Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

Menanam daun bawang sebagai bumbu dapur dan pengusir nyamuk


Daun bawang atau biasa disebut daun prei adalah salah satu tanaman yang sering kita gunakan di dapur. Rasanya hampir semua orang tahu dengan daun yang satu ini. Daun bawang sering menjadi salah satu bumbu masak ataupun dijadikan toping makanan. Tetapi tahukah kalian kalau daun bawang memiliki fungsi lain? Yup, selain menjadi bumbu masak dan penghias makanan, daun bawang bisa kita manfaatkan sebagai pengusir nyamuk.

Karakteristik Daun Bawang

Daun bawang memiliki warna hijau dengan bentuk memanjang dan berujung lancip. Ukuran panjang daunnya dari 18-40 cm bahkan bisa lebih panjang. Karena pada dasarnya daun bawang ini terdiri dari beberapa jenis dengan ukuran yang berbeda. Ada jenis Green Onion, Scallions dan Spring Onion. Kalau yang biasa dipakai di Indonesia ini biasanya green onion. Daun bawang memiliki rongga di sepanjang daunnya, jadi jangan heran kalau daun bawang yang banyak terlihat sedikit setelah dimasukkan ke makanan. Bagian batang daunnya berwarna putih.

Daun bawang rasanya mild dan earthy. aroma dan warnanya menambah gurih masakan. Kalau di daerah Asia Timur biasanya sebelum memasak minyak goreng dipanaskan dan mereka memasukkn daun bawang terlebih dahulu, digoreng beberapa detik untuk mendapatkan minyak daun bawang yang wangi.

Cara Penanaman

Daun bawang bisa tumbuh di dataran rendah sampai dataran tinggi. Tetapi daun bawang akan tumbuh dengan sangat baik di dataran tinggi. Di Indonesia biasanya daun bawang dijual beserta akarnya sekaligus. Mangkanya mak-mak kreatif seringkali memotong bagian ini dan menanamnya di rumah. Seperti yang ada di video di bawah.

Daun Bawang Sebagai Pengusir Nyamuk

Ada satu hal menarik dai daun bawang. Ternyata daun bawang bisa digunakan untuk mengusir nyamuk. Caranya cukup mudah, kita tinggal menanam daun bawang di kitaran rumah. Menanam yuk :)


QuickEdit

You Might Also Like

No comments

Post a comment

[name=Zefy Arlinda] [img=http://res.cloudinary.com/momsodell/image/upload/v1521166151/Zefy.jpg] [description=Hai Saya Zefy, Hobi Makan-makan | Memasak | Jalan-Jalan.] (facebook=https://www.facebook.com/arlindazefy) (twitter=https://twitter.com/zarlinda) (instagram=https://www.instagram.com/zefyarlinda/)