Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

10 Makanan Untuk Perkembangan Otak Anak


Nutrisi Otak Anak

Untuk membantu pertumbuhan si buah hati tentu saja kita ingin memberikan yang terbaik. Salah satu usaha yang bisa dilakukan adalah dengan memilih makanan-makanan yang tepat dengan nutrisi yang seimbang. Poin yang tak kalah penting adalah pertimbangan untuk nutrisi otak anak.

Dengan asupan nutrisi yang cukup dan baik, maka perkembangan fungsi otak anak juga menjadi lebih baik, tingkat konsentrasi dan kecerdasannya pun akan meningkat beberapa level.

Akan tetapi jangan sembarangan untuk membeli barang-barang yang dijual bebas dan di klaim sebagai nutrisi otak, perhatikan dahulu bahan-bahannya, karena tidak semuanya berguna dan benar, bila perlu baiknya berkonsultasi ke ahli kesehatan, lebih baiknya lagi jika memilih untuk mengkonsumsi makanan yang natural saja karena lebih aman.

Berikut dibawah ini ada beberapa makanan yang baik banget untuk membantu perkembangan otak anak:

1. Ikan

Ikan mengandung asam lemak omega 3 dalam bentuk DHA dan EPA. Asam lemak omega 3 sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak anak. Asam lemak mampu membantu anak untuk mempunyai daya pikir yang lebih tajam. Beberapa jenis ikan yang mengandung DHA dan EPA yaitu salmon, tuna, sarden, makarel, tenggiri, dan kembung.

2. Daging Sapi

Daging sapi merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung zat besi. Zat besi atau Zinc adalah jenis mineral esensial yang akan membantu anak-anak tetap stabil energinya dan tetap konsentrasi di sekolah. Selain itu, mineral yang terkandung dalam daging sapi mampu membantu memelihara daya ingat anak.

3. Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang difavoritkan oleh anak-anak karena rasanya yang enak dan manis. Selain dari kelezatannya, ternyata pisang mengandung banyak sumber nutrisi dan gizi lho, seperti magnesium, fosfor, belerang, kalsium, dan kalium yang sangat baik untuk menyehatkan tubuh si kecil.

4. Beras Merah

Beras merah terdapat karbohidrat kompleks yang mampu membantu meningkatkan hormon serotonin dalam otak. Serotonin gunanya adalah untuk memperbaiki suasana hati dan menenangkan otak. Beras merah juga mengandung vitamin B kompleks yang penting untuk kesehatan otak.

5. Buah Beri

Buah-buahan jenis beri seperti strawberry, raspberry, blueberry mengandung mengandung banyak nutrisi yang penting untuk perkembangan otak seperti vitamin C dan antioksidan yang disebut sebagai antosianin. Biji buah beri juga mengandung asam lemak omega 3. Ternyata, semakin dominan warna buahnya, semakin banyak gi zi yang terdapat di dalamnya lho.

Bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa strawberry dan blueberry dapat memperbaiki fungsi daya ingat otak, sehingga dapat meningkatkan kemampuan daya ingat si kecil.

Tidak hanya daging buahnya saja yang bermanfaat, biji buah beri ternyata juga mengandung asam lemak omega 3 yang selama ini sudah dikenal sebagai salah satu nutrisi yang berperan dalam perkambangan kecerdasan anak. Selain itu, antioksidan dan vitamin C  yang terkandung di dalamnya juga bisa mengurangi stres serta berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit yang berbahaya seperti kanker.

6. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan mengandung protein dan karbohidrat. Kacang-kacangan kaya akan serat, vitamin B kompleks, zat besi, dan magnesium. Zat-zat tersebut dapat meningkatkan daya ingat dan kesehatan sistem saraf anak. Kacang juga merupakan salah satu makanan yang kaya akan vitamin E dan antioksidan yang dapat berperan sebagai pelindung sel-sel otak terhadap radikal bebas.

Salah satu kacang-kacangan yang sangat bermanfaat untuk perkembangan anak adalah kedelai. Kedelai bisa ditemukan di tahu dan tempe atau di minuman susu kedelai. Kualitas protein kedelai diklaim lebih tinggi dibandingkan beras, jagung, dan terigu lho.

Untuk starter, coba jadikan kacang-kacangan sebagai cemilan yang sehat untuk anak. Selain baik untuk kemampuan berpikir, kacang juga bisa menjadi sumber energi yang baik karena kandungan vitamin E dan thiamin di dalamnya dapat mengubah glukosa menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

7. Alpukat

Salah satu buah yang baik untuk menunjang perkembangan otak dan kecerdasan anak adalah buah alpukat. Buah ini tidak susah untuk dicari di Indonesia.Kandungan lemak baik yang ada pada alpukan mambu memberikan energi untuk menunjang berbagai aktivitas anak. Selain itu, buah satu ini juga kaya akan serat dan vitamin E yang berperan dalam merangsang pertumbuhan dan perkembangan otak anak.

8. Sayuran Berwarna

Sayuran berwarna kaya akan vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral berguna untuk pertumbuhan dan fungsi otak. Sayur berbagai warna mengandung vitamin A, B, C, dan E.

Bahan makanan alami yang berwarna cerah seperti wortel, tomat dan bayam merupakan makanan yang kaya akan segudang nutrisi, salah satunya kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Semakin cerah dan segar warna sayuran, maka semakin tinggi pula kandung antioksidannya.

Antioksidan dan nutrisi baik lain yang terkandung pada sayuran berwarna dapat mendorong sel-sel otak untuk berkembang menjadi lebih kuat dan sehat, yang akhirnya juga dapat menunjang kecerdasan otak anak.

Kebanyakan anak masih tidak suka sayuran, dan biasanya untuk mensiasatinya, kita bisa merubah tampilan dasar sayur tersebut. Dngan kata lain bisa kita parut atau haluskan sebagai bahan campuran makanan untuk si kecil.

Seperti contohnya, Kamu bisa mencampurkan wortel yang sudah dihaluskan untuk campuran ke nugget atau cupcake kesukaan anak. Selain itu Kamu juga bisa berkreasi dengan membentuk sayuran-sayuran menjadi karakter kartun kesukaan anak atau bentuk unik dan lucu lainnya.

9. Susu Dan Yogurt

Susu baik itu ASI maupun susu formula merupakan minuman sehat yang kaya akan sumber nutrisi seperti protein, kalsium, kalium, vitamin B dan D yang berperan sebagai nutrisi penting yang berperan dalam pertumbungan jaringan otak, neurotransmitter dan juga enzim. Susu dan yogurt bisa membuat perut kenyang karena kandungan protein dan lemaknya. Selain itu, susu kaya akan vitamin D yang berguna untuk sistem saraf otot.

10. Telur

Telur dikenal sebagai sumber penting protein yang mudah ditemui. Kuning telur mengandung lecithin. Lecithin membantu perkembangan memori atau daya ingat. Telur merupakan sumber protein yang paling mudah di dapatkan dan mudah diolah. Selain harganya yang murah, telur juga dapat divariasikan menjadi berbagai makanan yang menarik untuk si kecil.

Kuning telur diketahui mengandung kolin yang dapat membantu perkembangan otak, terutama perkembangan fungsi memori atau daya ingat. Zat ini akan meningkatkan produksi sel induk memori di otak, dan juga membuat anak tidak mudah lelah.
QuickEdit

You Might Also Like

No comments

Post a comment

[name=Zefy Arlinda] [img=http://res.cloudinary.com/momsodell/image/upload/v1521166151/Zefy.jpg] [description=Hai Saya Zefy, Hobi Makan-makan | Memasak | Jalan-Jalan.] (facebook=https://www.facebook.com/arlindazefy) (twitter=https://twitter.com/zarlinda) (instagram=https://www.instagram.com/zefyarlinda/)