Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

Tips untuk Rencana Traveling Kamu


Belakangan ini, travelling seakan menjadi sebuah kebutuhan primer bagi sebagian orang. Biasanya mereka mengunjungi tempat-tempat wisata lokal atau bahkan plesiran hingga ke negeri tetangga. Banyak orang yang memiliki ketakutan apakah tempat yang akan dikunjunginya tersebut aman atau tidak.

Brazil

Banyak sekali tempat di dunia ini yang bisa dibilang tidak aman, mungkin di lingkungan Kamu pun ada yang seperti itu. Namun, hal itu sepenuhnya bisa Kamu tangani jika memperhatikan beberapa tips travelling berikut ini.

1. Cek Kembali

Biasakan untuk mengecek kembali barang bawaan Kamu ketika akan meninggalkan suatu tempat. Travelling memungkinkan Kamu membawa lebih banyak barang, sehingga Kamu pun akan mudah lupa meninggalkan jaket atau jurnal di tempat yang akan Kamu kunjungi.

2. Taruh Sumber Uang di Tempat yang Berbeda

Jika akan travelling, jangan menaruh semua uang, kartu kredit dan kartu ATM dalam dompet atau tas. Baiknya, pisahkan beberapa hal tersebut di tempat yang berbeda agar tidak menyulitkan Kamu saat salah satu dari benda tersebut hilang.

3. Hindari Menaruh Dompet di Saku Belakang

Jangan pernah menaruh dompet di saku belakang celana saat Kamu sedang travelling ke suatu tempat. Hal ini bertujuan agar Kamu tidak kecopetan. Baiknya taruh dompet di saku depan atau lebih aman lagi, letakanlah di dalam saku jaket bagian dalam.

4. Scan Semua Dokumen Penting

Scan semua dokumen penting perjalanan Kamu dan taruhlah di email Pribadi atau smartphone Kamu. Atau cara mudahnya fotokopi semua paspor, visa, asuransi travel, dan hal yang lain dan simpan di dalam satu tempat.

Anda akan kesulitan jika identitas atau surat pribadi Kamu hilang saat travelling ke suatu tempat. Scan dokumen penting akan membantu Kamu untuk berjaga-jaga dan mendapatkan dokumen yang Kamu butuhkan dengan mudah.

5. Jangan Terlalu Mudah Percaya

Memang lumrah jika sedang travelling ke suatu tempat dan kita tidak percaya dengan penduduk lokal tersebut. Namun, ada beberapa batasan yang mungkin perlu diingat, seperti akan mengunjungi suatu tempat yang berisiko tinggi. Kamu harus bisa mempercayai penduduk lokal agar bisa mendapatkan bantuan saat mengalami kesulitan.

6. Suntik Vaksinasi

Kunjungi dokter atau rumah sakit sebelum travelling untuk mendapatkan vaksinasi atau imunisasi. Selain itu, Kamu juga harus memperhatikan tindakan pencegahan jika mengalami masalah kesehatan.

7. Jangan Memamerkan Barang Berharga

Jika Kamu akan plesiran ke suatu tempat dan Kamu memiliki harta lebih dari penduduk lokal, ada baiknya jangan memamerkan benda berharga. Hal ini untuk menghindari Kamu menjadi target dari seorang pencuri. Tinggalkan lah perhiasan Kamu di hotel dan taruhlah kamera Kamu di dalam tas saat tidak digunakan.

8. Jangan Memaksakan Diri Untuk Hal yang Baru

Jangan pernah memaksakan diri Kamu untuk mempelajari mengendarai sepeda motor atau jet ski di luar negara sendiri. Sebagai contoh, di Thailand 38 orang meninggal setiap harinya karena kecelakaan sepeda motor. Ada beberapa asuransi travelling yang tidak akan mengcover hal tersebut.

9. Tanya Kualifikasi Instruktur

Jika Kamu ingin mencoba hal yang baru seperti menyelam atau mungkin yang lebih menantang seperti bungee jumping, maka Kamu harus menanyakan kualifikasi si operator atau instruktur untuk keamanan. Selalu ada alasan kenapa setiap les-les tersebut memiliki harga lebih rendah dari biasanya. PADI (Professional Association of Diving Instructors) memiliki daftar pelatih yang sudah terkualifikasi.

Restoran


10. Jangan Pernah Meninggalkan Barang Kamu di Tempat Umum

Mungkin hal ini sering Kamu dengar, tapi masih banyak orang yang masih melakukannya. Selalu kaitkan tas Kamu di kaki atau kursi jika Kamu sedang berada di restoran.

11. Lebih Baik Memberi

Ada beberapa aturan simple namun banyak orang sulit untuk mengikutinya. Jika kamu ditodong berikan saja barang Kamu seperti dompet atau jam. Hal ini bukanlah suatu masalah jika Kamu memiliki asuransi perjalanan. Lakukan hal itu agar diri Kamu tidak dicederai.

12. Jangan Memberi Kepada Pengemis

Ada pengecualian tentang hal ini, seperti seorang biksu. Tapi secara umum, jangan pernah memberikan uang kepada orang di jalan. Jika Kamu ingin membantu sumbangkanlah sejumlah uang ke badan amal setempat.

13. Hati-hati Menggunakan Kartu Kredit Kamu di Warung Internet

Komputer di warung internet (warnet) mungkin memiliki software keylogger atau hardware yang bisa menditeksi username dan password akun Kamu atau keterangan kartu kredit. Cara termudah untuk menghindari hal ini adalah bukalah beberapa browser dan masukanlah beberapa data yang salah ke salah satu browser yang Kamu buka.

14. Jangan Mengelus Anjing atau Kucing Liar

Ini adalah salah satu hal yang harus Kamu ingat, jangan pernah mengelus anjing atau kucing liar. Kemungkinan besar beberapa hewan liar tersebut terinfeksi rabies. Selain itu, jangan pernah memberikan makan kepada monyet liar jika Kamu tidak kehilangan barang berharga.

15. Selalu Waspada dengan Rekan Travel Kamu

Seringkali rekan Kamu mengambil risiko yang juga akan membahayakan keselamatan Kamu. Mereka justru akan meminta bantuan dari orang-orang yang segan untuk di dekati. Jika mereka terus menerus membuat Kamu tidak nyaman, cobalah berpisah dari mereka.
QuickEdit

You Might Also Like

No comments

Post a Comment

[name=Zefy Arlinda] [img=http://res.cloudinary.com/momsodell/image/upload/v1521166151/Zefy.jpg] [description=Hai Saya Zefy, Hobi Makan-makan | Memasak | Jalan-Jalan.] (facebook=https://www.facebook.com/arlindazefy) (twitter=https://twitter.com/zarlinda) (instagram=https://www.instagram.com/zefyarlinda/)