Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

Agar Kegiatan Belajar Jadi Lebih Efektif, Kiat Berikut Ini Wajib Dicoba


Pict by : www.pixabay.com
Bingung karena sudah belajar mati-matian tapi tidak ada yang nyangkut? Sudah ikut kuliah online gratis, berbayar, belajar kelompok, atau lainnya? Mungkin ada yang salah dengan cara belajar kamu. Agar berbagai materi pelajaran bisa diserap dengan baik, ada berbagai kiat yang bisa diikuti seperti:

Belajar Sebentar, Tapi Rutin

Belajar seharian penuh memang baik, namun jika sudah tidak kuat sebaiknya jangan dipaksakan. Jika mampu dan sanggup, belajar dalam waktu yang lama tentu sangat boleh dilakukan. Hanya saja jika otak sudah mulai mengepul atau kepanasan, tentunya mengistirahatkan otak sejenak tentu akan lebih baik. 

Agar lebih efektif dalam belajar, sebaiknya kamu memiliki waktu rutin untuk belajar tiap harinya. Seperti misalnya setelah sholat magrib, kemudian berlanjut sehabis subuh, atau bisa juga sebelum tidur untuk kurun waktu 25 sampai 30 menit saja.

Jangan Hanya Menghafal, Pahami Juga Materinya

Bagi yang mengikuti kelas karyawan di tertentu (seperti Biologi, Sosial, Hukum, Tafsir, atau ilmu yang memerlukan hafalan), tentunya banyak menghafal materi adalah hal yang penting. Menghafal berbagai istilah asing dalam Biologi, kosa kata, kutipan para ahli, rumus, atau lainnya menjadi sebuah keharusan. 

Namun bukan hanya menghafal saja yang penting, pemahaman terkait materi yang dipelajari juga amat penting. Untuk memahami materi, banyak membaca materi terkait atau mencari penjelasan di sumber lainnya bisa dilakukan. Kamu juga bisa mencoba merangkum berbagai hal penting atau kunci dari materi yang dipelajari, hal ini akan sangat membantu dalam memudahkan pemahaman.

Mendengarkan Sambil Mencatat Apa Yang Dijelaskan Pengajar

Setiap pengajar memiliki style mengajar yang berbeda, mungkin diantaranya ada yang bisa kamu pahami dengan cepat namun juga sebaliknya. Agar kegiatan belajar lebih efektif, selain mendengarkan sebaiknya kamu juga mencatat apa yang disampaikan. 

Tidak semuanya harus dicatat, cukup mencatat bagian yang penting saja. Jika belum paham atau kurang jelas, kamu bisa bertanya langsung.

Sering Latihan Soal

Jika kamu masuk kategori pecinta kuliah online dengan mengandalkan beragam artikel untuk mencari soal latihan, tentu kebiasaan ini sangat baik dilakukan. Banyak berlatih mengerjakan soal akan sangat membantu dalam memahami materi, terlebih untuk materi perhitungan. 

Saat ini untuk menemukan berbagai soal latihan yang dibutuhkan sangat mudah, tinggal searching di internet dan akan muncul beribu-ribu pilihan soal yang bisa dipelajari. Bahkan beberapa diantaranya tersedia cara penyelesaian dan jawaban dari soal tersebut. 

Jika ingin mengasah kemampuan, beberapa website menyediakan soal sekaligus penilaian atas jawaban yang dipilih. Sangat mudah bukan?

Bisa Sambil Mendengarkan Musik

Bagi pecinta musik, belajar sambil mendengarkan musik bisa jadi solusi ampuh agar kegiatan belajar lebih efektif. Meski sebagian orang merasa risih ketika belajar sambil mendengarkan musik, namun sebagian lainnya merasa lebih termotivasi ketika mendengarkan musik. 

Sekedar saran, jika ingin mendengarkan musik sambil belajar, sebaiknya pilihlah alunan musik yang tidak ada liriknya. Bisa memilih alunan musik yang membangkitkan mood untuk belajar, seperti musik klasik. Beberapa orang mengatakan jenis musik klasik akan sangat membantu seseorang dalam mencerna pelajaran.

Cobalah Diskusi Dengan Teman

Bagi yang mudah merasa bosan ketika belajar sendirian, sebaiknya carilah teman diskusi untuk belajar materi tertentu. Kamu bisa memilih teman kelas karyawan yang memiliki pemahaman baik perihal materi pelajaran, bisa juga membentuk kelompok diskusi kelas di jam kosong pelajaran atau saat istirahat. Biasanya, belajar dengan teman terkadang lebih efektif dibandingkan saat belajar dengan dosen atau guru. 

Jangan Lupa Untuk Istirahat

Belajar memang penting, namun istirahat juga tidak kalah penting. Agar kegiatan belajar lebih efektif, mengistirahatkan otak yang seharian berkutat dengan materi adalah wajib. Terlebih bagi yang berada di bangku sekolah, setelah seharian bergelut dengan pelajaran alangkah baiknya mengistirahatkan sejenak pada jam istirahat atau sore hari setelah pulang sekolah. 

Jika belajar terus menerus, hal ini malah akan membuat kamu gampang jenuh dan cepat lelah. Istirahat yang cukup akan membantu otak kembali fresh, sehingga lebih mudah dalam menerima materi.

Itulah sedikit tips yang bisa diterapkan ketika ingin mendapatkan hasil efektif belajar di rumah. Bagi yang mengikuti kuliah online, berbagai tips di atas tentunya akan sangat baik untuk diikuti.

QuickEdit

You Might Also Like

No comments

Post a Comment

[name=Zefy Arlinda] [img=http://res.cloudinary.com/momsodell/image/upload/v1521166151/Zefy.jpg] [description=Hai Saya Zefy, Hobi Makan-makan | Memasak | Jalan-Jalan.] (facebook=https://www.facebook.com/arlindazefy) (twitter=https://twitter.com/zarlinda) (instagram=https://www.instagram.com/zefyarlinda/)