Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

Olahraga Sambil Donasi, Kenapa Enggak




Bulan Ramadan adalah bulan yang sangat penting bagi seluruh umat Muslim di seluruh belahan bumi. Umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa dari terbit fajar hingga tenggelamnya matahari. Jumlah waktu antara kedua waktu tersebut adalah kurang lebih 13 jam, tubuh kita tidak mendapatkan asupan makanan maupun air dari luar.

Meski sedang berpuasa, kita juga harus tetap olahraga ringan agar tubuh tetap sehat. Ternyata, cukup banyak orang yang sadar untuk tetap melakukan olahraga untuk menjaga kondisi tubuhnya tetap bugar di bulan Ramadan lho. Namun, kamu sudah masuk ke yang tetap olahraga selama puasa atau enggak?. Ayo jujur, hehehe. Jika belum, yuk mulai dari sekarang.

Ada banyak banget manfaat untuk olahraga selama bulan puasa ini, bukan Cuma menjaga kesehatan tubuh, Kamu juga mendapatkan manfaat lain yang berbeda nergyng saat olahraga di hari biasa. Yaitu, membantu menurunkan berat badan dan membuat tubuh tetap ideal dengan lebih cepat. Namun, dengan catatan Kamu juga memperhatikan asukan makanan saat berbuka dan sahur.

Waktu Yang Pas Untuk Olahraga Saat Puasa

Beberapa ahli bilang kalo waktu yang paling pas untuk berolahraga saat berpuasa adalah 30 hingga 60 menit menjelang berbuka puasa, begitu menurut dr. Saptawati Bardosono. Why?, karena waktu tersebut dekat dengan waktunya makan, jadi tidak lama setelah olaharaga, tubuh bisa langsung di recharge dengan makanan atau minuman saat berbuka nanti.

Nggak usah pusing, anggap saja “ngabuburit” nergy, jadi menunggu waktu berbuka puasa dengan kegiatan bermanfaat seperti olahraga ini.

Perlu banget untuk jadi perhatian adalah selalu perhatikan kondisi tubuh selama olahraga, jangan sampai melewati batas yang mampu tubuh nergy. Cek dan ricek jangan sampai Kamu merasa pusing atau lemas.

Jika terasa pusing atau lemas, berarti batas kemampuan tubuh sudah lewat, maka sebaiknya kurangi porsi olahraganya. Kenali sebatas mana tubuh Kamu mampu untuk olahraga harian saat berpuasa ini, dari sana Kamu bisa merancang seberapa lama dan seperti apa intensitas menu olahraga Kamu nanti.

Secara umum gunakan menu set olahraga dengan intensitas rendah agar lebih aman untuk tubuh Kamu. 

Olahraga Yang Tepat Saat Berpuasa

Selanjutnya jika sudah paham kapan waktu yang pas untuk olahraga selama berpuasa, sekarang waktunya untuk lihat jenis olahraga apa aja sih yang pas. Kita kan tahu sekarang kebanyakan lagi di rumah ya, jadi kita sangat merekomendasikan jenis olahraga yang bisa dilakukan di dalam ruangan atau rumah.

Beberapa contohnya adalah :

1.  Shadow Boxing


Kedengarannya agak membingungkan ya, namun shadow boxing adalah pilihan olahraga yang cukup simple yang bisa dilakukan dimana saja, termasuk di dalam rumah, bukan mukul-mukulin target berupa barang atau benda hidup ya, tapi prinsip nya shadow boxing ini meninju udara dengan membayangkan seolah-olah sedang latihan atau bertanding dengan lawan/target, lebih simple nya sih bertanding dengan bayangan sesuai dengan imajinasi kita.

2. Yoga

Yoga sendiri di rumah juga bisa jadi pilihan lho, cobain deh mulai dari Tadasana (berdiri tegak sambil menaruh kedua tangan di sisi badan) hingga Sukhsana (menaruh kedua tangan di lutut sambil duduk bersila), pokoknya pilih yang intensitas rendah.

3. Zumba

Zumba sangat bermanfaat untuk membantu membakar kalori, menjaga kebugaran tubuh serta meningkatkan fungsi nergy kardiovaskular. Ingat lakukan dengan intensitas yang rendah untuk menghindari pusing dan lemas berlebihan.

4. Kardio

Olahraga kardio pada dasarnya adalah olahraga untuk meningkatkan denyut jantung. Namun, dengan mengurangi intensitas menunya, kardio layak banget untuk kamu pilih sebagai rutinitas olahraga selama berpuasa. Gunakan gerakan juga seperti naik-turun tangga, burpees, high knee, jumping jack dan juga squat dengan porsi yang rendah agar lebih sempurna, 

5. Angkat Beban

Ini bukan angkat beban kelas berat seperti bench press lho. Kamu bisa memulai dengan mengangkan beban yang sangat ringan dari satu sampai tiga kilogram setiap olahraga. Angkat beban ini dapat dijadikan olahraga ringan ketika bulan puasa karena sangat mudah dan praktis.

6. Ball Crunch

Ball Crunch merupakan salah satu jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan cukup dengan bantuan bola gym. Kamu bisa meregangkan otot sehingga tubuh akan terasa lebih fleksibel serta lentur. Olahraga yang ringan ini juga cocok banget untuk dilakukan saat bulan puasa sembari menunggu waktu berbuka.

7. Sit-Up Dan Push-Up

Sit up dan push up merupakan olahraga saat puasa yang berintensitas cukup rendah. Ingat, Kamu harus menyesuaikan nergy yang Kamu punya dengan ritme olahraga ini. Sit up memiliki banyak manfaat, sepertimembentuk otot perut, mengurangi risiko nyeri pinggul, menjaga postur badan,   dan menambah tingkat fleksibilitas tubuh.

Selain itu, push up merupakan varian olahraga yang bisa membantu memperbesar massa otot, menjaga stabilitas tubuh,  hingga menguatkan otot perut. 

Di Rumah Aja Bareng FWD


Nah…. pada hari Rabu, 6 Mei 2020 aku ngikutin live instagram bareng GoFIT dan Zeezee Shahab untuk work out bareng, bakar kalori sambil berdonasi untuk anak-anak di SOS Children's Villages. Ini tuh sesuai banget dengan yang sudah kita bahas di atas, bahwasanya di bulan Ramadhan dan dalam kondisi di rumah aja bukan berarti kita jadi malas-malasan dong ya. Kita harus tetap sehat dan kalau bisa tentunya menebar kebaikan.

Sejak dari aku Instagram FWD (@fwd_id) posting tentang rencana ngabuburit sambil bakar kalori bareng Zeezee Shahab dan GOFIT aku tuh sudah pasang pengingat di HP. Karena acara ini pas banget dengan misi ku untuk diet. Jadi pada hari Rabu, 6 Mei 2020 pukul 16.00 WIB, aku sudah standby di akun IG FWD. Pokoknya jangan sampai ketinggalan acaranya yang mulai pada pukul 16.30 WIB.

Pukul 16.30an acara life di instagram dimulai. Acara dipandu oleh Kak Zeezee Shahab dan mendatangkan Kak Sistya sebagai instruktur. Dua wanita keren ini bikin mupeng memang, badan mereka sehat dan seksi terus. Eh akunya jadi minder kan ya, di dalam hati menggerutu ini mereka pasti makannya dikit ini.


Semua itu sirna setelah mendengar penjelasan dari Kak Sistya yang mengatakan kalau semuanya itu tergantung dari kita. Tergantung kita untuk makan yang sehat dan selalu berolahraga. Hmm…nah lho kan, teringat dengan pola makan yang harus diperbaiki. Olehraga juga bukan berarti harus yang susah dan pergi ke tempat olahraga, kita bisa olahraga di rumah. kita bisa manfaatkan apa yang ada untuk mendukung olahraga kita, misalnya mengganti barbell dengan botol minuman atau yang lainnya.

Kak Sistya dan Zeezee mempraktekkan olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah. Ringan sih ringan, tapi ini bikin kita keringatan lho asli. Aku suka dengan gerakannya, sampai-sampai aku tanyain itu ada rekamannya atau tidak.

Oh iya pada kegiatan ini juga dibahas tentang kegiatan kolaborasi FWD dengan SOS Children's Villages dalam membantu anak-anak yang berisiko atau kehilangan pengasuhan orang tua. Kabarnya nanti akan ada acara yang membahas kegiatan ini lebih lanjut. Aku berdoa dalam hati agar bisa ikutan acaranya untuk tehu lebih dalam.

Alhamdulillah pada tanggal 8 May 2020 aku terpilih jadi salah satu peserta acara digital bukber #BukaBarengFWD di aplikasi zoom. Ini tuh jadi hal yang menggelikan. Jujur aku belum pernah menggunakan apliaksi ini sebelumnya. Jadi tuh ya, beberapa menit pertama kak Zeezee ngomong aku tidak mendengar apa-apa, lha mana suaranya? Jadi videoku muncul di tengah teman-teman tetapi aku tidak bisa mendengar apa-apa.

Panik dong hahhaaaa, suer asli panik :D

Auto searching penggunaan aplikasi. Untung ketemu tulisan yang membahas hal ini dan aku bisa mendengarkan obrolan seru di room meeting.

Zoom Meeting Bukber Digital FWD by Myra

Kali ini tidak hanya ada Kak Zeezee sebagai host dan Sistya sebagai instruktur, tetapi juga ada Ibu Evelyn Simanjuntak sebagai Head of Bancassurance Bussiness at FWD Life Indonesia dan Lutfi Moch. Zaky dari corporate Partnerships at SOS Children’s Villages Indonesia.

Kali ini tidak ada praktek olahraga seperti waktu life di IG. Bukber virtualnya lebih ke pembahasan tentang kegiatan kolaborasi dan tanya jawab dengan para pembicara.

Ibu Evelyn Simanjuntak menjelaskan kegiatan FWD dan kolaboasinya bersama SOS Children’s Villages Indonesia. Aku kok pas penjelesan malah fokus kenapa tidak dari dulu gabung di kegiatan seperti ini. Apresiasi untuk FWD yang berinisiatif untuk kolaborasinya.

Lalu Lutfi Moch Zaky menceritakan kegiatannya dan teman-teman dalam menjalankan program SOS Children’s Villages Indonesia. Kegiatan yang menurutku sangat baik dan patut diacungi jempol. Karena yang namanya pembinaan untuk anak-anak akan berdmapak baik untuk masa depan mereka. Dalam kegiatannya mereka mendampingi anak-anak agar mereka nanti punya bekal hidup mandiri. Karena itu mereka lebih fokus ke kegiatan livelihood.

Mereka juga menerima kerjasama atau bantuan dalam beragam bentuk, misalnya berupa dana, bantuan untuk mengajar, atau bisa berupa barang contohnya saja bibit tanaman yang bisa mereka gunakan untuk mengajarkan kepada anak-anak prihal bercocok tanam. Kegiatan yang sangat baik, sayang program SOS Children’s Villages Indonesia ini belum ada di seluruh Indonesia. Mereka baru bergerak di beberapa kota saja.

Kemudian Kak Sistya membahas tentang bagiamana harusnya kita berolahraga dan mengatur makanan selama Ramadhan. Kalau yang ini agak sulit hehe..

Materi dari Kak Sistya

Bukber digital diakhiri dengan tanya jawab dengan para peserta dan pemateri yang tentunya dipandu Kak Zeezee Shahab. Keren juga ikutan kegiatan digital seperti ini. Zeezee juga mengingatkan kalau  ada hadiah kaos jersey untuk yang beruntung.

Oh iya nih, bagi yang tertarik untuk ikut berdonasi di program SOS Children’s Villages Indonesia bisa banget meluncur ke akun IG FWD  di @fwd_id atau bisa ke https://kitabisa.com/campaign/berbagibarengFWD ya.
QuickEdit

You Might Also Like

No comments

Post a comment

[name=Zefy Arlinda] [img=http://res.cloudinary.com/momsodell/image/upload/v1521166151/Zefy.jpg] [description=Hai Saya Zefy, Hobi Makan-makan | Memasak | Jalan-Jalan.] (facebook=https://www.facebook.com/arlindazefy) (twitter=https://twitter.com/zarlinda) (instagram=https://www.instagram.com/zefyarlinda/)