BLANTERVIO103

Resep Sate Padang ala Zefy

Resep Sate Padang ala Zefy
09 January 2020
resep sate padang ala zefy
Sate Padang ala Zefy
Apa kabarnya nih para koki dan penikmat makanan :)
Sudah beberapa hari kita tak jumpa di dunia maya. eaaaaaa. Semoga kita semua dalam keadaan bahagia dan selalu beruntung, aamiin.

Seperti foto yang sudah nongkrong di atas, kita akan membahas tentang resep sate padang ala aku. Ia, ala aku. Karena kan resep sate padang itu banyak sekali kan ya, nah yang ini resep ala aku yang sering dipraktekkan di keluarga. Sebagai informasi, aku tahu resep ini dari ibu. Kalau kata orang-orang sate buatan ibu top markotop lho, cobain deh kalau tidak percaya.

Oh ya, sate padang ini merupakan sate yang khas berasal dari daerah sumatra barat, Padang merupakan ibukota dari provinsi Sumatra Barat. Nah, kalo disana, "sate padang" disebut "sate' aja, jadi kalo Kamu main ke padang jangan sebut "sate padang", sebut "sate" aja udah biar gak diketawain, hehehe.

Yuk, masak dulu. Kita buktikan kalau sate padang ala aku itu memang enak heheheee

Kita masak untuk 1 kg daging ayam ya, nanti kalau mau memasak lebih atau kurang dari 1 kg bisa dikira-kira pengurangan atau tambahan bumbunya.


YANG HARUS DISIAPKAN
  1. 1 Kg daging (aku pake daging ayam)
  2. Tusuk sate
  3. 1/2 bungkus tepung beras 
  4. 2 liter air
  5. Lontong
Bumbu
  1. Kunyit halus 1 sdm
  2. Lengkuas (laos) halus 1 sdm
  3. Jahe halus 1 sdm
  4. Bawang putih halus 1
  5. Cabai rawit 2 sdm
  6. Kelapa sangrai  yang dihaluskan 1 sdm 
  7. 1 batang sereh
  8. 3 lembar daun jeruk
  9. 3 lembar daun salam
  10. 4 sdm kacang tanah giling kasar
  11. 1 sdm bumbu kambing atau nikma

Taburan
Bawang goreng

Tambahan
1 sdm garam kasar
Penyedap rasa (kalo mau)
Pewarna makanan (kalau mau). Kadang orang menggunkaan pewarna makanan agar lebih menarik, tetapi yakinlah kunyit yang kita masukkan ke bumbu adalah pewarna alami yang ok.

CARA MEMASAK KUAH SATE PADANG
  1. Iris dadu daging lalu tusukkan ke lidi yang telah disiapkan
  2. Tumis bumbu
  3. Didihkan air 0,5 liter air
  4. Campurkan 1,5 liter air dengan tepung beras, sisishkan
  5. Masukkan adonan tepung beras yang udah dicairkan ke air yang sudah dididihkan
  6. Masukkan bumbu yang sudah ditumis
  7. Masukkan juga kacang yang sudah digiling kasar
  8. Aduk sampai kental dan mendidih, perhatikan, kuah harus diaduk terus menerus secara perlahan agar tidak menggumpal. Kuah atau bumbu yang menggumpal sering terjadi karena kuah terlalu jarang diaduk.
  9. Jangan lupa kasih garam

Memanggang Sate
Ini agak lain nih, cara orang memanggang sate padang itu beda-beda lho. 

Cara 1: sebelum daging sate dipanggang, daging yang telah ditusuk dioles dengan bumbu yang telah ditumis

Cara 2: sebelum dipanggang daging dolesi dengan minyak yang telah ditumis bersama bawang merah dan bawang putih

Cara 3:mengolesi daging dengan pewarna kuning serta bayak lagi jenisnya.

Aku sudah mencoba ketiganya dan semuanya enak. Jika ingin mencoba silahkan pilih salah satu.

Silahkan mencoba yang mana yang disuka.

Info: Arang terbaik adalah arang kelapa, aromanya wangi. Untuk ukuran kematangan daging tergantung dengan peikmatnya. Ada yangs enang saat daging benar-benar masak, adapula yang suka dengan daging setengah masak.

Cara Penyajian
  1. Iriskan lontong ke dalam piring
  2. Ambil beberapa tusuk sate, celupkan ke dalam kuah sedikit lalu langsung taruh ke atas lontong
  3. Beri sate kuah sate secukupnya
  4. taburi bawang goreng
Siap makan :)
Bagaimana rasanya? enak kan? 
Kalau enak boleh sekali kalau mau kirimin ke rumahku.





Share This Article :
Zefy Arlinda

Yuk membaca, semoga bisa memberikan nilai positif untuk semua orang.

TAMBAHKAN KOMENTAR

8803000654652570868