BLANTERVIO103

Bisakah Obat Pencahar Balita Dicampur Susu Formula?

Bisakah Obat Pencahar Balita Dicampur Susu Formula?
06 April 2020

obat dan susu

Kamu mungkin pernah mendengar saran soal aturan jangan minum obat dengan susu formula atau jangan minum susu formula setelah minum obat. Katanya bila minum susu setelah minum obat ataupun sebaliknya, efek obatnya akan hilang karena dinetralisir oleh susu. Benarkah begitu?.

Ternyata hal itu bukan mitos belaka. Menurut dr Galih Linggar Astu Sp.A, memang benar bahwa pemberian beberapa jenis obat sebaiknya tidak berbarengan dengan susu formula, misalnya tetrasiklin, ciprofloxacin, atau obat yang mengandung fe seperti pada obat penambah darah, mg atau Al pada obat maag. Kalsium pada susu bersifat mengikat molekul dengan cara membuat gumpalan sehingga molekul obat yang diminum tidak seluruhnya diserap tubuh. Akibatnya, obat tidak bekerja secara optimal di dalam tubuhnya.

Oleh karena itu, dr Galih menyarankan harus ada jeda antara pemberian obat dengan pemberian susu formula, agar efek obat dan proses penyerapannya di dalam tubuh anak dapat berlangsung efektif. 

"Disarankan minum obat sebaiknya diselang sekitar 1 sampai 2 jam dari pemberian susu. Kenapa? Supaya lambungnya kosong," ujar dr Galih. 

Meski begitu, ada jenis obat-obatan tertentu yang dapat dicampur pemberiannya atau dikonsumsi berbarengan dengan susu formula. Seperti vitamin A, D, E, K yang larut dalam lemak, atau yang paling sering adalah lactobacillus. Lactobacillus merupakan probiotik bentuk bubuk yang memiliki fungsi utama untuk membantu mempercepat penyembuhan diare pada anak-anak.
  
"Ada beberapa obat atau suplemen yang bisa dicampur misalnya lacto B. Lactobaciluus bisa dicampur dengan susu formula tapi dengan 65 derajat. Karena kalo lebih dari itu kan lacto B-nya juga akan mati", kata dr Galih.

Nah, sekarang sudah jelas kan? Sebagai tindakan pencegahan, Kamu disarankan untuk selalu berkonsultasi terlebih dahulu kepada ahli kesehatan mengenai risiko minum susu formula setelah anakmengonsumsi obat atau mencampurkan obat ke susu formula. Lebih baiknya lagi apabila tidak mencampurkannya sama sekali, jadikan sebagai konsumsi terpisah untuk balita.

Mencampurkan obat ke susu formula saja tidak disarankan, apalagi obat pencahar campur ke susu formula. Iya kan?. Yuk hati-hati sebelum memutuskan untuk memberikan obat ke anak.


Share This Article :
Zefy Arlinda

TAMBAHKAN KOMENTAR

8803000654652570868