Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

Resep Opor Ayam Porsi Mini



Hai, kali ini aku ingin share salah satu resep variasi opor ayam yang sering aku masak dalam kondisi tertentu, misalnya ketika dirumah sendirian atau hanya ingin cicip opor aja.

Opor ayam merupakan makanan yang enggak asing lagi di telinga orang Indonesia. Hidangan ini bisa kamu identikkan dengan "Idul Fitri" atau hari raya, karena hampir setiap momen hari raya, opor ayam hampir selalu ada. Jadi semacam hidangan iconic banget khas hari raya.

Enggak cuma di hari raya saja, opor ayam juga sering jadi menu favorit harian keluarga lho. Teksturnya yang lembut dan rasa yang gurih, menjadikan opor ayam sebuah hidangan yang gak pernah bosan untuk dinikmati. Biasanya opor ayam dinikmati dengan nasi hangat atau dengan ketupat. 

Nah, akhirnya aku coba bikin opor mini untuk variasi. Jadi gak usah takut untuk nanti opor bakal basi atau enggak habis. Yuk kita cek bahan-bahan dan cara memasaknya.

Bahan-Bahan :


  • 1/2kg ayam kampung atau ayam broiler (sesuai selera), biarkan bagian kulitnya tetap ada agar lebih menambah rasa gurih opor mini. Potong-potong sesuai selera.
  • 250ml santan kental
  • 500ml santan encer
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • 1 lembar daun kunyit
  • 1 lembar daun salam
  • 1 batang serai, memarkan, ikat, agar tidak mudah cerai berai.
  • 2sdm minyak goreng
  • 1 sendok bawang merah goreng untuk taburan

Bumbu Halus :

  • 2 siung bawah merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1/2cm kencur
  • 1/2cm lengkuas
  • 1sdt lada putih halus
  • 1sdt ketumbar
  • 4 butir kemiri
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir

Cara Memasak :

  • Giling/blender semua bumbu halus.
  • Balurkan bumbu halus ke atas potongan ayam secara merata, diamkan selama 10 menit agar bumbu lebih meresap. Marinate gitu. hehehe
  • Hidupkan api dengan ukuran sedang, masukkan santan encer, ayam, daun jeruk purut,daun kunyit, daun salam, serai, . Ungkep selama 15 menit, aduk sesekali agar santan tidak pecah.
  • Masukkan santan kental, aduk perlahan.
  • Jika ayam sudah empuk, angkat., masukkan ke wadah.
  • Taburkan bawang goreng.
  • Siap disajikan.
QuickEdit

You Might Also Like

10 comments:

  1. Fixed.. noted .. dan buru2 nyodorin hape ke istri... minta dibikinin

    ReplyDelete
  2. opor ayam memang enak.. apalagi dimakan dengan lontong.. ummm makyus..

    ReplyDelete
  3. Wah enak nih pakai nasi panas atau ketupat ya plus sambel jangan lupa kak hahahaha jadi gurih gurih pedes gitu kan

    ReplyDelete
  4. Aku hampir tiap hari masak opor.
    karena anak-anak suka banget sama opor ayam. Kalo bahannya diganti daging aja...mereka ngambek.
    Jadilah balik legi ke ayam.

    ReplyDelete
  5. nyaaammm, otw pesen GoFod, eh, hahahahah
    Enak banget ini opor ayamnya
    daku juga doyaaannn apalagi pake ayam kampung

    ReplyDelete
  6. Boleh dicoba nih resepnya soalnya pake kencur. Resep opor ayam ku biasanya ga pake kencur. Dah bayangin duluan rasanya smriwing gituu

    ReplyDelete
  7. opor ayam ini salah satu menu kesukaan saya kalo lagi lebaran di Jakarta.. rasanya khas banget.. wanginya juga enak menggugah selera..

    ReplyDelete
  8. Bikinnya nggak sulit ini, karena bumbunya bisa mudah ditemukan dan langsung praktek hihi

    ReplyDelete
  9. Opor ayam ini kesukaan anaku banget mba,, resepnya sama alhamdulillah Paling enak dimakan pakai ketupat ya..

    ReplyDelete
  10. Paling lengkap kalau pake Ketupat, di rumah juga suka Masak OPOR ayam

    ReplyDelete

[name=Zefy Arlinda] [img=http://res.cloudinary.com/momsodell/image/upload/v1521166151/Zefy.jpg] [description=Hai Saya Zefy, Hobi Makan-makan | Memasak | Jalan-Jalan.] (facebook=https://www.facebook.com/arlindazefy) (twitter=https://twitter.com/zarlinda) (instagram=https://www.instagram.com/zefyarlinda/)