDelete
  15. Kalau aku kak,nulis di blog curhat sambil berbagi pengalaman😅

    ReplyDelete
  16. Tulisanku sering berakhir di draft blog hehe, kayaknya perlu dipacu lagi nih semangat menulisnya biar bisa jd kaya zefi :D

    ReplyDelete
  17. Tulisan terkadang jadi obat dari segala kesedihan. #curhatlewattulisan

    ReplyDelete
  18. Masyaallah.. keren ze.
    Tulisannya selalu menginspirasi..

    ReplyDelete
  19. Masyaallah.. keren ze
    Lebih suka nulis tentang pengalaman pribadi di blog sekalian nyimpan foto hee

    ReplyDelete
  20. Selama alasannya positif, yakin Aja hasil akhirnya bakal baik juga

    ReplyDelete
  21. Menulis juga menjadi sarana untuk menebar manfaat, kita gak pernah tahu kalau di luar sana ada orang yang ternyata sangat terbantu dari apa yang kita tulis.
    Nah masalahnya kalo saya belum konsisten untuk menulis. Bagi tips mbak gimana caranya biar bisa konsisten nulis.

    ReplyDelete
  22. salfok sama infografisnya mbak hehe, niat banget btw aku suka banget liat2 hasil karya gambar orang lain :) , satu lagi yg aku temukan blog sebagai obat hati, penghilang stress hehehe

    ReplyDelete
  23. Daku terhenyak dengan kata mengikat ilmu, bahwa tanpa disadari dengan kita menuliskan di blog jadi makin hapal dan paham

    ReplyDelete
  24. Inspiratif banget.. Menulis itu memang bisa mengurangi beban pikiran.. Melengketkan impian biar bisa terwujud sesuai target, hehe.. Keren ze..

    ReplyDelete
  25. Saya juga ngeblog bermula dari tugas dosen dna curhat mbak, terus mencoba konsisten tapi ya gitu banyak godaan. Semoga kita bisa terus lancar menulisnya ya mbak. Btw salam kenal, mbak Zefy

    ReplyDelete
  26. Syemangaaat mbak. Nulis ini emang kegiatan seru banget yaaa :))

    ReplyDelete
  27. Boleh dicoba untuk bikin lapak jualan di blog. Tema blog untuk online shop rasanya ada. Kalo aku udah males jualan, nggak 'hoki' hehehe

    ReplyDelete
  28. Yesss obat hati... stujuh
    Berasal dari tulisan di blog berakhir dikenalkan dengan orang2 yg punya circle yang serupa :) jadi hati tenang

    ReplyDelete
  29. aku juga ngerasa gitu mbak, tulisan di awal-awal ngeblog bikin ketawa geli. Padahal pas mulai ngeblog bukan di masa alay juga loh sebenarnya haha..
    Tapi alhamdulillahnya merasa lebih baik sih di artikel yang baru2 ini

    ReplyDelete
  30. Nulis di blog ternyata banyak banget ya mba manfaatnya. Berasa beruntung banget diketemukan sama orang2 yang satu frekuensi.

    ReplyDelete
  31. Aku sukaaa tips-tips yang disarikan dari kelas Mbak Monica... simpel dan ngena banget deh. nuhun ya sharingnya :)

    Jadi membuat menulis jadi semangat lagi

    ReplyDelete
  32. Aih, selamat.mak zef bisa masuk kelas bergengsi itu. Banyak yg ngiler lho. Semoga lancar sampai akhir.

    Soal alasan ngeblog, tiap orang memang beda2. Tp aku sendiri nulis itu memang salah satu terapi jiwa. Walau sekarang mamak agak2 jarang nulisnya krn sibuk tak menentu. Haha

    ReplyDelete
  33. Alhamdulillah ya mbak, banyak manfaat didapat selama menulis di blog. Selain itu juga kita makin banyak punya teman meskipun hanya melalui media sosial

    ReplyDelete
  34. Iyaa pengobat hati yang manjur kali menulis itu. Rasanya plong gitu aja kalo udah ditumpahin semua huaa

    ReplyDelete
  35. Sma mbak.. awal ny ngeblog itu dlu sbg tmpt curhat.. hahaha.. tp trnyata ngeblog itu banyak skli manfaatnya seperti yg mbak uraikan diatas..

    ReplyDelete
  36. Survey membuktikan rata-rata blogger memulai blognya sebagai diary online hehe. Wah mbak Zarlinda sudah TLD sejak 2011 ya? Kereeen... masih terus ngeblog sampai sekarang. Semangat terus ngeblognya.

    ReplyDelete
  37. Wahhh... keren alasan dan cerita2nya mbakk...
    Semoga bisa terus konsisten ngeblog ya...

    ReplyDelete
  38. Jadi mahir menulis ini emang kerasa banget ya.

    Dulu satu paragraf aja rasanya berat banget. Ternyaata emang kata mba monic jg paragraf pertama dan kedua itu emang berat. Tapi kalo udah lewat 2 paragraf tersebut jadi mengalir aja itu tulisannya.

    Masih merasanya kurang berisi kalo saya sih. Apalagi kalo sharing curhat gitu, ya tulisannya jadi ngalor ngidul sih

    ReplyDelete
8803000654652570868