Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

10 Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan


Daging Buah Nangka

Manfaat buah nangka bagi kesehatan memang belum banyak diketahui. Padahal buah nangka memiliki segudang manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Buah nangka mengandung zat tepung dan dipercaya sangat bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan nutrisi di dalam buah nangka menjadikan buah ini sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan.

Buah nangka (Artocarpus heterophyllus) merupakan salah satu jenis buah yang mudah ditemukan di Indonesia. Tekstur kulit buah nangka sedikit berduri dan warnanya hijau kekuningan, sedangkan dagingnya berwarna kuning dan memiliki aroma yang khas.

Tidak hanya itu, buah nangka ternyata juga kaya akan vitamin C, vitamin A, kalium, zat besi, niasin, seng dan thiamin di dalamnya. Bagi Anda penderita penyakit jantung, buah ini aman dikonsumsi karena kaya akan serat dan rendah kalori.

Dalam seporsi buah nangka (sekitar 100 – 150 gram), terdapat sekitar 100 – 160 kalori. Selain itu, buah yang cukup banyak digemari orang ini mengandung beberapa jenis nutrisi yang baik untuk kesehatan , yaitu:

  1. Karbohidrat kompleks.
  2. Serat.
  3. Protein.
  4. Vitamin, termasuk vitamin A, B, dan C.
  5. Mineral, seperti magnesium, kalium, tembaga, dan mangan.


Selain nutrisi di atas, buah nangka juga mengandung cukup banyak air dan antioksidan. Buah nangka juga mengandung lemak, namun dalam jumlah yang sangat sedikit.

Buah Nangka

Kamu dapat menikmati buah nangka dengan cara dimakan langsung atau sebagai campuran salad buah, es buah, jus, kolak, hingga es teler.

Berikut khasiat buah nangka bagi kesehatan yang jarang diketahui:

1. Menurunkan Tekanan Darah

Tahukah Anda? Buah nangka yang memiliki cita rasa yang khas dan juga bau harumnya ini ternyata bermanfaat juga bagi kesehatan tubuh. Hebatnya, buah nangka memiliki kandungan kalium yang sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah Anda, dengan begitu buah nangka dapat mengurangi risiko Anda terkena penyakit jantung.

2. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Manfaat buah nangka dalam memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah bisa diperoleh dari kandungan serat, kalium, dan antioksidannya yang cukup tinggi.

Serat dan antioksidan berfungsi untuk mengurangi kolesterol dan mencegah penyumbatan pembuluh darah (aterosklerosis). Sedangkan kalium berperan dalam menjaga tekanan darah tetap stabil.

Karena manfaat tersebut, buah nangka baik dikonsumsi sebagai bagian dari pola makan sehat untuk mencegah penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke.

3. Mencegah Anemia

Kehebatan lain dari buah nangka adalah dapat mencegah anemia. Manfaat yang diberikan nangka bagi tubuh ini bisa terjadi karena dalam nangka terkandung zat besi yang dapat membantu mencegah anemia. Selain itu, buah nangka juga dapat membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh Anda.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat kesehatan bagi tubuh yang lain dari buah nangka yaitu dapat menjaga kesehatan tulang. Dengan begitu buah ini sangat aman dikonsumsi anak-anak. Magnesium yang sangat kaya terkandung dalam buah nangka, dapat membuat tulang menjadi kuat. Sehingga buah nangka dapat menyangkal gangguan yang bisa terjadi pada tulang seperti osteoporosis.

5. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Dengan mengonsumsi buah nangka, maka Anda akan mendapatkan berbagai manfaat bagi kesehatan Anda. Salah satu manfaat yang dapat Anda dapatkan yaitu memperkuat sistem kekebalan tubuh atau imun. Buah nangka mengandung nutrisi antioksidan, sehingga membuat sistem imun atau kekebalan tubuh Anda semakin kuat. Karena buah nangka ini mengandung antioksidan, dengan mengonsumsinya Anda akan terlindungi dari infeksi virus maupun bakteri.

Daging Buah Nangka

6. Sumber Energi

Buah nangka dapat menjadi sumber energi bagi Anda. Gula alami seperti sukrosa dan fruktosa dalam buah nangka akan dijadikan sumber energi untuk tubuh. Bahagianya, buah ini tidak mengandung kolesterol ataupun lemak jenuh. Jadi sangat aman Anda konsumsi.

7. Menyehatkan Mata dan Kulit

Manfaat dari buah nangka yang satu ini tidak kalah menarik. Selain dapat menjadi sumber energi, ternyata nangka dapat menyehatkan mata dan kulit Anda. Hal ini dikarenakan nangka memiliki kandungan vitamin A yang dapat memelihara kelembutan kulit dan sangat menyehatkan mata. Berbicara soal mata, buah nangka juga dapat mencegah penyakit gangguan mata seperti rabun senja dan degenerasi makula.

Kamu juga mungkin cukup rajin menjalani beragam perawatan kulit. Namun, perawatan kulit dari luar saja tidak cukup. Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi agar kesehatan kulit tetap terjaga. Buah ini juga kaya akan antioksidan dan vitamin C yang dapat mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Selain itu, vitamin C dari buah nangka juga dapat membantu tubuh Anda menghasilkan kolagen yang menjadikan kulit kenyal dan tetap kencang, sehingga akan mencegah penuaan dini.

8. Menjauhkan Dari Resiko Kanker

Manfaat dari buah nangka yang jarang diketahui selanjutnya adalah dapat menjauhkan Anda dari penyakit kanker. Kandungan phyto-nutrisi dan vitamin C di dalam buah nangka dapat menjadi anti-penuaan dan anti-kanker. Nutrisi tersebut juga dapat menjauhkan dari bahaya kanker serta memperlambat degenerasi sel.

Buah nangka juga merupakan salah satu makanan bernutrisi yang mengandung banyak antioksidan. Antioksidan dapat menangkal efek negatif radikal bebas pada sel-sel tubuh, dan kerusakan sel akibat radikal bebas ini bisa menimbulkan beragam penyakit kronis, termasuk kanker.

9. Mencegah Sembelit

Buah nangka juga akan menjauhkan Anda dari masalah pencernaan. Buah nangka merupakan sumber serat yang baik. Mengonsumsi nangka akan membuat Anda terhindar dari sembelit dan dapat memperlancar gerakan usus.

Selain mengandung serat, buah ini juga mengandung karbohidrat kompleks yang berfungsi sebagai prebiotik untuk mendukung pertumbuhan kuman baik di saluran cerna. Selain itu, nangka juga dapat menyembuhkan borok.

10. Menjaga Berat Badan Ideal

Ketika mengonsumsi buah nangka, Anda akan merasa kenyang lebih lama, sehingga dorongan untuk ngemil atau makan berlebihan juga akan berkurang.

Hal ini berkat kandungan serat dan protein yang cukup tinggi dalam buah nangka. Selain itu, kandungan kalori dalam buah nangka juga terbilang rendah. Hal ini menjadikan buah nangka sebagai salah satu pilihan makanan yang baik untuk menjaga berat badan tetap ideal.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengonsumsi Buah Nangka

Hati-hati, tidak semua orang boleh mengonsumsi buah nangka. Penderita diabetes disarankan untuk membatasi konsumsi buah nangka, karena buah ini memiliki kandungan gula dan indeks glikemik yang tinggi.

Jika dikonsumsi terlalu banyak, buah nangka bisa membuat kadar gula darah melonjak. Oleh karena itu, konsumsi buah nangka sebaiknya tidak melebihi 2 – 3 porsi per hari.

Buah nangka juga diketahui dapat menimbulkan efek interaksi obat dan memengaruhi kerja obat tertentu, jika dikonsumsi berbarengan dengan obat tersebut. Contoh obat yang dapat berinteraksi dengan buah nangka adalah obat diabetes dan obat bius.
QuickEdit

You Might Also Like

No comments

Post a Comment

[name=Zefy Arlinda] [img=http://res.cloudinary.com/momsodell/image/upload/v1521166151/Zefy.jpg] [description=Hai Saya Zefy, Hobi Makan-makan | Memasak | Jalan-Jalan.] (facebook=https://www.facebook.com/arlindazefy) (twitter=https://twitter.com/zarlinda) (instagram=https://www.instagram.com/zefyarlinda/)