Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

3 Bahan Pemutih Alami Untuk Pakaian Kamu


bahan pemutih

Pemutih baju perlu banget kita stok untuk baju-baju yang perlu perawatan eksta, bisa kemeja putih, mukena, handuk dan lain-lain. Untuk Memutihkan baju biasanya kami menggunakan bahan pemutih yang sudah ada dirumah, lebih praktis dan lumayan ekonomis, namun terkadang rasanya ingin cobain yang alami sesekali untuk variasi.

Seperti yang diketahui, baju putih itu bisa dibilang salah satu jenis pakaian yang netral, yang berarti mudah dipadukan dengan dengan warna yang lain. Namun yang sering menjadi keluhan adalah warnanya yang cerah tersebut justru membuat baju putih jadi cepat kotor, bahkan jika disimpan agak lama menjadikan warna putihnya jadi kusam, otomatis hal ini akan membuat penampilan terlihat lusuh. Nah, disinilah peran pemutih pakaian tadi.

Memang urusan memutihkan baju yang sudah berwarna kekuningan ternyata susah-susah gampang juga sebetulnya, tinggal kita mesti rutin untuk langsung bersihkan atau cuci dengan tepat. Nah, berikut ini ada beberapa cara alami yang sesekali saya pakai untuk urusan memutihkan pakaian di rumah.

1. Jeruk Lemon

Jeruk lemon atau yang biasa disebut lemon merupakan salah satu buah-buahan yang multi-fungsi banget di rumah, mulai dari masak-masakan hingga membersihkan noda. Bagian dari lemon yang bisa digunakan bahan pemutih pakaian adalah air perasan atau jusnya.

Perasan air lemon diklaim mampu membuat pakaian yang menguning menjadi lebih putih. Untuk mengaplikasikannya, kamu bisa mencampurkan setengah cangkir perasan air lemon ke dalam satu galon air panas. Lalu aduk hingga merata dan masukkan pakaian, selanjutnya rendam pakaian selama satu jam, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Kamu bisa merendam baju dalam campuran air dan jus lemon tadi dengan jangka waktu semalaman.

Setelah proses perendaman, selanjutnya angkat pakaian dari campuran lemon tersebut dan tuangkan sisa cairan rendaman lemon ke mesin cuci. Lalu cuci pakaian Kamu seperti biasa. 

2. Cuka

Cuka putih merupakan salah satu bahan yang bisa difungsikan juga untuk pemutih pakaian. Bukan cuma sekedar memutihkan, cuka putih juga mampu menghilangkan berbagai noda yang sulit hilang di pakaian dan menghilangkan bau apek.

Pada proses untuk memutihkan pakaian, cukup takar cuka putih sejumlah 1/2 cangkir cuka putih ke sejumlah air. Campuran ini bisa kamu jadikan sebagai alternatif untuk rendaman baju, kemudian diamkan selama beberapa saat, biarkan cairan campuran cuka putih tersebut meresap hingga ke serat kain. 

Nah, jika ingin menghilangkan bau apek dari beberapa pakaian yang Kamu punya, cukup masukkan takaran 1 cangkir cuka putih ini ke bilasan terakhir pakaian Kamu, hasilnya bau apek akan segera hilang dengan sempurna. 

3. Baking Soda

Soda kue (natrium bikarbonat) merupakan bahan kimiawi sangat mirip dengan soda pencuci (natrium karbonat), inilah yang menjadikan keduanya bisa digunakan dengan cara yang relatif sama.

Soda kue atau baking soda juga ternyata merupakan bahan yang berfungsi sebagai pewangi alami, jadi pakaian Kamu tidak hanya akan lebih cerah, tapi juga akan berbau segar ketika dipakai.

Selain itu, soda kue juga bisa menjadi antiseptik ringan, karena memang mengandung zat yang berguna untuk membunuh bakteri dan kuman, sehingga pakaian dan mesin cucimu akan terlindung dari pertumbuhan bakteri.

Sinar Matahari Juga Bisa Memutihkan Baju?

Ternyata, paparan sinar matahari saat menjemur pakaian juga bisa berfungsi sebagai pemutih pakaian lho. Disebutkan bahwa sinar ultraviolet matahari ternyata bisa memecah ikatan kimia dalam noda, itu menyebabkan warna noda memudar. Jadi konsentrasi noda yang padat bisa menjadi longgar dengan bantuan sinar matahari. 

jadi, setelah mencuci baju putih Kamu, keringkan di jemuran dan pastikan terkena sinar matahari langsung atau bisa mendapatkan efek yang lebih maksimal lagi.
QuickEdit

You Might Also Like

No comments

Post a comment

[name=Zefy Arlinda] [img=http://res.cloudinary.com/momsodell/image/upload/v1521166151/Zefy.jpg] [description=Hai Saya Zefy, Hobi Makan-makan | Memasak | Jalan-Jalan.] (facebook=https://www.facebook.com/arlindazefy) (twitter=https://twitter.com/zarlinda) (instagram=https://www.instagram.com/zefyarlinda/)