Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

Ingin Punya Rumah?, Pakai Take Over KPR Aja


Take Over KPR

Tempat tinggal adalah salah satu Big 3 kebutuhan manusia dari "Sandang, Pangan, Papan". Sebagian masyarakat masih memilih untuk kost atau sewa kontrakan dengan alasan membeli rumah memerlukan uang yang sangat besar. Lelah nge-kost atau sewa kontrakan?, ingin punya rumah idaman tapi belum cukup dana?, take over kpr adalah solusi yang tepat untuk Kamu pilih.

Apa Itu Take Over KPR?

Memiliki rumah di era sekarang enggak harus serba cash, metode kredit atau cicilan jadi pilihan yang paling sering dipilih untuk mengakali kekurangan dana untuk membeli rumah. Biasanya pinjaman untuk membeli rumah ini diajukan ke bank dalam bentuk KPR. Nah, Mulai dulu dengan istilah KPR, KPR merupakan singkatan dari Kredit Kepemilikan Rumah yang merupakan salah satu produk pinjaman dari perbankan untuk nasabah yang ditujukan khusus untuk pembelian rumah.

Pembayaran KPR tentu saja dengan sistem kredit atau cicilan dengan jangka waktu tertentu yang disetujui oleh pihak bank setelah menilai berkas pengajuan kita, untuk tenor atau jangka waktu angsurannya biasanya hingga 20-25 tahun. Biasanya untuk pembelian rumah dengan sistem ini masih membutuhkan sejumlah uang muka atau down payment.


Lalu take over KPR?. Take over KPR adalah sistem pembelian rumah dengan mengambil alih kredit atau pinjaman KPR si penjual rumah ke pembeli rumah. Sistem ini biasanya populer banget digunakan untuk yang ingin membeli rumah secara kredit dimana rumah tersebut belum lunas KPRnya. Kalo bagi penjual rumah yang lagi mendesak jual rumah atau sudah enggak sanggup bayar angsuran juga biasanya jual rumah dengan cara take over KPR ini.

Apa Saja Keunggulan Beli Rumah Dengan Take Over KPR?

Ada sederet kelebihan atau keuntungan membeli rumah Kamu dengan sistem take over KPR, beberapa di antaranya adalah:
  • Pengalihan kredit secara resmi, kuat dengan landasan hukum.
  • Sertifikat rumah balik nama sesuai dengan nama Kamu meskipun masih tetap menjadi jaminan di bank dan baru bisa diambil setelah kredit rumah lunas.
  • Pembeli (debitur baru) bisa mengangsur ke bank atas nama sendiri.
  • Pilihan bunga cicilan yang menarik.
  • Dana tambahan yang bisa Kamu gunakan nanti.

Syarat Pengajuannya Gimana?

Untuk persyaratan pembelian rumah dengan metode take over ini sebetulnya cukup mudah koq, syarat pengajuannya mirip-mirip seperti pengatuan KPR pertama kali dan yang jelas pembeli dan penjual rumah harus atau wajib datang ke bank untuk proses pengajuan take over KPR tersebut. Berikut ada juga syarat-syarat umumnya :
  • Form pengajuan
  • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Fotocopy Kartu Keluarga (KK)
  • Fotocopy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Fotocopy Buku Nikah/Akta Nikah/Akta Kematian/Akta Cerai
  • Surat keterangan kerja (bagi karyawan)
  • Akta pendirian perusahaan, HO, SIUP, TDP (bagi pengusaha)
  • Slip gaji (bagi karyawan)
  • Rekening koran atau fotocopy tabungan 3-6 bulan terakhir
  • Sertifikat, PBB, AJB, IMB agunan (rumah yang mau dibeli)

Take Over KPR Bawah Tangan

Perlu diingat agar kita senantiasa bertransaksi secara legal, hindari ajakan atau keinginan untuk take over kpr secara ilegal (hanya perjual dan pembeli saja) untuk menjaga kenyamanan transaksi kedua belah pihak. Beberapa masalah sering terjadi akibat adanya take over kpr secara bawah tangan seperti kesulitan pengambilan sertifikat saat kredit sudah lunas, karena nama sertifikat masih nama penjual.

Kemudian, dengan segala nama dokumen masih atas nama penjual, maka pembeli akan kesulitan untuk transaksi ke perbankan di kemudian hari misalkan jika ingin top-up pinjaman. Ribet kan?. Karena itu, selalu lakukan transaksi secara legal.
QuickEdit

You Might Also Like

No comments

Post a comment

[name=Zefy Arlinda] [img=http://res.cloudinary.com/momsodell/image/upload/v1521166151/Zefy.jpg] [description=Hai Saya Zefy, Hobi Makan-makan | Memasak | Jalan-Jalan.] (facebook=https://www.facebook.com/arlindazefy) (twitter=https://twitter.com/zarlinda) (instagram=https://www.instagram.com/zefyarlinda/)