Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

Cara Mengatasi Semut Dengan Bahan Dapur


Cara Mengatasi Semut Dengan Bahan Dapur

Salah satu hal yang tidak disukai oleh para ibu rumah tangga adalah semut. Kehadiran semut bisa mengganggu aktivitas memasak dalam dapur. Karena di dapur terdapat banyak bahan makanan yang mengandung rasa manis, semut berbondong-bondong datang untuk mengambilnya. Bahan makanan pun terkontaminasi semut-semut kecil dan dapur jadi kotor.

Ada banyak cara mengusir semut sih, mulai dari yang alami hingga kimia. Namun sebaiknya, para ibu rumah tangga, untuk menggunakan cara mengusir semut yang alami. Selain lebih ramah lingkungan, cara mengusir semut alami juga aman untuk anak-anak. Pula, bahan yang digunakan juga berasal dari dapur dan nggak mahal. Yuk simak bahan apa aja sih yang berguna untuk mengusir semut-semut. 

Tepung

Semut juga kerap kali kita temui di lemari penyimpanan makanan. Padahal, kita sudah menutup lemari rapat-rapat. Untuk mengatasi hal ini, tak ada salahnya bila kamu menggunakan tepung sebagai cara mengusir semut. Caranya adalah dengan menaburkan tepung dengan membentuk garis yang sesuai dengan lekuk lemari makanan. Apabila semut mulai masuk ke lemari, ia akan terhalangi oleh garis tepung tersebut sehingga ia akan mundur dan pergi dari lemari makananmu.

Lemon

Selain sebagai bahan memasak serta minuman, buah lemon juga bermanfaat untuk menjauhkan semut dari dapur. Cara mengusir semut ini bisa kamu mulai dengan menaruh sari lemon yang sudah diperas di ambang pintu dan kusen jendela dapur. Sebarkan juga sari lemon di lubang-lubang atau retakan tembok yang berpotensi jadi jalan semut masuk.

Tidak hanya sarinya, kamu juga bisa menggunakan kulit buah lemon sebagai cara mengusir semut. Potong kulit lemon dalam ukuran yang kecil. Kemudian, taruh potongan kulit tersebut di sekitar pintu masuk dapur atau di dekat akses masuk dapur. Semut dijamin nggak bakal berani masuk ke dapur karena ia benci bau khas yang dihasilkan buah lemon.

Garam

Memiliki rasa yang berlawanan dengan gula, rasa asin yang dimiliki garam bisa membuat semut terbirit-birit pergi. Cara mengusir semut yang satu ini bisa dikatakan sangat praktis karena garam merupakan bahan memasak yang wajib dimiliki semua ibu rumah tangga. Cukup dengan menaburkan garam secukupnya di sekitar frame pintu. Kamu juga bisa menerapkan cara mengusir semut ini dengan menaruhnya di jalan yang biasanya dilewati semut untuk mencuri bahan makananmu.

Cuka

Berbeda dengan bahan makanan lain, cuka bisa jadi cara mengusir semut yang paling praktis. Mulailah dengan mencampurkan cuka dengan air dalam porsi yang sama. Taruh campuran tersebut dalam botol spray kecil.


Ketika kamu menemukan sarang semut di dalam dapur atau bagian rumah lain, gunakan cara mengusir semut ini dengan langsung menyemprotkannya. Botol spray ini juga bisa kamu bawa saat pergi piknik bersama buah hati di taman terbuka untuk melindunginya dari gigitan semut nakal.

Kulit Jeruk

Buah jeruk memang terkenal dengan rasanya yang manis sehingga jeruk juga digemari oleh semut. Dengan kenyataan yang seperti ini, kok bisa jeruk dijadikan cara mengusir semut? Ya, jeruk bisa jadi cara mengusir semut dengan menggunakan kulit buahnya.


Ambil beberapa kulit jeruk dan blender dengan mencampurkan satu cangkir air hangat. Setelah halus, langsung tuang campuran tersebut secara perlahan ke sarang semut. Cara mengusir semut langsung ke sarangnya merupakan langkah yang tepat. Hal ini dikarenakan ratu semut berada di dalamnya sehingga saat ia mati, ia tidak mampu mengirimkan tentara semut lagi untuk mencari makanan.

Wadah Berisi Air

Cara mengusir semut ini nampaknya sudah banyak diterapkan. Bagi kamu yang belum tahu cara mengusir semut satu ini, kamu hanya membutuhkan wadah atau tempat makan. Isi wadah tersebut dengan air secukupnya. Taruh bahan makanan berbotol atau dalam kemasan anti-air yang berpotensi dikerumuni semut, seperti kecap dan susu kental manis, dalam wadah tersebut.

Tak hanya bahan makanan dalam kemasan, wadah isi air juga bisa digunakan di bawah kaki-kaki meja makan. Agar cara mengusir semut ini nggak membawa bahaya baru bagi rumah, kamu harus mengganti air secara rutin. Selain membuang semut yang tergenang, kamu juga bisa menghindari perkembangbiakkan jentik nyamuk.

Cuss, terakhir, tetap higienitas juga perlu kamu terapkan. Simpan semua bahan makanan dalam wadah yang tertutup rapat, baik itu tempat makan plastik maupun besi. Jika ada remah-remah makanan yang terjatuh, segera bersihkan. Dengan menjaga kebersihan rumah, semut pun malas datang karena ia tidak bisa mengakses sumber makanannya. 

QuickEdit

You Might Also Like

No comments

Post a Comment

[name=Zefy Arlinda] [img=http://res.cloudinary.com/momsodell/image/upload/v1521166151/Zefy.jpg] [description=Hai Saya Zefy, Hobi Makan-makan | Memasak | Jalan-Jalan.] (facebook=https://www.facebook.com/arlindazefy) (twitter=https://twitter.com/zarlinda) (instagram=https://www.instagram.com/zefyarlinda/)