Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

TIPS MUDAH MELUMASI ROLLER BEARING AGAR TETAP AWET DAN TAHAN LAMA



Tips melumasi roller bearing – roller bearing adalah jenis bearing yang cukup banyak digunakan di dunia teknik. Ini adalah jenis bearing yang memungkinkan Anda mendapat efek putar pada peralatan mekanik.

Roller bearing sendiri melibatkan tubuh bearing dan roller. Roller di sini berperan sebagai penggerak tubuh bearing. Ini yang kemudian menciptakan efek gerak pada bearing.

Karena cukup sering digunakan, roller bearing sebaiknya harus selalu dilumasi. Ini agar fungsi dan kinerja bearing tetap pada standar mutunya. Dengan cara ini pula, Anda akan mendapatkan bearing dengan kualitas yang selalu terjaga.

Ada beberapa metode pelumasan yang harus Anda lakukan. Tapi untuk mempermudah prosesnya, kami telah merangkum beberapa metode menjadi satu metode.

Pelumasan di sini melibatkan dua komponen, yaitu komponen body dan track roller itu sendiri. Keduanya harus dilakukan untuk menjaga kualitas dari bearing itu sendiri. Adapun tahapan pelumasan yang dimaksud adalah sebagai berikut.

PELUMASAN PADA TRACK ROLLER HARUS DILAKUKAN DENGAN RUTIN – TIPS MELUMASI ROLLER BEARING

Melumasi track roller bearing bisa dilakukan secara mandiri. Yang perlu Anda lakukan hanya menyiapkan bearing yang akan dilumasi dan pelumas itu sendiri.

Untuk pelumas, Anda bisa mendapatkannya di toko yang menjual spare part kendaraan dan bengkel terdekat. Selanjutnya, Anda hanya perlu melumasi area track roller dengan pelumas secukupnya. Ingat, secukupnya. Jangan terlalu banyak. Jangan juga terlalu sedikit. Pemberian pelumas akan berguna untuk mengurangi gesekan antara body dengan roller. Ini membantu keduanya tetap awet dan tahan lama.

Pemberian pelumas yang terlalu sedikit akan meninggikan resiko gesekan antara roller dengan body. Ini bisa menyebabkan lecet dan cacat pada roller. Sementara itu, terlalu banyak memberikan pelumas hanya akan membuat membuat kinerja roller menjadi terhambat. Roller akan sulit bergerak karena penumpukan pelumas yang terlalu banyak.

Baik terlalu banyak atau terlalu sedikit, keduanya akan sangat berpengaruh pada penurunan fungsi dan kinerja dari roller bearing.

Oleh karena itu. Kami menyarankan Anda untuk melumasi roller track secukupnya. Jangan terlalu banyak atau sedikit. Anda juga dianjurkan untuk langsung memberi pelumas saat pertama kali membeli roller bearing.

Nah, terkait dengan pembelian roller bearing, kami sedikit menyarankan. Ada baiknya Anda mengunjungi Logam Makmur untuk mendapatkan roller bearing dengan kualitas terbaik.

LUMASI TUBUH ROLLER BEARING DENGAN OLI SECUKUPNYA – TIPS MELUMASI ROLLER BEARING

Pemberian oli pada tubuh bearing berguna untuk menjaganya dari karat. Dengan cara ini, bearing Anda akan terhindar dari karat lebih lama. Cara ini juga memungkinkan kondisi fisik tetap terjaga.

Maksudnya, dengan minimnya karat pada tubuh bearing, Anda akan mendapatkan kondisi fisik bearing yang baik.

Seperti diketahui, karat sendiri berpengaruh dalam meningkatkan kerapuhan komponen besi dan baja. Saat karat muncul, komponen besi dan baja cenderung melapuk. Ini akan mempengaruhi kualitas fisik dan fungsi dari komponen itu sendiri. Oleh karena itu, dibutuhkan upaya untuk melapisi komponen agar terhindar dari karat.

Namun demikian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melapisi roller bearing. Pertama, hindari melapisi bearing pada sumbu putar (bagian tengah atau paling luar). Biasanya bagian tersebut mendapat kontak dari komponen besi lain. Keberadaan oli akan membuat kontak terganggu. Ini bisa menyebabkan penurunan fungsi dari bearing. Karenanya, menghindarinya akan sangat dianjurkan demi keamanan.

Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan tingkat kekentalan dan kebersihan oli. Pastikan hanya gunakan oli yang bersih dan baru saja. Gunakan juga oli kendaraan yang tidak terlalu kental dan cenderung encer.

Itulah beberapa tips melumasi roller bearing. Tips di atas bisa Anda coba untuk melumasi bearing. Dengan tips tadi, Anda bisa mendapatkan kualitas bearing yang tetap utuh dan  terjaga.
QuickEdit

You Might Also Like

No comments

Post a Comment

[name=Zefy Arlinda] [img=http://res.cloudinary.com/momsodell/image/upload/v1521166151/Zefy.jpg] [description=Hai Saya Zefy, Hobi Makan-makan | Memasak | Jalan-Jalan.] (facebook=https://www.facebook.com/arlindazefy) (twitter=https://twitter.com/zarlinda) (instagram=https://www.instagram.com/zefyarlinda/)