BLANTERVIO103

Resep Sate Maranggi Dijamin Empuk dan Enak

Resep Sate Maranggi Dijamin Empuk dan Enak
31 July 2020
Resep Sate Maranggi Dijamin Empuk dan Enak

Hello, bertepatan dengan moment Idul Adha, daripada bingung mau masak apa, yuk cobain masak salah satu jenis masakan nusantara yang paling terkenal, yaitu Sate..!!. Horeee...

Nah, kali ini sate yang bakal aku share resepnya adalah sate khas dari sunda, yaitu sate maranggi. Sate ini terkenal dengan rasa yang lezat dan gurih. Biasanya sate ini terbuat dari daging sapi atau daging kambing. Sate maranggi termasuk ke jenis sate yang wajib di rendam bumbu dulu agak lama, baru di bakar, jadi kita bisa siap-siapkan bahan dari jauh hari.

Daging Sapi

Pada sate maranggi ini, point yang penting adalah keempukan daging, kuncinya dimana?  Marinate.  Daging yang direndam dengan bumbu khusus atau di marinate dengan waktu yang lama, tergantung dengan selera sih ya, mau seberapa empuk, semakin lama semakin bagus. Semakin lama di marinate atau direndam dengan bumbu, dagingnya akan menjadi semakin empuk. Pada beberapa kreasi, ada yang menjadikan daun pepaya untuk membungkus daging marinate, tapi itu opsional ya, karena gak semua orang bisa dapetin daun pepaya kan ya. 

Kemudian point selanjutnya adalah cara bakar. Untung mendapatkan rasa yang sempurna, disarankan untuk bakar sate tersebut dengan arang, biar dapet aksen smoky gitu. Tapi, bagi yang kesusahan untuk cari arang, Kamu bisa pakai grill atau panggangan yang ada koq, atau paling minimal bisa gunain pan atau yang sejenis. Banyak jalan menuju Roma, hehehe.

Selanjutnya, untuk menikmati sate ini, biasanya didampingi oleh acar, bisa juga dengan sambal kecap, atau keduanya, tergantung selera. Acar ini berfungsi sebagai side dish sebetulnya, menjadi sebuah kombinasi yang perfect banget dengan daging sate. Untuk acar juga Aku beri resepnya di bawah yah.

Yuk, kita langsung lihat saja bagaimana resepnya:

Bahan-Bahan

800-900 gr daging sapi/daging kambing 
4 lembar daun pepaya
6 siung bawang putih
6 siung bawang merah
1 ruas jahe
2 sdm ketumbar bubuk
2 sdm lada bubuk
1 sdm gula merah
4 sdm asam Jawa
1 sdm kecap manis
2 sdm gula
1 sdm garam
1 sdt kaldu bubuk/penyedap

Bahan Pelengkap (Acar)

1 buah timun
3 siung bawang merah
1 wortel
20 butir cabe rawit
2-3 sdm cuka masak
1/2 sdm garam
1 sdm gula pasir

Cara Membuat

1. Cuci daging, potong-potong dadu kecil, lalau alaskan daun pepaya di atas wadah marinate, taruh daging di atasnya, tutup. Jika kesulitan mencari daun pepaya, boleh di skip saja, cukup tarun daging di wadah yang nantinya akan diberi bumbu.
2. Haluskan bawang putih, bawang merah, jahe, ketumbar, lada, gula merah, asam jawa, kecap manis, gula, garam dan penyedap.
3. Setelah halus, masukkan bumbu ke wadah daging, lalu aduk-aduk rata, dan diamkan bumbu menyerap selama 60-120 menit di dalam kulkas, semakin lama semakin baik.
4. Setelah marinate, tusukkan daging satu per satu ke tusuk sate, jika ada bumbu yang tersisa, oleskan secara merata ke atas daging secara merata.
5. Panaskan panggangan, taruh sate di atasnya, bakar dengan api kecil, karena ini daging sapi/kambing, jadi memerlukan api yang kecil agar matang dengan sempurna tanpa gosong berlebihan. Boleh juga jika mau sambil bakar, sambil olesin sisa bumbu ke atas daging koq.
7. Bolak balik sate, jika sudah matang, angkat.
8. Untuk acar, potong kecil-kecil, timun, wortel, bawang merah, cabe rawit. Untuk bawang dan cabe rawit, boleh dipotong-potong kecil, boleh juga dibiarkan bulat.
9. Masukkan potongan sayuran tersebut ke wadah, beri air secukupnya, beri cuka masak, gula dan garam, aduk rata. Sebaiknya diamkan beberapa jam agar rasa acar semakin terasa.
10. Sajikan sate maranggi disertai dengan acar. Boleh juga jika mau ngasih perasan air jeruk nipis agar lebih seger, tapi opsional ya.

Selamat mencoba. 
Share This Article :
Zefy Arlinda

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 10 komentar:

  1. Aihhh saya suka nih sama Sate Maranggi. Enak banget rasanya. Pertama kali coba pas liburan ke Bandung. Pengen euy kapankapan nyobain Sate Maranggi langsung dari daerah asalnya.

    ReplyDelete
  2. wah, ini kan sate yg paling masolo suka itu lho kak, yg ada di purwakarta.. enak klo bs bikin sendiri yaps, ajibe banget deh rasanya.. cobain ahh bikin sendiri

    ReplyDelete
  3. wah, i want try this because i have little lamb. But i am not sure my kidz can like to eat to. Maybe, just my husband like eat, hahaha

    ReplyDelete
  4. Nyam, nyam, nyam ... Sedap banget. Aku sering melakukan marinasi untuk daging tapi belum pernah melanjutkannya dengan menyate. Hmmm, padahal nikmat banget ya bisa jadi sate maranggi. Baiklah, mari kita ngintip kulkas dulu apakah masih ada daging tersisa di sana.

    Makasih ya buat resepnya ...

    ReplyDelete
  5. Wah resepnya mantul nih... aku pengen cobain resep sate maranggi yang emang terkenal enak..

    ReplyDelete
  6. Wajib di coba nih resepnya. Pas banget masih ada daging qurban kemaren nih di freezer. Cusss eksekusi.

    ReplyDelete
  7. Kata temen, kunci daging bisa empuk itu karena dibungkus daun pepaya.
    Kalau engga ada, beneran ga empuk kah?
    Sesungguhnya yang suka bikin sate ini temen-temen suami kalo pas Hari Raya Besar kaya gini.
    Enaakk~

    ReplyDelete
  8. Kalau dilihat dari penampangnya saja, sate Maranggi ini udah buat ngiler aku hehe
    Dulu pas idul adha pernah nyoba mau buat, eh malah gak jadi mbak. Cucok nih resepnya, aku tiru deh next pas masak daging lagi :D

    ReplyDelete
  9. Thanks bgt infonya mba. Kebetulan aku mau bikon sate maramggi. Baru mau cari2 info gimana supaya empuk dagingnya ternyata pake daun pepaya yaa.. makasiu ua infonyaa..

    ReplyDelete
  10. ya ampun.. udah lama banget gak makan Maranggi. selama ini kalau mau makan sate Maranggi ya beli aja gitu langsung, tinggal makan. Belum pernah bikin sendiri. aku catat ya resepnya. nanti mau coba buat, makasii mbaaa

    ReplyDelete
8803000654652570868