Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

Kue Bay Tat Kue Khas Bengkulu


Kue Tat Bengkulu (Dokumen Pribadi)
Indonesia memiliki banyak ragam budaya dan kesenian. Termasuk ke berbagai macam jenis kuliner lezat khas daerah masing-masing. Bagi Kamu yang sedang liburan ke Bengkulu, jangan lupakan untuk beli kue bay tat yang menjadi ciri khas sekaligus cemilan favorit lokal.

Bay tat adalah kue mirip pai atau pie yang bertoping dengan selai nanas atau selai kelapa di atasnya. Ada juga varian bay tat yang menaruh selainya di dalam kuenya langsung. Pada jaman kekinian ini, terkadang ada juga yang mengkreasikan kue khas Bengkulu ini dengan diberi taburan keju. Bukan hanya keju sih, sekarang sudah para pembuat kue tat juga sudah mengkreasikan selainya. Kita bisa menemukan bay tat dengan selai strowberry, selai cokelat, selai kacang dan sebagainya.

Nama bay tat sendiri berasal dari bahasa Bengkulu "bay" yang berarti induk dan "tat" dari kata tart. Dengan kata lain, bay tat adalah kue tart khas warga Bengkulu.

Meskipun sekarang bay tat sudah menjadi ikon kuliner Bengkulu yang dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat, dulunya sih sejarahnya bay tat adalah makanan yang hanya dimakan oleh para bangsawan saja lho. Zaman dahulu, bay tat akan disajikan untuk raja dan keluarganya. Bengkulu sendiri memang dikenal punya beberapa kerajaan, seperti kerajaan Sungai Lemau, Selebar dan Sungai Serut.

Bay tat dibuat dengan menggunakan campuran tepung gandum, gula pasir, telur ayam, mentega dan santan kelapa. Adonan ini kemudian akan dipanggang, sebelum diolesi selai nanas. Setelah dipanggang, bay tat biasanya akan mengeluarkan aroma santan yang khas.

FYI nih, dulunya kue bay tat itu keras nauzubillah. Aku waktu cicip bay tat versi asli agak mengerenyitkan dahi sambil bilang waw, ya tapi walau keras tetap enak lho. Kalau sekarang kuenya sudah lembut dan menurutku lebih enak. Meski kalau menurut orang-orang tua kue versi lebih keras lebih enak haha. 

Kalau dulu orang membuat bay tat itu margarin dan telurnya lebih sedikit plus tidak menggunakan soda kue. Wajar lah ya kalau lebih keras.

Aku dan para ibu pembuat Kue Bay Tat di Kelurahan Pasar Bengkulu
Produsen bay tat ada hampir di seluruh kelurahan Kota Bengkulu. Hanya saja yang sudah terkenal sebagai produsen kue tat adalah Kelurahan Pasar Bengkulu, Lempuing, Penurunan, Kebun Beler, Anggut Atas dan Sawah Lebar. Kamu bisa banget beli langsung ke rumah produksi, selain dapat yang masih hangat kamu bisa juga lihat proses prosuksinya. Selain itu kamu juga bisa mencari kue bay tat ini ke pusat oleh-oleh Bengkulu di Anggut Atas (dekat Simpang 5 Bengkulu) serta pedagang kecil yang ada di sekitar jalan Tanjung Agung hingga Tanjung Jaya.

Nah, buat kamu yang sedang berlibur di Bengkulu, jangan lupa ya untuk membeli kue bay tat sebagai oleh-oleh. Sementara untuk harganya, bay tat biasa dijual dengan kisaran Rp 20.000 hingga Rp 35.000-an saja per cetak tergantung mereknya.



Kalau ada yang kepengen coba buat bay tat versi aku bisa klik link ini okeh "Resep Kue Tat Bengkulu Ala Zarlinda"
QuickEdit

You Might Also Like

No comments

Post a Comment

[name=Zefy Arlinda] [img=http://res.cloudinary.com/momsodell/image/upload/v1521166151/Zefy.jpg] [description=Hai Saya Zefy, Hobi Makan-makan | Memasak | Jalan-Jalan.] (facebook=https://www.facebook.com/arlindazefy) (twitter=https://twitter.com/zarlinda) (instagram=https://www.instagram.com/zefyarlinda/)